Pencegahan Kematian Ibu dan Anak melalui Pendekatan Strategi Komunikasi pada Program EMAS (Expanding Maternal and Neonatal Survival)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: profil kematian ibu dan bayi baru lahir, (2) pelaksanaan program EMAS dari perspektif gender, dan (3) strategi komunikasi dalam melaksanakan program EMAS dari perspektif gender. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Brebes. Informan penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumen dan Diskusi Kelompok Terarah. Analisis menerapkan sistem analisis model interaktif. Temuan menunjukkan bahwa tingkat kematian ibu dan bayi baru lahir masih tinggi. Itu sebabnya pemerintah daerah masih berjuang untuk meningkatkan kualitas kesehatan perempuan. Untuk mencapai tujuan mengurangi tingkat kematian ibu, strategi komunikasi dirancang khusus dalam setiap program baris melalui: (1) meningkatkan kualitas pelayanan klinis dan manajemen dengan memproduksi peraturan dan sosialisasi melalui berbagai forum dan media, menciptakan jaringan dan koordinasi dengan stakeholder terkait, memfasilitasi untuk menghasilkan buku handout dan lokakarya; (2) sistem rujukan darurat diimplementasikan dengan teknologi informasi berbasis selular disebut SIJARIEMAS, yang ternyata menunjukkan hasil yang tidak optimal; (3) strategi komunikasi dirancang dengan memberdayakan organisasi sosial dan keagamaan seperti komunikator kesehatan, pendidik dan motivator di mana ia masih mengidentifikasi beberapa kendala dalam menerapkan jalur komunikasi , yang menunjukkan bahwa angka kesehatan rendah, kepercayaan tinggi pada mitos dan persepsi bahwa melahirkan bayi adalah kodrat wanita dan budaya patriarki.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraini, Oktiva. 2005. Remaja dan Gerakan Sayang Ibu (GSI). Jurnal
Ilmiah Padma Sri Kreshna. No. 7. Vol. 1-Mei 2005. Yogyakarta: Universitas Widya Mataram Yogyakarta.
Arbella, Fraser. 2005. Approaches to Reducing Maternal Mortality. Oxfam and MDGs”in Gender and Development. Vol.13.No.1p.36-43.
Cangara, Hafied, 2013. Perencanaan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dinas Kesehatan, 2014. Buku Saku Kesehatan. Semarang: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
Ismail, Sholihin. 2012 .Manajemen Strategik. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Miles, M.B. &Huberman, A.M. 1994. Qualitative data analysis: An Expanded Sourcebook. New York: SAGE Publications.
Mulyana, Deddy, 2009. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosdakarya.
Mundayat Arif, Edriana Noerdin, Erni Agustini, Sita Aripurnami, dan Sri Wahyuni. 2010. Target MDGs Menurunkan Angka Kematian Ibu Tahun 2015 Sulit Dicapai. Jakarta: Women Research Institute.
Tjiptono, Fandy.2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Widodo, Joko, 2011. Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia Publishing.
Brebes dalam Angka, 2015.
Dokumen Dinas Kesehatan Brebes, 2015.
Jelang MDGs 2015, Angka Kematian Ibu Justru Melonjak. http://www.cpps.or.id/content/jelang-mdgs-2015-angka-kematian-ibujustrumelonjak#sthash.OSSLJymz.dpuf.
Kompas, 30 September 2013.
Kompas, 1 Oktober 2013.
Maternal MortalityRate. 2014. http//www.indexmundi.com/g/r.aspx?v=2223Women Research Institute. 2015 (Okt.8).
Reducing the Maternal MortalityRatio (editorial).http//wri.or.id/en/editorial/210-reducing-thematernal mortality – ratio # VolAkBunIU
World Health Organization. 2015. Strategies toward Ending Preventable Maternal Mortality (EPMM) . Geneva . WHO Press.
DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v14i3.2129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)
Alamat:
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268
Fax: (0274)487147
Email: jik@upnyk.ac.id