Pemanfaatan Jejaring Sosial Line pada Komunikasi Kelompok Kos Putri “Naomi”

Authors

  • Kristi Dwi Utami Alumni Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v14i1.2119

Keywords:

Pemanfaatan Media Sosial, Pemanfaatan Line, Komunikasi Kelompok, Kos Putri Naomi, Jaringan komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial Line pada komunikasi kelompok Kos Putri Naomi, komunikasi antar pribadi penghuni Kos Putri Naomi, jenis jaringan komunikasi kelompok, dan topik bahasan komunkasi kelompok penghuni kos Putri Naomi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa hasil observasi, studi pustaka dan hasil wawancara dengan beberapa informan kunci yaitu penghuni Kos Putri Naomi. Hasilnya adalah media sosial Line dimanfaatkan sebagai sarana bertukar informasi mengenai kos atau penghuni kos, tempat untuk mencurahkan isi hati dan pikiran untuk mendapatkan solusi atas permasalahan yang dialami, media promosi acara dan barang atau jasa yang ditawarkan, mempermudah sistem pembayaran uang kos, dan menambah keakraban antar sesama penghuni Kos Putri Naomi. Semua penghuni kos dapat berinteraksi langsung dengan anggota yang lain dan melakukan timbal balik, untuk itu jenis dari jaringan ini adalah jaringan bintang. Topik yang sering dibahas adalah informasi seputar kos dan penghuni kos, informasi yang sifatnya umum dan sesuatu yang sedang menjadi trend dalam masyarakat.

References

Devito. Joseph A. 1986. The Interpersonal Communication Book. New York : Harper & Row Publisher

Faisal, Sanapiah. 2008. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Little John, S.W. 1989. Theories of Human Communication, Third Edition. Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.

McQuail, D. 1987. Mass Communication Theory: An Introduction. Beverly Hills, California: Sage Publication.

Rakhmat, Jalaluddin. 1994. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sendjaja, Sasa Djuarsa, dkk. 1993. Pengantar Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiryanto. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.

http://line.me/id/ ( diakses pada 13 Oktober 2015) http://www.apjii.or.id/read/content/info- terkini/301/pengguna-internet-indonesia- tahun-2014-sebanyak-88.html (diakses pada 13 Oktober 2015)

https://id.techinasia.com/talk/statistik- pengguna-internet-dan-media-sosial-terbaru- 2015/ (diakses pada 28 November 2015)

Published

2016-01-01

Issue

Section

Artikel