Pengaruh Media Internal Terhadap Sikap Menerima Informasi Kerja di Kantor Dinas Bea Cukai Rawamangun Jakarta

Yudha Asmara Dwi Aksa

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media Warta Bea Cukai terhadap sikap karyawan Dinas Bea dan Cukai Rawamangun, DKI Jakarta dalam menerima informasi. Metode yang digunakan adalah survei explanatori. Teknik penarikan sampel menggunakan random sampling dan besar ukuran sampel sebanyak 90 orang. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis jalur (patch analysis). Melalui hasil menunjukkan bahwa dari variabel bebas yakni intensitas pesan, isi berita dan daya tarik pesan secara signifikan berpengaruh langsung terhadap sikap karyawan dalam menerima informasi. Intensitas penerbitan WBC yang terdiri dari frekuensi terbit dan keterbacaan berpengaruh signifikan terhadap sikap karyawan dalam menerima informasi, dengan besar pengaruh sebesar 47,93%. Isi pesan berpengaruh nyata terhadap sikap karyawan atas kebijakan yang berlaku, dengan pengaruh sebesar 34,55%. Isi berita dan tampilan berita bersifat informatif telah mempengaruhi pembentukan kognisi pengetahuan, kesadaran dan kepercayaan terhadap berita. Ketertarikan dan kesukaan pada berita akhirnya berpengaruh kecenderungan sikap positif pada berita. Daya tarik pesan tidak berpengaruh nyata dengan kontribusi hanya sebesar 0,86%. Secara simultan variable dependen berpengaruh terhadap sikap karyawan pada berita dan informasi sebesar 83,3%, sedangkan 16,7%  lainnya merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Ilmu Komunikasi terindeks di:

 

 

 


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats