Kontestasi Pesan Politik dalam Kampanye Pilpres 2014 di Twitter: Dari Kultwit Hingga Twitwar

Mas Agus Firmansyah, Dedy Mulyana, Siti Karlinah, Suwandi Sumartias

Abstract


Selama masa kampanye pilpres tahun 2014, tercatat 95 juta kicauan terkait pemilu telah dikicaukan oleh pengguna Twitter di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kontribusi dari kicauan akun Twitter pendukung kedua capres. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana format kicauan yang diunggah oleh kedua pendukung capres. Dengan menggunakan metode kualitatif berupa Critical Technocultural Discourse Analysis (CTDA) terhadap kicauan akun Twitter pendukung capres, penelitian ini menemukan bahwa secara umum, terdapat kesamaan format kicauan yang digunakan oleh kedua pendukung capres. Selain menggunakan kicauan tunggal (twit) ditemukan pula kicauan dengan format kultwit dan twitwar. Keberadaan kedua format tersebut sekaligus menunjukkan bagaimana budaya kolektivisme (guyub) masyarakat Indonesia mampu bertransformasi di ranah digital Twitter.


Keywords


Twitter, Pesan Politik Kampanye pilpres, Kultwit, Twitwar

Full Text:

PDF

References


Abugaza, Anwar. 2013. “Social Media Politica, Gerak Massa Tanpa Lembaga”. Tangerang: Tali Writing & Publishing House.

Arianto, Bambang. 2015. “Kampanye Kreatif dalam Kontestasi Presidensial 2014”. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 19 No.1 Budiman, Ahmad. 2014. “Kampanye Hitam Pemilu Presiden 2014”. Info Singkat Pemerintahan Dalam Negeri. Vol 6. No.11. P3DI.

Brock, Andre. 2012. “From the Blackhand Side: Twitter as Cultural Conversation”. Journal of Broadcasting & Electronic Media vol.56, 4. hlm. 529-549. Routledge.

Brock, Andre.2016. “Critical Technocultural Discourse Analysis" https://doi.org/10.1177/1461444816677532

Boynton, G.R et al. 2014. “The Political Domain Goes to Twitter: Hastags, Retweets and URLs”. Open Journal of Political Science. Vol.4, 1. hlm. 8-15.

Connover, M.D. et al. 2011. “Political Polarization on Twitter”. Association for the Advencement of Artificial Intelegent. (www.aaai.org)

Lim, Merlyna. 2012. “Life is Local in the Imagined Global Community: Islam and Politics in The Indonesian Blogosphere.” Journal of Media and Religion. 11:3, 127-150. Routledge.

McNair, Brian. 2011. “An Introduction To Political Communication” Edisi ke-5. New York: Routledge Francis and Taylor.

Mulyana, Deddy. 2013. “Komunikasi Politik Politik Komunikasi. Membedah Visi dan Gaya Komunikasi Praktisi Politik”.

Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nimmo, Dan. 2000. “Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek”. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nugroho, Yanuar.2011. @ksi warga: Kolaborasi Demokrasi Partisipatoris, dan Kebebasan Informasi- Memetakan Aktivisme sipil kontemporer dan penggunaan media sosial di Indonesia. Laporan. Kolaborasi Penelitian antara Manchester Institute Of Inovation Research, university of Manchester dan Hivos Regional Southeast Asia. Manchester dan Jakarta: MIOIR dan Hivos.

Vergeer, Maurice dan Liesbeth Hermans. 2013. “Campaingning on Twitter: Microblogging and Online Social Networking as Campaign Tools in The 2010 General Elections in The Netherlands”. Jornal of Computer-Mediated Communication 18, hlm. 399-419.

“Twitter suarakan 95 Juta Kicauan Pilpres”https://m.detik.com/inet/cyberlife/d/2635682/twitter-suarakan-95-juta-kicauan-pilpres diakses 29 Agustus 2015

“Warga Indonesia Raih Golden Tweet Sejagat 2014” https://dunia.tempo.co/read/news/2014/12/13/118628237/warga-indonesiaraih-golden-tweet-sejagat-2014 29 Agustus 2015.

“Akun Bot di Twitter Marak Menjelang Pilpres” http://ictwatch.com/internetsehat/2014/06/23/akun-bot-di-twitter-marak-menjelang-pilpres. diakses 29 Agustus 2015

“Menyoal Fenomena Kultwit di Indonesia” http://inet.detik.com/read/2013/7/31/100129/2319727/398/menyoal-fenomena-kultwit-diindonesia diakses, 10 Desember 2013.

“Terkait Pemilu, Petinggi Twitter Temui Pasangan Capres” http://news.detik.com/read/2014/06/03/180808/2598800/1562/ada-421-juta-tweet-terkaitpemilu-petinggi-twitter-temui-pasangan-capresdiakses, 3 Juni 2014.

“Para Caprespun di Pepeti Twitter” http://inet.detik.com/read/2014/06/04/143455/2599599/398/para-capres-pun-idipepeti-twitterdiakses 04 Juni 2014.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v16i1.2681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats