Pendampingan Ibu pada Anak Dalam Penggunaan Internet

Dyva Claretta, Irwan Dwi Arianto

Abstract


Pengguna internet tiga tahun terakhir telah bergeser pada usia anak dan remaja mendominasi sebagai pengguna internet terbesar. Ironisnya mereka tersebut tidak tahu resiko menggunakan internet. Sehingga banyak anak yang menjadi korban internet. Selain itu juga banyak orang tua khususnya kaum ibu yang tidak memahami internet sehingga mereka hampir tidak ada komunikasi dan control terhadap anak remajanya ketika menggunakan internet.. Sebagaimana yang telah banyak diberitakan di media massa, banyak remaja, khususnya remaja putri yang menjadi “korban” dari situs jejaring sosial ini dan banyak anak yang telah menjadi ”pecandu” internet seperti game online sehingga mengganggu kehidupan anak sekarang ini. Oleh karena itu diperlukan sebuah penelitian untuk menemukan pola pendampingan Ibu terhadap anak remajanya pada saat menggunakan internet di mana akan terus berkembang. Sehingga diharapkan anak bisa terhindar dari dampak buruk internet dan dapat menggunakan internet secara sehat. Dalam psikologi bahwa ibu berperan sebagai pendidik, pengarahan, dorongan dan pertimbangan bagi perilaku anak serta membentuk perilaku anak. Sebagaimana dikatakan dalam Computer-Mediated-Communication Theory bahwa computer telah mengubah bentuk hubungan social manusia. Hal ini membawa konsekuensi secara social dan cultural dalam kehidupan manusia. Technological Cultural Theory menyatakan bahwa teknologi akan membawa perubahan nilai dan budaya dalam kehidupan manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan Ibu pada Anak ketika menggunakan internet terdiri dari tiga aktivitas yaitu menerapkan peraturan dalam menggunakan internet, melakukan mediasi akif, dan melakukan kegiatan online bersama.


Keywords


Internet, Computer-Mediated-Communication, anak-anak, model pendampingan.

Full Text:

PDF

References


Al-Buchori, Jefry. 2005. Ada Apa dengan Wanita. Jakarta: Al-Mawardi.

Abraham. 2010. Tersesat di Dunia Maya: Dampak Negatif Jejaring Media. Jakarta: PT. Java Pustaka.

Hadi, Astari. 2005. Matinya Dunia Cyberspace. Yogyakarta: LKiS.

Hamdanah. 2005. Musim Kawin di Musim Kemarau. Yogyakarta: BIGRAF Publishing.

Griffin, Em.2000. A First Look at Communication Theory. Fourth Edition. New Jersey: Mc Graw Hill.

Rey, J. 2002. More Than Just The Blues: Understanding Serious Teenage Problems. Sydney: Simon & Schouler.

Boyd,.d.2006. Identity Production in a Networked Culture. In American Association for The Advancement of Science.

Candrasari, Yuli. 2008. Reposisi Peran Perempuan dalam Akses dan Pemanfaatan Teknologi Komunikasi. Prosiding: Transformasi Industri Media dan Komunikasi di Indonesia. Dept. Ilmu Komunikasi FISIP UNAIR. ISBN: 978-979-18429-0-7.

Candrasari, Yuli.2009. Penggunaan dan Kepuasan Remaja dalam Menggunakan Internet. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 1. Bulan April. 2009 UPN ”Veteran” Jatim.

Candrasari, Yuli & Arianto, Dwi, I. 2014. Motif Remaja dalam Menggunakan Internet. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 2 UPN “Veteran” Jatim.

Claretta, Dyva & Nuryanti, Tatik. 2016. Ketergantungan Remaja terhadap Media sosial: Transformasi Budaya Remaja. Prosiding: Media, Budaya dan Masyarakat. ISBN: 978 - 602 - 71447 - 5 – 0

Kraut, R., Pattemson, M., Lundmark, V., Kiesler, S., Mukophadhayay, T., & Scherlis, W. (1998). Internet paradox: A social technology that reduces social involvement and psychological well-being? The American Psychologist, 53(9), 1017-1031.

Lee, S. J., & Chae, Y. G. (2007). Children’s Internet use in a family context: Influence on family relationships and parental mediation. Cyberpsychology & ehavior, 10, 640-644.

Maden, Mary et.al. (2007) Digital Fotprints: Online Identity Management and Search in The Age of Transparency.

Mendoza, Kelly. 2013. Protection and Empowerment: Exploring Parents’ Use of Internet Mediation Strategies with Preteens. Dissertation. USA: ProquestInformation and Learning Pew Internet & American Life Project Survey of Parents and Teens. www.pewinternet.org/pdfs/PIPSNSDataMemo Jan 2007.pdf

Turow, J & Nir, L. 2003. The Internet and The Family: The Views of Parents and Youngster. In J. Turow & A.L. Kavanaoge (Eds). The Wired Homesteal: An MIT Press Sourcebook on The Internet and The Family (p.161-206). Cambridge: The MIT Press.

Welker, K. Julie. 2005. Parental Perceptions of Control: A Study of Parental Mediation of Children’s Internet Use at Home. Disertation. USA: Proquest Information and Learning Company.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v16i2.2689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats