Komunikasi antar Budaya Arab Hadramaut dan Etnis Kaili di Kota Palu Sulawesi Tengah

Raisa Alatas

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang pada komunikasi antar budaya yang terjadi pada Arab Hadramaut dan etnis Kaili di Kota Palu berupa pertemuan antar budaya yang terdapat agama sebagai suatu sistem budaya dan cara pandang dalam melihat kehidupan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel/informan menggunakan Purposive sampling kemudian dilakukan bersamaan dengan proses pengumpulan data yaitu teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya proses pembentukan cara pandang dalam sebuah sistem budaya yang dilakukan Arab Hadramaut dan etnis Kaili terlihat dari kompetensi komunikator antarbudaya dan sifat open culture etnis Kaili yang mempermudah proses pembentukan cara pandang tersebut. Dalam proses pembentukan cara pandang tersebut terdapat bentuk komunikasi tranksaksional yang dilakukan oleh tokoh Arab Hadramaut dan bangsawan Raja etnis Kaili. Faktor- faktor pendukung yang terlihat adalah faktor persamaan agama antara etnis Kaili dan Arab Hadramaut yang cukup membantu menyelaraskan cara pandang, faktor pernikahan antar budaya serta faktor etika antara Arab Hadramaut dan etnis Kaili melalui hubungan yang terjalin dengan baik sekaligus hasil dari terbentuknya cara pandang tersebut adalah seperti sekolah keagamaan dalam bentuk Qira’ah, halaqah, ceramah, pengajaran Islam dalam kelas.


Keywords


Komunikasi Antar Budaya, Agama, Sistem Budaya, Manifestasi Budaya, Arab Hadramaut dan Etnis Pribumi

References


Azra, Azyumardi, 2008., Jaringan Ulama Timur Tengah dan Nusantara Abad XVII dan XVIII. Jakarta: Kencana.

Creswell, John W. 2015, Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Ed ke-3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Terj. Ir. Agus Maulana M.S.M., Ed. Ke-5, Jakarta: KARISMA Publishing Group.

Hamilton, Malcolm B. 1995. The Sociology of Religion: Theoretical and Prespectives, London and New York :Routledge.

Purwasito, Andrik. 2015. Komunikasi Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samovar, Porter and McDaniel Edwin R, 2010, Komunikasi Lintas Budaya. Terj. Indri Margaretha Sidabalok, S.S, Ed ke-7. Jakarta: Salemba Humanika.

Sutopo, HB. 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Surakarta: Sebelas Maret University “Menhub Sahkan Perubahan Nama Bandara di Palu”. Muhammad Hafil. 29 Februari 2016. Republika. diakses pada 29 Februari 2016.

H. Rusdi Mastura. Sambutan Walikota Palu Di Haul ke-47. Palu: PB. Alkhairaat, 2015.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v14i1.2117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats