Pengaruh Media Internal Terhadap Sikap Menerima Informasi Kerja di Kantor Dinas Bea Cukai Rawamangun Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v13i2.1457Keywords:
Media internal, penggunaan media, isi pesan, perubahan sikap, efek mediaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media Warta Bea Cukai terhadap sikap karyawan Dinas Bea dan Cukai Rawamangun, DKI Jakarta dalam menerima informasi. Metode yang digunakan adalah survei explanatori. Teknik penarikan sampel menggunakan random sampling dan besar ukuran sampel sebanyak 90 orang. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis jalur (patch analysis). Melalui hasil menunjukkan bahwa dari variabel bebas yakni intensitas pesan, isi berita dan daya tarik pesan secara signifikan berpengaruh langsung terhadap sikap karyawan dalam menerima informasi. Intensitas penerbitan WBC yang terdiri dari frekuensi terbit dan keterbacaan berpengaruh signifikan terhadap sikap karyawan dalam menerima informasi, dengan besar pengaruh sebesar 47,93%. Isi pesan berpengaruh nyata terhadap sikap karyawan atas kebijakan yang berlaku, dengan pengaruh sebesar 34,55%. Isi berita dan tampilan berita bersifat informatif telah mempengaruhi pembentukan kognisi pengetahuan, kesadaran dan kepercayaan terhadap berita. Ketertarikan dan kesukaan pada berita akhirnya berpengaruh kecenderungan sikap positif pada berita. Daya tarik pesan tidak berpengaruh nyata dengan kontribusi hanya sebesar 0,86%. Secara simultan variable dependen berpengaruh terhadap sikap karyawan pada berita dan informasi sebesar 83,3%, sedangkan 16,7% lainnya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.References
Achmad S Ruky, 2002, Sistem ManajemenKinerja (Performance Management System): Panduan praktis Untuk Merancang dan Meraih Kinerja Prima, Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ahmad Tohardi, 2002, Pemahaman praktis Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : Universitas Tanjungpura, Penerbit Mandar Maju
Anang Mardianto. Analisis Pengaruh Komunikasi Atasan Bawahan dan Motivasi terhadap Kinerja Di PT Bank Pembangunan Daerah JawaTtengah Cabang Surakarta. Jurnal Ekonomi Universitas Mmuhammadiyah Surakarta.
Bradac, James, 1989. Message Effect in Communication Science. California : Sage Publication
Buchari Zainun, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia, Jakarta: Penerbit PT Gunung Agung Tbk.
Cangara, Hafied. 2000. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Cullen, Lisa Cyr dan Hickey. 2007. TheLittleofBig Promotion. Massachusetts : Rockport,Inc
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori dan Filisafat Komunikasi. Bandung:Citra Aditya Bakti
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Effendy, Onong Uchjana. 1986. Komunikasi dan Modernisasi. Bandung: Alumni.
Effendy, Onong Uchjana. 1986. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Eugene McKenna dan Nic Beech, 2001 TheEssence of Human Resources Management, Budiman, 2005. Lanturan tapi Relevan. Yogjakarta : Galang Press
Hadari Nawawi, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Gama Press.
Kaplan, Robert M & Dennis P. Saccuzzo. 1993. Psycological Testing Principles, Application, and Iissue. California: Brooks/Cole Publishing Company, Pasific Group.
Krech, David, Richard S. Crutchfield, and Egerton L. Ballachey. 1962. Individual in Society; A Text Book Of Social Psychology. Tokyo: McGraw-Hill
Kogakusha Ltd. Larry Gonick . 2007. Kartun (non) Komunikasi, guna dan salah guna informasi dalam dunia modern. Jakarta:Gramedia
Littlejohn, Stephen W. 1996. Theories of Human Communications. California : Wardworth Publising Company
Mar’at, 1984. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta : Ghalai Indonesia.
McQuail Dennis. (1993). Comunication Models for the study of mass comunications. London and New York : Longman. Moekijat, 1996, Manajemen Kepegawaian, Mandar Maju, Bandung.
Mulyana, Deddy. (2003). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Penerbit Ghalia.
Neila Ramdhani. Apakah Kepribadian Menentukan Pemilihan Media Komunikasi? Metaanalisis Terhadap Hubungan Kepribadian Extraversion, Neuroticism, dan Openness to Experience dengan Penggunaan Email. neila.staff.ugm.ac.id/wordpress/ wp-content/.../neila-jurnal-meta.pdf
Prabu Anwar Mangkunegara (2005). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung. Refika Aditama.
Rakhmat, Jalaludin. 2003. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Riduwan 2003. Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian. Alfabeta, Bandung.
Ritonga Abdulrahman 1987. Statistika Terapan Untuk Penelitian. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Rivers William L, Jay W Jensen & theodore Peterson. 2004. Media Massa dan Masyarakat Modern. Jakarta : Prenada Media
Robert Bacal. 2002. Performance Management. Jakarta : Gramedia pustaka utama.
Sugiono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sulaksana Uyung. 2005. Intergrated marketing communication. Yogyakarta : Pustaka pelajar.
Soemirat Soleh & Elvinaro ardianto. 2007. Dasar– DasarPublicRelations. Bandung : Rosda.
Wirawan. (2002). Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan Bangun Indonesia & UHAMKA Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.