Perubahan Gaya Beriklan Hotel di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v14i1.2118Keywords:
Iklan Hotel, Pesan, Analisis IsiAbstract
Hotel di Yogyakarta menunjukkan pertambahan yang sangat pesat. Hal ini membuat persaingan hotel yang semakin ketat. Media promosi dibutuhkan dalam menjadi sarana iklan karena berbagai macam hotel maka berbagai macam pula pesan yang ingin disampaikan. Majalah “Kabare” dipilih karena merupakan majalah komunitas budaya di Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam membantu penelitian ini adalah metode analisis isi. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan April 2014, dengan populasi majalah sebanyak 6 buah dan ditemukan 23 sampel populasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan iklan hotel yang ada pada majalah “Kabare” periode Oktober 2013 – Maret 2014 dengan unit analisis yang paling dominan yaitu hotel yang belum berklasifikasi. Diikuti dengan fungsi komunikasi iklan yang membangun citra dan menggunakan bahasa iklan non verbal visual. Selanjutnya menggunakan ad headline slogan, tidak menggunakan sub ad headline dan tidak menggunakan body text. Menggunakan closer dalam iklan, menggunakan illustration of the product setting, menggunakan logo dan tidak menggunakan slogan. Factual copy dan card copy menjadi pilihan dalam body copy. Pendekatan penyampaian pesan secara emotional dan juga menggunakan mulitple panel layout serta bleed layout. Dari unit analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pesan yang terdapat dalam iklan hotel tersebut adalah untuk membangun citra dan mengutamakan kenyamanan yang bisa didapatkan oleh tamu apabila menginap pada hotel tersebut. Pesan iklan ini dapat tersampaikan dengan baik kepada khalayak dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pihak pengiklan.
References
Jefkins,Frank,1997, Periklanan, Erlangga: Jakarta.
Littlejohn, Stephen W dan Karen A. Foss, 2011, Teori Komunikasi, Salemba Humanika, Jakarta.
Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
PHRI Jogja http://kabaremagazine.com/tentang-kabare-magazine/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.