Analisis Media Komunikasi Pemasaran dalam Penguatan Industri Kecil
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v15i3.2175Keywords:
Komunikasi Pemasaran Daun Pegagan, Kelompok Wanita Tani, Media Sosial, Industri KecilAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT). KWT Pawon Gendis merupakan kelompok wanita tani yang memproduksi produk olahan dari daun pegagan menjadi produk makanan ringan dan jajanan lokal. Penelitian ini diarahkan pada pengembangan komunikasi pemasaran berbasis web 2.0 dengan menggunakan metode participatory action research, yang nantinya menempatkan pelaku usaha industri rumah tangga sebagai partisipan yang aktif dalam menemukan model komunikasi pemasaran yang tetap bagi usahanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kelompok Wanita Tani (KWT) Pawon Gendis, memasarkan produk olahan lebih banyak menggunakan personal selling, dengan cara dibeli langsung di tempat produksi, dijual di kios atau melalui berbagai pameran pangan lokal. Media sosial yang digunakan adalah WhatsApp dan Facebook, kedua media platform ini masih sebatas sebagai alat media komunikasi antaranggota, para pelanggan dan media informasi kegiatan anggota KWT. Media sosial belum dimanfaatkan sebagai media pemasaran, hal ini disebabkan karena keterbatasan sarana jaringan internet dan penguasaan teknologi komunikasi berbasis web 2.0.
References
Afifi, Subhan dan Edy Susilo, 2014. Pengembangan Komunikasi Pemasaran Sekolah Jurnal Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta Volume 13, nomor 3 September-Desember 2014 Hal. 277- 287.
Afandi, Agus, dkk., Panduan Penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Transformatif dengan Metodologi Participatory Action Research (PAR), Surabaya: LPPM UIN Sunan Ampel, 2014.
Brannan, Tom. 2005. Integrated Marketing Communications- Edisi Kedua. Alih. Bahasa; Slamet. Penyunting Poppy Herawati. Jakarta; PPM Cravens, David W, .2006. Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip .2006. Manajemen pemasaran, jilid I, Edisi kesebelas, Jakarta, P.T. Indeks Gramedia.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12, PT Indeks. Jakarta.
Kotler Phillip, Kevin Lance Keller. 2012. Marketing Management 14 th edition. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Nurticahyanti, Fera, 2015. Komunikasi Pemasaran Paguyuban Batik Tulis. Jurnal Aspikom Volume 2, nomor 5, Juli 205, hal. 304-313.
Utomo, Sutrisno Satriyo, 2013. Komunikasi Pemasaran Sosial terhadap Kesadaran Hidup Sehat Peternak Di Kecamatan Selo Boyolali. Jurnal Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta. Volume 11, nomor 1 Januari-April 2013 hal. 59-67.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.