Literasi Budaya Partisipatif Penggunaan Media Baru pada Siswa SMA di DKI Jakarta
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa media baru membuka kesempatan partisipasi untuk berkreativitas, ekspresi diri dan produksi konten. Potensi penggunaan media baru ini membentuk masyarakat konvergensi yang mengarah pada budaya partisipatif dan memungkinkan orang-orang menjadi prosumer, produsen sekaligus konsumen. Acuan konsep yang mendasari penelitian ini adalah budaya partisipatif media baru dari Henry Jenkins yang diklasifikasikan dalam afiliasi, ekspresi, pemecahan masalah kolaboratif dan sirkulasi. Penelitian ini terbagi dua tahap. Pertama, bertujuan mengidentifikasi budaya partisipatif remaja dalam menggunakan media baru. Data dikumpulkan melalui kuesioner pada 200 siswa SMA di DKI Jakarta, dengan teknik multistage random sampling. Tahap kedua, bertujuan untuk literasi budaya partisipatif – dilakukan dengan Focus Group Discussion (FGD), wawancara, tinjauan ahli, uji coba dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas budaya partisipatif yang telah dilakukan masih pada content exchange belum mengarah pada content creation. Indikator literasi budaya partisipatif pada penggunaan media baru difokuskan untuk meningkatkan ketrampilan berinteraksi dalam lingkungan media baru; ketrampilan untuk mencari, mengakses, mengubah dan mendistribusikan konten; ketrampilan untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil informasi; keterampilan untuk mengolah, menafsirkan dan menampilkan informasi;keterampilan secara kritis mengevaluasi/menilai informasi; dan ketrampilan menghasilkan konten kreatif yang mengarah pada nilai-nilai local.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Consalvo, Mia & Charles Ess (2011). The Handbook of Internet Studies. Blackwell Publishing Ltd.
Christine, Larabie (2011). Participatory Culture and The Hidden Costs of Sharing. The McMaster Journal of Communication vol 7, Issue I, 2011. https://journals.mcmaster.ca/mjc/article/.../222
Claudio Alvarez, Sadaf Salavati, Miguel Nussbaum, Marcelo Milrad (2013). Collboard : Fostering New Media Literacies in the Classroom Through Collaborative Problem Solving Supported by Digital Pens and
Interactive Whiteboards, Computers & Education, Volume 63, April 2013, Pages 368-379
Endah Murwani, Indiwan Seto Wahyuwibowo, Joice Caroll Siagian (2015). Tingkat Penggunaan Media Baru Sebagai Media Partisipasi Kolektif Remaja di Jakarta, Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, ISBN no 978-602-1054-08-6, Oktober 2015.
______ (2016). Aktivitas Budaya Partisipatif Remaja Dalam Menggunakan Media Baru. Prosiding ICCI Universitas Tarumanegara.
Hardey, Marrian (2011). Generation C : content, creation, connections and choice. International Journal of Market Research, vol 53 no 6, 2011. http://www.ijmr.com/AboutIJMR/Samples/Sample2.pdf
Jasmina Arsenijević, Milica Andevski (2016). New Media Literacy With in the Context of Socio Demographic Characteristics, Procedia Technology, Volume 22, 2016, Pages 1142-1151 .
Jenkins, Henry (2006). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. NYU Press.
___________ (2007). Confronting the Challenges of Participatory Culture: Media Education for the 21 stCentury. Chicago: MacArthur Foundation.
Lister, Martin, Jon Dovey, Seth Giddings, Iain Grant, Kieran Kelly (2009). New Media : A Critical Introduction. Second Edition. London & New York : Routledge.
Livingstone, Sonia & Lievrouw, Leah A (2002). Handbook of New Media: Social Shaping and Social Consequences of ICTs, London : Sage Publications.
Margarita Silvestra León, José Miguel Correa, Jesús María Aramberri, Estibaliz Jiménez de Aberasturi (2011). An Analysis of How The Participatory Culture Through The Internet Is Fostered in Policies Directed Towards Non Formal Educational Contexts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Volume 28, 2011, Pages 259-261.
Mueller, Bryan (2014). Particapatory Culture on Youtube : A Case Study of the Multichannel Network Machinima, London : Media@LSE.
Palfrey, John. dan Gasser, Urs (2008).Born Digital: Understanding the First Generation of Digital Natives.New York.
Potter, James W (2008). Media Literacy 4th ed. Thousand Oaks: Sage Publications.
Safko, Lon (2010). The Social Media Bible. Tactics, Tools, and Strategies for Business Success. Second Edition. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.
Straubhaar D. Joseph, Robert LaRose & Lucinda Davenport (2015). Media Now : Understanding Media, Culture and Technology, 9th edition, Thomson Wadsworth.
Zheng Zhang, Jia Li, Feifei Liu, Zhuang Miao (2016). Hong Kong and Canadian Students Experiencing a New Participatory Culture : A Teacher professional training Project Undergirded by new Media Literacies, Teaching and Teacher Education, Volume 59, October 2016, Pages 146-158
DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v15i1.2154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)
Alamat:
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268
Fax: (0274)487147
Email: jik@upnyk.ac.id