Pola Komunikasi Organisasi Kepemimpinan Strategis di PT TelkomSel

Lucy Pujasari Supratman

Abstract


Peningkatan pengguna produk Kartu HALO, Simpati, As dan Loop di PT Telkomsel Ambon di Wilayah Papua dan Maluku terus berkembang pesat. Loyalitas masyarakat pengguna produk kartu HALO Telkomsel mengungguli produk telekomunikasi pesaing lainnya yang menguasai 97% market share di Papua Maluku. Keberhasilan PT Telkomsel Ambon mempertahankan loyalitas pembeli kartu HALO dikarenakan peran strategis manager yang mengaplikasikan Model Kepemimpinan Startegis pada seluruh Divisi PT Telkomsel Ambon yang berjumlah 5 Divisi, yaitu Divisi Broadband and Digital Sales, Divisi Sales and Outlet Operations, Divisi Youth and Community, Divisi High Valuable Customer dan Divisi Finance. Model Kepemimpinan Strategis Manager ini dilakukan agar tercipta hubungan yang harmonis antara para supervisor Divisi dan Staff untuk meingkatkan motivasi kebersamaam membangun perusahaan. Begitu juga dalam menghadapi konflik internal maupun eksternal, manager akan dengan mudah membentuk kohesivitas para Supervisor Divisi dan Staff dalam pencarian solusi bersama.


Keywords


Kepemimpinan Strategis, Manager, Komunikasi Organisasi

Full Text:

PDF

References


Atkin, Douglas. The Culting of Brands: When Customers Become True Believers. USA: Penguin Group Inc. 2006.

Lincoln Yvonna S. dan Egon G. Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. Beverly Hills: Sage.

Luthans . 1995. Organizational Behavior. Tokyo: Mc Graw-hill Kogakhusa. Ltd.

Mulyana, Deddy. 2005.Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-contoh Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pace, R. Wayne dan Don F. Faules. 2006. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi. Penerjemah Tim Indeks. Jakarta : PT. Indeks, Gramedia Grup.

Rogers, E., and R. Agarwala-Rogers. Communication in Organizations.

New York: Free Press.

Supratman, Lucy Pujasari. 2011. Komunikasi Terbuka Pimpinan bagi Efektifitas Kinerja Komunikasi Organisasi. Bandung: Ragam Komunika Vol 5 No1. Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika.

Supratman, Lucy Pujasari dan M Haidy Zulfikar. Studi Kasus tentang Model Komunikasi organisasi supervisor dalam membangun teamwork di divisi broadband & digital sales. Jurnal Sosioteknologi 15 (2), 213-220, 2016.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Tjosvold D, Poon M, Yu Z. 2005. Team effectiveness in China: cooperative conflict for relationship building. Human Relations.

Weingart LR, De Dreu CKW. 2003. Task versus relationship conflict, team performance, and team member satisfaction: a meta analysis. Journal of Applied Psychology.

Yin, Robert K. 2008. Studi Kasus: Desain & Metode. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Noor, Achmad Rouzni. Telkomsel Kuasai 97% Seluler d Papua-Maluku. Jumat, 5 September 2014. Diakses pada bulan Juli 2015.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v16i1.2680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats