Model dan Pola Computer Mediated Communication Pengguna Remaja Instagram dan Pembentukan Budaya Visual

Edwi Arief Sosiawan, Rudi Wibowo

Abstract


Penggunaan media sosial merupakan bagian pola computer mediated communication (CMC) yang dimediasi jaringan internet. Teknologi ini berkonvergensi dengan media mobile berupa smartphone. Remaja sebagai digital native dan variety seeker merupakan pengguna terbanyak instagram. Remaja bermigrasi dari media sosial yang sebelumnya tidak terfokus pada pesan visual ke dalam pesan visual ketika berhubungan dengan komunikan lain dalam jejaring sosial. Pola CMC remaja melalui Instagram mendekontruksi komunikasi verbal menjadi komunikasi visual. Penelitian melihat bagaimana remaja mendekontruksi pesan verbal ke dalam pesan visual yang membentuk budaya visual dalam ruang virtual. Metode yang digunakan naturalistik etnografi untuk mendapatkan informasi yang kaya. Kesimpulan yang diperoleh budaya visual remaja melalui instagram merupakan upaya remaja menvisualisasikan eksistensi identitas diri mereka dalam konteks moment dan kesenangan tertentu.


Keywords


CMC, Remaja, Media Sosial, Budaya Visual, Instagram

Full Text:

PDF

References


Bourdieu, Pierre , 1996, Photography: A Middle-Brow Art Paperback – March 1, 1996, Stanford University Press.

De Certeau, Michelle, 1984, The Practice of every Day Life, Berkely, Los Angeles.

Green, W, Lawrence.et.al, 2005, Health Education Planing A Diagnostik Approach, The Johns Hapkins University: Mayfield Publishing Company, 2005.

Heidegger, Martin, 1977, The Origin The Work of Art, Garlad Publishing. Knapp, ML, JA Dally, 2010, Handbook Of Interpersonal Communication, Sage Publication.

Mitchell, WJT, 1994, Iconology: Image, Text,Ideology, Chicago: U of Chicago.

P Mirzoeff, Nicholas (ed.), 2002, The Visual Culture Reader, second edition,London & New York:Routledge.

Martin, Judith, Thomas Nakayama, 2003, Interculture Communication in Context, US, McGraw Hill Companies.

Saukko, Paula, 2003, Doing Research in Cultural Studies, London, Sage Publication.

Spradley, James, 2016, The Ethnographic Interview. Belmont, CA: Wadsworth.

Thurlow, Crispin etc, 2007, Computer Mediated Communication,

Sage Publications, California.

Walther, J. B., & Jang, J.-W.,2009, Communication Processes In Participatory Web Sites. Journal Of ComputerMediated Communication, 18, 2-15.doi:10.1111/j.1083-6101.2012.01592.x

http://sp.beritasatu.com/inovasi/popularitasfacebook-kianmeredup/72551 tgl 22 Desember 2014 diakses tanggal 21 Januari 2015

http://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH- KOMINFO-2- diakses 25 Januari 2015

(http://www.infospesial.net/40137/bosan- dengan-facebook-banyak-remaja-beralih-ke- instagram/?mobile=0 tgl 9 Oktober 2014

http://www.republika.co.id/berita/trendtek/aplikasi/14/01/01/mypdh6-instagram-bakal- geser-posisi-twitter 1 januari 2015 diakses tangal 12 Maret 2015




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v16i2.2698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats