Model dan Pola Computer Mediated Communication Pengguna Remaja Instagram dan Pembentukan Budaya Visual

Edwi Arief Sosiawan, Rudi Wibowo

Abstract


Penggunaan media sosial merupakan bagian pola computer mediated communication (CMC) yang dimediasi jaringan internet. Teknologi ini berkonvergensi dengan media mobile berupa smartphone. Remaja sebagai digital native dan variety seeker merupakan pengguna terbanyak instagram. Remaja bermigrasi dari media sosial yang sebelumnya tidak terfokus pada pesan visual ke dalam pesan visual ketika berhubungan dengan komunikan lain dalam jejaring sosial. Pola CMC remaja melalui Instagram mendekontruksi komunikasi verbal menjadi komunikasi visual. Penelitian melihat bagaimana remaja mendekontruksi pesan verbal ke dalam pesan visual yang membentuk budaya visual dalam ruang virtual. Metode yang digunakan naturalistik etnografi untuk mendapatkan informasi yang kaya. Kesimpulan yang diperoleh budaya visual remaja melalui instagram merupakan upaya remaja menvisualisasikan eksistensi identitas diri mereka dalam konteks moment dan kesenangan tertentu.


Keywords


CMC, Remaja, Media Sosial, Budaya Visual, Instagram

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Ilmu Komunikasi terindeks di:

 

 

 


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats