Pengembangan Merek melalui Personalisasi, Kustomisasi dan Komunikasi Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v15i2.2158Keywords:
Branderpreneurship, UKM, Duo Langit, Personalisasi, KustomisasiAbstract
Di era hiperkompetitif dewasa ini, sebuah usaha kecil dan menengah (UKM) harus meningkatkan nilai tambah usahanya melalui strategi pemerekan (branding) yang tepat. Selama ini branding identik dengan perusahaan-perusahaan dan merek-merek besar. Padahal, branding justru harus dimulai dari tahap awal sebuah usaha agar memiliki pondasi yang kuat. Strategi kewirausahaan berbasis pengembangan merek ini disebut Branderpreneurship. Dengan menggunakan metode studi kasus melalui lensa model circle of values development yang merupakan inti teori Wijaya tentang Branderpreneurship, penulis menganalisis sebuah merek UKM jasa medium kreasi fesyen ekspresif anak muda bermerek Duo Langit. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penelusuran dokumen dan wawancara mendalam terhadap pemilik Duo Langit dan mentriangulasikannya dengan konsumen Duo Langit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Duo Langit sangat menonjol dalam identifying values, creating values dan communicating values dengan personalisasi dan kustomisasi produk serta pemahaman yang intuitif terhadap insights anak muda, sementara lemah dalam maintaining values dan evaluating values karena kurang tajam dalam mewaspadai kompetitor.
References
Abraham, S. C. (2006). Strategic Planning a Practical Guide for Competitive Success. Ohio: South-Western.
Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.
Drewniany, B. L & Jewler, A. J. (2011). Creative Strategy in Advertising.Ed. 10. USA: Wadsworth.
Fontana, A. (2009). Innovate We Can! How to Create Value through
Innovation in Your Organization and Society. Jakarta: Grasindo.
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management. New Jersey: Pearson Education.
Lestari, C. S. (2015). Gaya dan Perilaku Account Executive Agensi Periklanan Saat Deadline: Studi Etnografi Komunikasi. Jurnal Universitas Bakrie, Vol. 3 No. 3.
Mendari, A. S. (2010). Aplikasi Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal STIE Musi Palembang
Rachman, S. (2016). Analisis Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil dan
Menengah Sektor Manufaktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Makassar. Jurnal Ad’ministrare, Vol. 3 No. 2, hal. 71-82.
Sadat, A. M. (2009). Brand Belief; Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat.
Santoso, O. C. (2013). Personalized Marketing Sebagai Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing Perusahaan. Jurnal Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
Suharyanti (2011). Memenangkan Pasar dengan Strategi Brand Extension. Jakarta: UB Press.
Wijaya, B. S. (2011). Branderpreneurship: Brand Development-Based Entrepreneurship.
Proceeding International Conference on Business and Communication (ICBC).
Wijaya, B. S. & M. Hanathasia (2012). Analisis Branderpreneurship Pada UKM Perawatan Kecantikan: Kasus Salon “Waxing Corner”. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis II, Jakarta.
Wijaya, B. S. (2012). The Development of Hierarchy of Effects Model in Advertising.
International Research Journal of Business Studies, Vol. 5, No. 1, hal. 73-85.
Wijaya, B. S. (2013). Dimensions of Brand Image: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication. European Journal of Business and Management, Vol. 5, No. 31, hal. 55-65.
Wijaya, B. S. & A.H. Sutawidjaya (2015). Planted with Word-of-Mouth, Flourished with Social Media Communications: How a Small Business Brand in Indonesia Grows Globally in the ‘Land’ of Branderpreneurship. International Journal of Applied Business and Economic Research, Vol. 13, No. 5, hal. 3393-3408.
Wijaya, B. S., Suharyanti, M. Hanathasia & D. Kania (2016). Synergizing Entrepreneurial Spirit and the Mindset of Branding through Branderpreneurship: Evidences from Indonesia. Social Sciences, Vol. 11, No. 2, hal. 129-138.
www.bps.go.id
www.depkop.go.id
www.instagram.com/duolangit
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.