Strategi Branding Media Cetak Lokal Berbasis Komunitas: Studi Kasus Majalah Media Kawasan Kelapa Gading

Muhamad Isnaini

Abstract


Kompetisi media menjadi lebih kuat. Tidak hanya di media mainstream, tetapi juga media lokal. Untuk bertahan, media membutuhkan dana yang didapat dari penjualan dan iklan. Masalah yang sama juga di media lokal. Banyak media lokal berkembang, tapi juga banyak yang mati karena minim dana. Pengiklan segan pada media lokal karena segmentasi audiensnya tidak jelas dan kurang ditata secara profesional. Hal tersebut yang membuat media lokal jatuh di mata pengiklan. Penelitian ini menggunakan metode case study. Yakni mempelajari bagaimana komunitas berbasis media lokal, yakni majalah media kawasan kelapa gading yang memiliki nilai baik sehingga menarik lebih banyak pengiklan. Penelitian menunjukkan, branding dari majalah media kawasan kelapa gading bukan proses yang instan melainkan evaluasi berkala.

Keywords


Media Lokal, Komunitas, Pengiklan, Pencitraan

References


Dewan Pers, 2010, Data Pers Nasional 2010, Jakarta, Dewan Pers Haryatmoko, 2007, Etika Komunikasi: Manipulasi Media, Kekerasan, dan Pornografi, Yogyakarta, Penerbit Kanisius

Koswara, Aang, 2011, City’s Branding A la Munich dalam Atwar Bajari dan Sahala Tua Saragih (ed), Komunikasi Kontekstual: Teori dan Praktik Komunikasi Kontekstual, Bandung, Remaja Rosdakarya

Kotler, Philip., dan Waldemar Pfoertsch, 2008, B2B Brand Management, Penerj: Natalia Ruth Sihandrini, Jakarta, Bhuana Ilmu Populer

Kriyantono, Rachmat, 2009, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana, Jakarta

Morissan, 2010, Pertarungan Kekuatan pada Media Massa dan Pengaruhnya Terhadap Manajemen dan Isi Media, dalam dalam Diyah Hayu Rahmitasari (ed), Potret Manajemen Media di Indonesia, Yogyakarta, Total Media

Rahayu, 2010, Ekonomi dan Manajemen Media: Perkembangan Kajian, Otokritik, dan Eksplorasi Terhadap Isu Lokalitas, dalam Diyah Hayu Rahmitasari (ed), Potret Manajemen Media di Indonesia, Yogyakarta, Total Media

Yin, Robert K, 2012, Studi Kasus: Desain dan Metode,Penerj: M. Djauzi Muzakir, Jakarta,Rajagrafindo Persada

Internet

Anugerah, Tubagus, 2008, Simbol-simbol Gaya Hidup dalam Majalah Ripple, Skripsi, diunduh dari http://elibrary unisba.ac.id/files/08-5220_Fulltext. pdf diakses tanggal 17 September 2013

Herfan, Djony, 2010, Distribusi, Promosi, Penjualan Ruang Iklan (Studi Kasus Media di Inggris), diunduh dari http:// johnherf.wordpress.com/2010/11/12/ distribusi-promosi-penjualan-ruangiklan/ diakses tanggal 16 September 2013

http://www.brandchannel.com/ education_glossary.asp, diakses tanggal 16 September 2013

http://www.yuswohady.com/2013/08/31/ branding-umkm diakses tanggal 30 September 2013

Lain-lain

Arsip Media Kawasan (2002-2013) Semester I, Belanja Iklan Rp 51 Triliun, Investor Daily, Jumat 23 Agustus 2013

Wawancara Yustin Wiranaga, tanggal 11 September 2013




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v11i1.301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats