Strategi Promosi Melalui Direct Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru

Elisabeth Agita Sari, Lina Sinatra Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan direct marketing yang dilakukan oleh Public Relation atau Biro Promosi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) di beberapa SMA yang ada di Solo, Semarang dan Salatiga (Jawa Tengah) serta apakah strategi promosi melalui direct marketing yang dilakukan oleh UKSW berdampak pada peningkatan jumlah mahasiswa atau tidak. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara dan observasi di lapangan. Dari beberapa strategi yang sudah dilakukan oleh UKSW didapatkan hasil yang paling berimbas dalam peningkatan jumlah mahasiswa adalah dengan cara face to face selling (personal selling) khususnya yang dilakukan melalui kegiatan expo dan sosialisasi di sekolah sekolah, karena melalui strategi tersebut, Biro Promosi UKSW dapat bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan target audien untuk menjelaskan informasi tentang UKSW. Selain itu, dalam pelaksanaan expo dan sosialisasi, Biro Promosi juga memiliki keunikan tersendiri dalam penyampaian informasi yaitu menyampaikan informasi yang sama namun dengan cara yang berbeda yaitu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi target sasaran. Hal itulah yang pada akhirnya dapat berdampak pada peningkatan jumlah mahasiswa baru setiap tahunnya. Kontribusi penelitian ini memberikan rekomendasi kebijakan tentang peningkatan jumlah mahasiswa baru dengan face to face selling (personal selling) kepada calon mahasiswa.

Keywords


strategi promosi; direct marketing; mahasiswa baru

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Ardianto, E. (2014). Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Aufirandra, F., Adelya, B., & Ulfah, S. (2017). Komunikasi mempengaruhi tingkah laku individu. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 9–15.

Dewi, W. K. (2015, June). UKSW. Kampus Indonesia Mini. Apakah Kalian Mengetahuinya ? Kompasiana.Com.

Hendria, R., Ahman, E., & Novalita, D. P. (2016). Pengaruh Program Direct Marketing Terhadap Keputusan Menggunakan Meeting Package Grand Hotel Lembang (Survei pada Tamu Bisnis di Grand Hotel Lembang). THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 4(1), 705. https://doi.org/10.17509/thej.v4i1.1979

Hermawan, A. (2013). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Iman, K. D., Arifin, Z., & Mawardi, M. K. (2015). Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen Pada Produk Internasional ( Studi pada Pengguna Produk Uniqlo di Indonesia ). Administrasi Bisnis (JAB), 24(1), 1–9.

Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication- Taktik & Strategy. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Labib, M., & Gaffar, V. (2016). Pengaruh Direct Marketing Methods Terhadap Keputusan Berkunjung Di Kampung Gajah Wonderland (Survei Pada Tamu Rombongan di Kampung Gajah Wonderland). THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 5(1), 889. https://doi.org/10.17509/thej.v5i1.1998

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents dan Consequences. Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(3), 187–196.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen (Revision). Jakarta: PT.Kharisma Putra Utama.

Sinatra, L., & Darmastuti, R. (2009). Kajian Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi Swasta Di Jawa Tengah. Scriptura, 2(2). https://doi.org/10.9744/scriptura.2.2.95-105

Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran (2nd ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 6(3). https://doi.org/10.31504/komunika.v6i3.1227

Wijaya, L. S., & Krismiyati. (2013). Identifying Marketing Public Relations Strategies Implemented In Private Universities For Increasing Students Intake In Central Java-Indonesia, IV(2-April 2013), 43–49.

Yudhiartika, D., & Haryanto, J. (2012). Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan Terhadap Kesadaran Merek Dan Intensi Membeli Pada Produk Kecantikan Pondâ€TMS. Buletin Studi Ekonomi, 17(2), 142–156.

Zuraida, R. (2013). Preferensi Konsumen pada Aktivitas Callback dan Telemarketing di Restoran Cepat Saji. ComTech, 4(1), 407–418.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.2608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats