Representasi Politik identitas Dalam Kampanye Online Calon Legistatif Partai Politik Peserta Pemilu 2014

Edwi Sosiawan

Abstract


Seperti lazimnya setiap akan dilaksanakannya Pemilihan Umum (pemilu) seluruh perhatian, pikiran dan energi elit partai politik yang menjadi peserta pemilu akan gencar melakukan berbagai kegiatan kampanye. Pemilu tahun 2014 memiliki perbedaan dalam sistem pemilihannya dibandingkan dengan pemilu sebelumnya khususnya dalam memilih anggota legistatif. Pada pemilu tahun 2014 sistem pemilihan menggunakan sistem perolehan suara terbanyak dalam menentukan calon anggota legislatif (caleg) bukan berdasar pada no urut tetapi pada perolehan suara terbanyak.Salah satu media yang digunakan dalam melakukan kampanye adalah menggunakan media online yang meliputi blog dan web serta media sosial.Melalui pendekatan metodologi kualitatif dengan analisis kritis dihasilkan kesimpulan bahwa caleg peserta pemilu 2014 menggunakan politik identitas dalam penggunaan simbol-simbol partai seperti warna identitas partai, tokoh partai dan lambang partai.Penggunaan tokoh partai adalah sebagai endorser caleg dalam menaikkan citra caleg sementara warna dan logo untuk mempertegas bahwa caleg berasal dari parati tertentu.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Ilmu Komunikasi terindeks di:

 

 

 


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats