Analisis Media Komunikasi Pemasaran dalam Penguatan Industri Kecil

Christina Rochayanti, Reny Triwardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT). KWT Pawon Gendis merupakan kelompok wanita tani yang memproduksi produk olahan dari daun pegagan menjadi produk makanan ringan dan jajanan lokal. Penelitian ini diarahkan pada pengembangan komunikasi pemasaran berbasis web 2.0 dengan menggunakan metode participatory action research, yang nantinya menempatkan pelaku usaha industri rumah tangga sebagai partisipan yang aktif dalam menemukan model komunikasi pemasaran yang tetap bagi usahanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Wanita Tani (KWT) Pawon Gendis, memasarkan produk olahan lebih banyak menggunakan personal selling, dengan cara dibeli langsung di tempat produksi, dijual di kios atau melalui berbagai pameran pangan lokal. Media sosial yang digunakan adalah WhatsApp dan Facebook, kedua media platform ini masih sebatas sebagai alat media komunikasi antaranggota, para pelanggan dan media informasi kegiatan anggota KWT. Media sosial belum dimanfaatkan sebagai media pemasaran, hal ini disebabkan karena keterbatasan sarana jaringan internet dan penguasaan teknologi komunikasi berbasis web 2.0.

Kata kunci: komunikasi pemasaran daun pegagan, kelompok wanita tani, media sosial, industri kecil


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.


 Jurnal Ilmu Komunikasi terindeks di:

 

 

 


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats