Strategi Keberhasilan Organisasi berdasarkan program Organizational Development and Change
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v14i1.2116Keywords:
Organisasi, Koordinasi, Komunikasi, Kinerja, ManajemenAbstract
Setiap organisasi menginginkan koordinasi yang terjalin baik dan berfungsi secara maksimal. Dengan demikian, antar anggota dan antar bagian di dalam organisasi dapat bekerjasama menjalankan tugas dan pekerjaannya, sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan dinamis dalam rangka mencapai tujuan bersama secara cepat, tepat, efisien dan efektif.KORNIJA adalah akronim dari koordinasi, komunikasi dan kinerja yang merupakan usulan dari penulis untuk menjadikannya sebagai salah satu kunci keberhasilan suatu organisasi. Pembahasan dilakukan dengan penelitian kepustakaan, dan data- data yang digunakan merupakan data sekunder. Hasil telaah menggambarkan penyelenggaran KORNIJA sebagai strategi mencapai tujuan organisasi secara optimal. Kinerja optimal tercapai jika pegawai ditempatkan pada pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan dan keahliannya. Untuk memaksimalkan hasilnya, perlu mensinergiskan sumber daya dan fungsi dengan koordinasi dan komunikasi yang efisien dan efektif.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa koordinasi dan komunikasi erat kaitannya dengan kinerja para pegawai dalam menjalankan setiap kegiatannya untuk mencapai tujuan organisasi.
References
Effendy, Onong Uchjana, (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung :PT Citra Aditya Bakti.
Effendi, Onong Uchjana. (2006) Kepemimpinan dan Komunikasi. Bandung : Alumni.
Eni, Fitriyani. (2013). Analisis Kegiatan Komunikasi Organisasi Pada PT.
Kresna Duta Agroindo Perkebunan Sinar Mas Group Kecamatan Kombeng Kabupaten Kutai Timur. Kutai: eJurnal Ilmu Komunikasi Vol 1(2): 518-531. FISIP Universitas Mulawarman.
Handoko, T. Hani. (2009) Manajemen. Edisi 12. Yogyakarta : BPFE.
Hasibuan, S.P Malayu. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung.
Koontz, Harold dan O’Donnell, Cyril. (2012). Manajemen diterjemahkan oleh Antarikso, A. Firman, Agus Dharma dan Hendardi. Jakarta: Erlangga.
Mulyana, Deddy. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosda.
Pusat Pengembangan Bahan Ajar. (2012). Tata Tulis Karya Ilmiah: Bagian VI. Studi Kepustakaan. Pusat Pengembangan Bahan Ajar-UM.
Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi
Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta:PT. Rajagrafindo Perkasa.
Siagian, Sondang. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Tallman, S. and J. Li, 2006. Effects of International Diversity and Product Diversity on the Performance of Multinational Firms. The Academy of Management Journal, Vol.39, No.1
Wang, Y. and H. Lo, 2004. Customer-focused Performance and the Dynamic Model for Competences Building and Leveraging:
A Resource-based View. Journal of Management Development, Vol.22, No.6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.