Kecakapan Literasi Media di Kalangan Generasi Milenial
Abstract
Literasi media merupakan kemampuan khalayak terhadap media dan pesan media massa dalam konteks komunikasi massa. Gerakan literasi media dikenal juga dengan istilah “melek” media yang dirancang untuk meningkatkan kontrol individu terhadap media yang digunakan. Tujuan penelitian untuk menganalisis kecakapan literasi media di kalangan generasi milenial mahasiswa Bidang Studi Broadcasting Universitas Mercu Buana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, melalui tahapan wawancara dengan para Informan, untuk menggambarkan kecakapan literasi yang dimiliki oleh mahasiswa Prodi Broadcasting Universitas Mercu Buana. Hasil penelitian ini berupa kecakapan literasi media informan dapat dikatakan memenuhi syarat-syarat kecakapan literasi media dalam mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan memproduksi pesan media massa baik konvensional maupun media baru. Kontribusi penelitian ini untuk menyadarkan generasi muda bahwa pentingnya memiliki kecakapan literasi media, agar generasi muda mampu menjadi agen literasi media bagi masyarakat disekitarnya.
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIAN)References
APJII. (2017). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. diakses pada 12/09/2020
Choirul, A. (2013). Tingkat Literasi Media Berbasis Kompetensi Individual Mahasiswa Fakultas Dahwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Sunan Ampel Surabaya. Prosiding IAIN Sunan Ampel Surabaya. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/34212289.pdf
Faizal, A. R. (2012). Apa Makna Literasi Media Sesungguhnya? In Meretas Jalan Sosialisasi Literasi Media di Indonesia. Jakarta: KPI Pusat
Fitryarini, I. (2016). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51-67. http://dx.doi.org/10.24912/jk.v8i1.46
Guntarto. (2006). An Assesment of Children’s Television Programmer in Indonesia. YPMA
Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.
Livingstone, S. (2004). What is Media Literaci?. Intermedia
Lutviah. (2010). Citizen Jurnalisme Berbasis Blog Group dan Penerapannya Untuk Literasi Media: Studi Kasus Kompasiana.com. Retrieved from www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding2/fisip201018.pdf.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Morissan, M. (2014). Media Sosial dan Partisipasi Sosial di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Visi Komunikasi, 13(01), 50-68. http://dx.doi.org/10.22441/jvk.v13i1.366
Novianti, D., & Fatonah, S. (2018). Literasi Media Digital di Lingkungan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 1-14. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2678
Pambudi, S. T., & Novianti, D. (2018). Model Literasi Media di Lingkungan Rumah Panti Asuhan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 187-196. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2694
Potter, James W. (2004). Theory of Media Literacy: a Cognitive Approach. California: Sage Publications.
Qudratullah. (2016). Peran dan Fungsi Komunikasi Massa. UIN Alauddin Makassar: Jurnal Dakwah Tabligh, 17(2), 41-46.
Setianto, W. A. (2018). Literasi Konten Radikal di Media Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 75-88. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2684
Setyaningsih, R. (2017). Model Literasi Media Berbasis Kearifan lokal pada Masyarakat Kampung Dongkelan Kauman Daerah Istimewa Yogyakarta. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 9(2), 118-125. https://doi.org/10.23917/komuniti.v9i2.4520
Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 154-167. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327
Terakota. (January 26th, 2020). Narasi "Menyesatkan" di Media Arus Utama. Retrieved from https://www.terakota.id/narasi-menyesatkan-di-media-arus-utama/
Wirodono, S. (2006). Matikan TV-mu: Teror Media Televisi di Indonesia. Yogyakarta: Resist Book.
DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.2781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi
Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)
Alamat:
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268
Fax: (0274)487147
Email: jik@upnyk.ac.id