Kecakapan Literasi Media di Kalangan Generasi Milenial

Authors

  • Christina Arsi Lestari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana
  • Risqi Inayah Dwijayanti Program Studi Ilmu Sosial dan Politik Universitas Satya Negara

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.2781

Keywords:

Kecakapan Literasi, Literasi Media, Generasi Milenial

Abstract

Literasi media merupakan kemampuan khalayak terhadap media dan pesan media massa dalam konteks komunikasi massa. Gerakan literasi media dikenal juga dengan istilah “melek” media yang dirancang untuk meningkatkan kontrol individu terhadap media yang digunakan. Tujuan penelitian untuk menganalisis kecakapan literasi media di kalangan generasi milenial mahasiswa Bidang Studi Broadcasting Universitas Mercu Buana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, melalui tahapan wawancara dengan para Informan, untuk menggambarkan kecakapan literasi yang dimiliki oleh mahasiswa Prodi Broadcasting Universitas Mercu Buana. Hasil penelitian ini berupa kecakapan literasi media informan dapat dikatakan memenuhi syarat-syarat kecakapan literasi media dalam mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan memproduksi pesan media massa baik konvensional maupun media baru. Kontribusi penelitian ini untuk menyadarkan generasi muda bahwa pentingnya memiliki kecakapan literasi media, agar generasi muda mampu menjadi agen literasi media bagi masyarakat disekitarnya.

Author Biographies

Christina Arsi Lestari, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana

Fakultas Ilmu Komunikasi, Bidang Studi Broadcasting

Risqi Inayah Dwijayanti, Program Studi Ilmu Sosial dan Politik Universitas Satya Negara

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

References

APJII. (2017). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. <https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/Laporan%20Survei%20APJII_2017_v1.3.pdf> diakses pada 12/09/2020

Choirul, A. (2013). Tingkat Literasi Media Berbasis Kompetensi Individual Mahasiswa Fakultas Dahwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Sunan Ampel Surabaya. Prosiding IAIN Sunan Ampel Surabaya. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/34212289.pdf

Faizal, A. R. (2012). Apa Makna Literasi Media Sesungguhnya? In Meretas Jalan Sosialisasi Literasi Media di Indonesia. Jakarta: KPI Pusat

Fitryarini, I. (2016). Literasi Media Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. Jurnal Komunikasi, 8(1), 51-67. http://dx.doi.org/10.24912/jk.v8i1.46

Guntarto. (2006). An Assesment of Children’s Television Programmer in Indonesia. YPMA

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.

Livingstone, S. (2004). What is Media Literaci?. Intermedia

Lutviah. (2010). Citizen Jurnalisme Berbasis Blog Group dan Penerapannya Untuk Literasi Media: Studi Kasus Kompasiana.com. Retrieved from www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding2/fisip201018.pdf.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Morissan, M. (2014). Media Sosial dan Partisipasi Sosial di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Visi Komunikasi, 13(01), 50-68. http://dx.doi.org/10.22441/jvk.v13i1.366

Novianti, D., & Fatonah, S. (2018). Literasi Media Digital di Lingkungan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 1-14. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2678

Pambudi, S. T., & Novianti, D. (2018). Model Literasi Media di Lingkungan Rumah Panti Asuhan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 187-196. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2694

Potter, James W. (2004). Theory of Media Literacy: a Cognitive Approach. California: Sage Publications.

Qudratullah. (2016). Peran dan Fungsi Komunikasi Massa. UIN Alauddin Makassar: Jurnal Dakwah Tabligh, 17(2), 41-46.

Setianto, W. A. (2018). Literasi Konten Radikal di Media Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 75-88. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/2684

Setyaningsih, R. (2017). Model Literasi Media Berbasis Kearifan lokal pada Masyarakat Kampung Dongkelan Kauman Daerah Istimewa Yogyakarta. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 9(2), 118-125. https://doi.org/10.23917/komuniti.v9i2.4520

Silvana, H., & Darmawan, C. (2018). Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 154-167. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327

Terakota. (January 26th, 2020). Narasi "Menyesatkan" di Media Arus Utama. Retrieved from https://www.terakota.id/narasi-menyesatkan-di-media-arus-utama/

Wirodono, S. (2006). Matikan TV-mu: Teror Media Televisi di Indonesia. Yogyakarta: Resist Book.

Published

2020-09-16

Issue

Section

Artikel