Eksistensi dan Gaya Kepemimpinan Radio Lokal
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v16i2.2686Keywords:
Kepemimpinan, Idola FM, Semarang.Abstract
Penelitian ini mengkaji eksistensi dan gaya kepemimpinan radio lokal di Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan eksistensi dan gaya kepeimpinan salah satu radio lokal di Semarang. Radio yang dipilih dalam penelitian ini adalah Idola FM yang memiliki situs radioidola. com. Tipe penelitian ini bersifat deksriptif dengan pendekatan kualitatif dalam paradigma konstrukti- vis dengan desain penelitian fenomenologi. Subyek penelitian primer adalah pemimpin redaksi Idola FM. Data primer berupa hasil wawancara mendalam dengan informan penelitian. Hasil penelitian menyatakan, Idola FM semakin meneguhkan eksistensinya karena menerapkan konvergensi media (integrasi siaran online dan on air) serta menghadirkan berita jurnalisme positif yang tidak merusak psikologis pendengar. Untuk mendukung eksistensi Idola FM, gaya kepemimpinan yang dianut Pe- mimpin Redaksi adalah mendorong semangat komunitas. Artinya, pemimpin mengakui kontribusi para anggotanya melalui penghargaan atas prestasi yang sudah dicapai.
References
Ahmad, Nur. (2015). Radio Sebagai Sarana Media Massa Elektronik. ATTABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam: Vol. 3, No. 2 Desember.
Alma, Buchari. (2009). Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Atika, Djuara P. Lubis, Parlaungan Adil Rangkuti. (2017). Tingkat Pemenuhan Informasi Petani Melalui Radio Komunitas. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Volume 3 Nomor 3, Juli 2017, hlm 435 – 446.
Azizi Aydin, Ali Vatankhah Barenj, Majid Hashmipour. (2016). Optimizing Radio Frequency Identification Network Planning Through Ring Probabilistic Logic Neurons. Jurnal Advances in Mechanical Engineering Vol. 8(8) 1–12. DOI: 10.1177/1687814016663476.
aime.sagepub.com.
Brantas. (2009). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta. Baran.
Stanley J. Dan Dennis K. Davis. (2014). Teori Dasar, Komunikasi Pergolakan dan Masa Depan Massa, Edisi 5. Jakarta: Salemba Humanika.
Deuze, M. (2001). Online Journalism: Modelling the First Generation of
News Media on the World Wide Web. Jurnal First Monday, Volume 6, Number 10, 1 October 2001.
Fahmi, Irham. (2014). Perilaku Organisasi: Teori, Aplikasi, dam Kasus. Bandung: Alfabeta.
Griffin, Ricky W. (2013). Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Denzin K. Norman dan Yvonna S. Lincoln. 2011. Handbook of Qualitative Research, 4th Edition. USA: SAGE Publications, Inc.
Herrick, Dennis F. (2003). Media Management in The Age of Giants: Bussiness Dynamic of Journalism. Iowa: Iowa State Press-Blacwell.
Keith, Michael C. (2000). Stasiun Radio Teknologi (Terj.) Jakarta: Internews Indonesia.
Darmanto, dkk. (2009). Pengelolaan Radio Komunitas. Combine Resource Institution.
Geller, Valerie. (2007). Creating Powerful Radio. USA: Focal Press Publications.
Gibson, James L, John M. Ivanevich, James H. Donnely, Jr. (1996). Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Edisi 8 Jilid 1. (terj.). Jakarta: Binarupa Aksara.
Goggin, Gerard. (2006). Cell Phone Culture, Mobile Technology in Everyday Life. London: Routledge.
Jing Wang and Miodrag Bolic. (2017). Indoor Localization Using Augmented Ultra-high-frequency Radio Frequency Identification System for Internet of Things. International Journal of Distributed Sensor Networks Vol. 13(11). DOI: 10.1177/1550147717739814.journals.sagepub.com/home/ijdsn.
Littlejohn, Stephen W, Karen A. Foss. (2008). Theories of Human Communication, 9th edition. USA: Thompson Wadsworth.
Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Moustakas, Clark. (1994). Phenomenological Research Methods. Thousands Oaks: Sage Publications.
Nightingale, Virginia. (2011). ‘The Handbook of Media Audiences’. Dalam Green Joshua dan Henry Jenkins (eds). Spreadable Media: How Audiences Create Value and Meaning in a Networked Economy. UK: Blackwell Publishing.
Noor, Henry Faizal. (2015). Ekonomi Media. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Pratiwi, Nugrahaning Esa, Richard Gordon Mayopu, George Nicholas Huwae. (2015). Aktivitas Media Relations Humas Setda Kota Salatiga Dalam membentuk Berita Positif. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Volume 2 Nomor 5, Juli 2015, hlm. 330-345.
Pavlik, J. (2001). Journalism and New Media. New York: Columbia University Press.
Quinn, Stephen dan Stephen Lamble. (2014). Online News Gathering: Research and Reporting for Journalism. Amsterdam; Focal press.
Sobur, Alex. (2013). Filsafat Komunikasi: Tradisi dan metode Fenomenologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Stephen P. Robbins. (1990). Teori Organisasi: Struktur, Desain, dan Aplikasi (terj.). Jakarta: Arcana.
Widiana, Ida Bagus, A.A. Gede Agung, I Kadek Suartama. (2015). Pengembangan Program Siaran Radio Melalui Acara Kreativitas Sastra
Programa 2 RRI Singaraja Pada Siswa Pengambil Ektrakulikuler Jurnalistik di SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan Vol. 3 No: 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.