Strategi Komunikasi dalam Membangun Kebiasaan Makan Pangan Lokal Percepatan Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan di Kabupaten Bengkulu Utara

M Zulkarnain Y, Subejo Subejo, Slamet Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi komunikasi pada kegiatan P2KP dalam membangun kebiasaan makan pangan lokal masyarakat. Penelitian dilakukan pada lima kecamatan dan tujuh desa di Kabupaten Bengkulu Utara. Jumlah total sampel sebanyak 280 orang ibu rumah tangga dimana jumlah sampel tiap desa ditentukan dengan quota sampling, dan penentuan sampel di tiap desa ditentukan dengan tehnik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model perencanaan komunikasi kegiatan P2KP merupakan model perencanaan yang tahapan-tahapan kegiatannya tidak begitu berbeda dengan tahapan-tahapan model perencanaan komunikasi pada kegiatan pemberdayaan masyarakat yang pernah ada. Strategi komunikasi yang dilakukan melalui kegiatan P2KP sudah dianggap tepat dan mampu menyampaikan pesan-pesan diversifikasi dan mengubah kebiasaan makan pangan lokal masyarakat, khususnya pada aspek pendekatan dan pesan. Hanya saja strategi komunikasi melalui media dianggap kurang tepat dalam menyampaikan pesan diversifikasi karena keterjangkauan masyarakat dalam mengakses informasi melalui media massa juga sangat rendah.


Keywords


Strategi Komunikasi, Kebiasaan Makan, Pangan Lokal

References


Cangara, H. 2000. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Radjawali Pers.

Depari, E., dan MacAndrews, C, 2006. Peranan Komunikasi Massa dalam Pembangunan. Yogyakarta: UGM Press.

DeVito, JA. 2006. Human Communication: The Basic Course. United States of America: Pearson Education. Inc.

Effendi, O,U., 2003. Dinamika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya Husodo, S.Y dan Muchtadi T.R, 2004, Alternatif Solusi Permasalahan Pangan dalam Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi VIII. Jakarta: LIPI.

Khomsan, A 2004, Peranan Pangan dan Gizi untuk Kualitas Hidup. Jakarta: Grasindo

Littlejohn. SW., dan Foss, KA., 2014, Teori Komunikasi. Theories of Human Communication, Jakarta: Salemba Humanika dan Singapore: Cengage Learning.

Malik, H, 2014, Melepas Perangkap Impor Pangan, Jakarta: LP3ES.

Mardikanto, Totok. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta: UNS Press.

Middleton, J. dan Lin, Yvonne, H., 1975. Planning Communication for Family Planning. Honolulu: East west Center. East-West Communication Institute.

Nasution, Z, 1998, Komunikasi Pembangunan. Pengenalan Teori dan Penerapannya, Jakarta: PT RadjaGrafindo.

Rogers, M. Evertt, 2003. Diffusion of Innovations, New York: Free Press

Undang-undang Republik Indonesia No. 18 Tahun 2012 Tentang Pangan.

Versoza, C.C dan Garcia, H,R., 2009 Building Commitment to Reform Through Strategic Communication. The Five Keys Decisions, Washington DC: The World Bank.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v15i2.2164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats