Kampanye Sosial Gerakan Menutup Aurat di Bekasi

Ratih Firdiyah, Winda Primasari

Abstract


Gerakan Menutup Aurat (Gemar) Bekasi adalah kampanye sosial yang dijalankan oleh 22 komunitas muslim di Bekasi yang membangkitkan kesadaran perempuan muda muslim untuk memakai hijab atau busana muslimah mengikuti aturan Islam atau syar I pada awal 2017. Penelitian ini meneliti kampanye sosial yang digunakan oleh GEMAR dalam perspektif model kampanye lima tahap fungsi pembangunan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam yang diterapkan dalam proses pengumpulan datanya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dengan mengikuti lima tahap fungsional pembangunan, GEMAR dapat membangkitkan kesadaran perempuan muslim di Bekasi untuk memakai busana muslimah atau syar’i


Keywords


Kampanye sosial, Gerakan Pemuda Muslim, GEMAR Bekasi, Pakaian Islam, Lima Fungsi perkembangan

Full Text:

PDF

References


Awalina, Kamalia Rizqi. 2015. Manajemen Komunikasi Kampanye Jilnan Syar’I (Studi Kasus Manajemen Komunikasi pada Kampanye Yuk Berjilbab Syar’I Peduli Jilbab dalam Mengampanyekan Pemakaian Jilbab Syar’i). Skripsi. Program studi Ilmu Komunikasi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Dewi, Savirah Maya. 2014. Anjuran Menutup Aurat Dalam Film Kejarlah Jodoh Kau Ku Tangkap. Jurusan Komunikasi Islam. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Firmansyah, Irman. 2016. Sindonews.com. Adu Kreatif Komunitas di HAKABE 2016. Dalam:https://lifestyle.sindonews.com/read/1143840/166/adu-kreatif-komunitas-di-hakabe-2016-1475320786. Diunduh tanggal 17 Maret 2017.

Janmohamed, Shelina. 2016. Generation M: Young Muslims Changing The World. New York: I.B. Tauris & Co.Ltd. London.Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online).Dalam http://kbbi.web.id/.Diunduh tanggal 15 Mei 2017.

Kuswarno, Engkus. 2009. Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman dam Contoh Penelitianya. Bandung: Widya Padjajaran.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. 2009. Teori Komunikasi(theories of human communication). Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Lestari, Dwi. 2014. Peduli Jilbab. Dalam:http://www.dwibcc.org/2014/01/peduli-jilbab.html.Diunduh tanggal 17 April 2017. MG1. 2015. Lebih Dekat Dengan Sinergi Komunitas Bekasi. Dalam: http://gobekasi.pojoksatu.id/2015/11/08/lebih-dekat-dengansinergi-komunitas-bekasi/. Diunduh tanggal 5April 2017.

Monica, Laura Christina Luzar. 2011. Efek Warna Dalam Dunia Desain dan Periklanan. Jurusan Desain Komunikasi Visual. Universitas Binus. Jurnal Humaniora Vol.2 No.2

Official. 2016. Bekasikota.bps.go.id.Jumlah Kependudukan Dalam:https://bekasikota.bps.go.id/Subjek/view/id/12#subjekViewTab3|accordion-daftar subjek1. Di unduh tanggal 17 Maret 2017.

Putro, Aditiyo Dwi. 2015. Kampanye Sosial Membangun Kesadaran Beretika Komunikasi Di Sosial Media Pada Masyarakat Dewasa Dini Bandung. Jurnal online. Prodi Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom. Dalam:http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id. Di unduh tanggal 25 Juni 2017.

RWA/HIA. 2017. Chanelmuslim.com. Gerakan Menutup Aurat Ramaikan CFD Bekasi. Dalam :https://www.chanelmuslim.com/lifestyle/komunitas/gerakan-menutup- ramaikan-cfdbekasi/20044/. Di unduh tanggal 17 Maret 2017.

Satries, Wahyu Ishardino. 2009. Peran Serta Pemuda Dalam Pembangunan Masyarakat. Jurnal Madani Edisi I/Mei 2009.

Syamsuddin, Ahmad. 2015. Sebenar-benarnya Valentine Day. Makalah Islami online. Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag). Dalam:http://

simbi.kemenag.go.id/pustaka/index.php/pustaka-islami/makalah-islami?start=5.Diunduh tanggal 2 Juni 2017.

Takariawan, Cahyadi, dkk. 2003. Keakhwatan 2: Bersama Tarbiyah Mempersiapkan Akhawat Menjadi Daiyah. Solo: Era Intermedia.

Tim. 2012. Muslimdaily.net. Lawan Hari Valentine Dengan Gerakan Menutup Auarat.

Undang-undang 40 Tahun 2009 (Online). Dalam http://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2009_40.pdf. Diunduh tanggal 26 April 2017.

Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye:Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wallis, Claudia. 2006. Content.time.com. Time Magazine: Generatiof of Me Me Me. Dalam: http://content.time.com/time/magazine/article/0,9171,1174696,00.html. Di unduh tanggal 4 April 2017.

Widorini, Wahyu Yuliastuti. 2014. Studi Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Komunikasi Earth Hour dalam Kampanye Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Kota Solo Tahun 2013. Skripsi. Program studi Ilmu Komunikasi. FISIP. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Yani, Ahmad. 2014. Ikadi.or.id. Say No To Valentine’s Day. Dalam: http://ikadi.or.id/artikel/kajian/1055-say-no-to-valentines-day.html.

Diunduh tanggal 3 Juni 2017.Dalam:http://www.muslimdaily.net/berita/nasional/lawan-hari-valentine-dengan-gerakanmenutup-aurat.html.Di unduh tanggal 1Mei




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v16i1.2685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats