Strategi Komunikasi dalam Membangun Kebiasaan Makan Pangan Lokal Percepatan Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan di Kabupaten Bengkulu Utara
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v15i2.2164Keywords:
Strategi Komunikasi, Kebiasaan Makan, Pangan LokalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi komunikasi pada kegiatan P2KP dalam membangun kebiasaan makan pangan lokal masyarakat. Penelitian dilakukan pada lima kecamatan dan tujuh desa di Kabupaten Bengkulu Utara. Jumlah total sampel sebanyak 280 orang ibu rumah tangga dimana jumlah sampel tiap desa ditentukan dengan quota sampling, dan penentuan sampel di tiap desa ditentukan dengan tehnik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model perencanaan komunikasi kegiatan P2KP merupakan model perencanaan yang tahapan-tahapan kegiatannya tidak begitu berbeda dengan tahapan-tahapan model perencanaan komunikasi pada kegiatan pemberdayaan masyarakat yang pernah ada. Strategi komunikasi yang dilakukan melalui kegiatan P2KP sudah dianggap tepat dan mampu menyampaikan pesan-pesan diversifikasi dan mengubah kebiasaan makan pangan lokal masyarakat, khususnya pada aspek pendekatan dan pesan. Hanya saja strategi komunikasi melalui media dianggap kurang tepat dalam menyampaikan pesan diversifikasi karena keterjangkauan masyarakat dalam mengakses informasi melalui media massa juga sangat rendah.
References
Cangara, H. 2000. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Radjawali Pers.
Depari, E., dan MacAndrews, C, 2006. Peranan Komunikasi Massa dalam Pembangunan. Yogyakarta: UGM Press.
DeVito, JA. 2006. Human Communication: The Basic Course. United States of America: Pearson Education. Inc.
Effendi, O,U., 2003. Dinamika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya Husodo, S.Y dan Muchtadi T.R, 2004, Alternatif Solusi Permasalahan Pangan dalam Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi VIII. Jakarta: LIPI.
Khomsan, A 2004, Peranan Pangan dan Gizi untuk Kualitas Hidup. Jakarta: Grasindo
Littlejohn. SW., dan Foss, KA., 2014, Teori Komunikasi. Theories of Human Communication, Jakarta: Salemba Humanika dan Singapore: Cengage Learning.
Malik, H, 2014, Melepas Perangkap Impor Pangan, Jakarta: LP3ES.
Mardikanto, Totok. 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta: UNS Press.
Middleton, J. dan Lin, Yvonne, H., 1975. Planning Communication for Family Planning. Honolulu: East west Center. East-West Communication Institute.
Nasution, Z, 1998, Komunikasi Pembangunan. Pengenalan Teori dan Penerapannya, Jakarta: PT RadjaGrafindo.
Rogers, M. Evertt, 2003. Diffusion of Innovations, New York: Free Press
Undang-undang Republik Indonesia No. 18 Tahun 2012 Tentang Pangan.
Versoza, C.C dan Garcia, H,R., 2009 Building Commitment to Reform Through Strategic Communication. The Five Keys Decisions, Washington DC: The World Bank.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.