Pemberitaan Hoax di Media Online Ditinjau dari Konstruksi Berita dan Respon Netizen

Dendy Suseno Adhiarso, Prahastiwi Utari, Yulius Slamet

Abstract


Media online/internet mempunyai peranan penting yang terletak pada kemampuannya untuk menyajikan berita-berita tentang perkembangan masyarakat yang bisa mempengaruhi kehidupan modern pada saat ini. Oleh karena individu diyakini sangat terpengaruh oleh pesan-pesan media mengingat media dianggap sangat kuat dalam membentuk opini masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, komunikasi massa, konstruksi berita, respon netizen, media online. Riset ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data online. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (1) Kontruksi berita berpengaruh positif terhadap pemberitaan hoax di media online. Artinya konstruksi berita yang dimuat dan diciptakan oleh media online akan mempengaruhi penyebaran pemberitaan hoax di media online; (2) Respon netizen berpengaruh positif terhadap pemberitaan hoax di media online. Arinya semakin banyak netizen yang merespon pemberitaan hoax, maka peredaraan pemberitaan hoax akan lebih luas dan lebih liar tanpa berpedoman pada etika jurnalitik; (3) Konstruksi berita dan respon netizen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pemberitaan hoax di media online. Artinya kedua variabel tersebut memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam pemberitaan hoax di media online.


Keywords


Konstruksi Berita, Respon Netizen, Pemberitaan Hoax

References


Abdullah, Faiz Sathi,. 2014. “Mass Media Discourse: A Critical Analysis

Research Agenda”, Journal homepage: http://www.pertanika.upm.edu.my/, Vol,11, No 5. Pp 14.

Abu Ahmadi. 1998. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Andy Corry Wardhani Morissan dan Farid Hamid U. 2010. Teori Komunikasi Massa: Media, Budaya, dan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.

Bandura, Albert, 2001. “Social Cognitive Theory of Mass Communication”, Mediapsychology,Vol.3 No. 3, Pp. 265–299.

Burhan Bungin. 2008. Konstruksi Sosial: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger& Thomas Luckman. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Carey, James, 2009. “The concept of discourse in the analysis of complex communication events”, The hermeneutic intent is nowhere more needed than in theoretical discussions of the mass media, Vol. 7, No. 11, Pp. 1-38. Dalam Werner J. Severin dan James W. Tankard, Jr, 2011. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Cet. Kelima. Jakarta: Kencana.

Denis McQuail. 2011. Teori Komunikasi Massa, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Fajar Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Jakarta: Graha Ilmu.

Falkheimer, Jesper, 2011. “Events Framed by the Mass Media: Media Coverage and Effects of America’s Cup Preregatta in Sweden”, Event Management, Vol. No. 11, Pp. 81–88.

Griffin, EM. 2006. A First Look at Communication Theory sixth edition. McGraw-Hill. New York.

Herring, Susan C. 2004.“Content Analysis for New Media: Rethinking the Paradigm”, New Research for New Media: Innovative Research Methodologies Symposium Working Papers and Readings, Vol 2, No. 12, pp. 47-66. http://news.detik.com/read/2902507/hoaxpenculikananak-berujungkorban, diakses pada tanggal 13 April 2017.

https://news.detik.com/berita/d-3364562/polisi-cari-pemilik-akun-youtube-yang-sebarkan-isu-sara-soal-aksi-212?single=1.

https://www.detik.com/peristiwa/ratnasarumpaet-sby-jokowi-dan-isu-makar-gulingkan-pemerintahan.html

Jalaludin Rakhmat, 2008. Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

John M. Echols dan Hassan Shadily. 2005. Kamus Inggris Indonesia : An English- Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia.

Keong, Yuen Che, Sidra Naim, Noor Darliza Mohamad Zamri. 2014. “Online News Report Headlines of Education Malaysia Global Services”, Malaysian Journal of Communication,Vol. 30 No. 2, Pp. 159-182.

Littlejohn, Stephen W. dan Foss, Karen A. 2009. Teori Komunikasi: Theories of Human Communication,9th ed. Penerjemah Mohammad .Yusuf Hamdan. Jakarta: Salemba Humanika.

Macnamara, Jim, “Media content analysis: Its uses; benefits and best practice methodology”, Asia Pacific Public Relations Journal, Vol. 6 No. 1, 2010, Pp. 1–34.

Martins, Nicole, Andrew J. Weaver, Daphna Yeshua-Katz, Nicole H. Lewis, Nancy E. Tyree, & Jakob D. Jensen. 2013. “A Content Analysis of Print News Coverage of Media Violence and Aggression Research”, Journal of Communication, Vol. 1 No. 6, Pp. 1-18.

Muljono, Wiryanta, 2012. “Campaign Communication: Qualitative Analysis of the Role of Mass Media and Communication in Interpersonal in Distributed Messages Electricity Energy Conservation”, Director of R & D the Center for ICT Application & Public Communication, MCIT Indonesia, Vo. 11 No. 16., Pp. 1-15.

Nurdin. 2004. Komunikasi Massa. Malang: Cespur. Nurudin. 2004. Komunikasi Massa. Yogyakarta: Cespur.

Onong Uchjana Effendy. 1993. Televisi Siaran Teori dan Praktek. Bandung: PT. Citra Adutya Bakti.

Sioula, Ismini, Georgoulea. 2015. “Approaching Twitter sociologically: a case study of the public humiliat ion of HIV-positive women”, The Greek Review of Social Research, Vol. 5 No. 2, Pp. 1-27.

Stephen W. Littlejohn dan Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi: Theories of Human Communication. Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Syarifudin Yunus. 2010. Jurnalistik Terapan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ulinnuha, Roma, Wening Udasmoro, Yahya Wijaya. 2013.“Critical Discourse Analysis: Theory and Method in Social and Literary Framework”, Indonesian Journal of Applied Linguistics, Vol. 2 No. 2, pp. 262-274.

Wenxiu ,Peng. 2015. “Analysis of New Media Communication Based on Lasswell’s “5W” Model”, Journal of Educational and Social Research MCSER Publishing, Rome-Italy, Vol. 5 No. 3, Pp. 245-250.

Werner J. Severin dan James W. Tankard, Jr. Op.Cit. YS. Gunadi. 1988. Himpunan Istilah Komunikasi Edisi Pertama. Jakarta: PT Grasindo anggota IKAPI.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v15i3.2173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats