Strategi Branding Media Cetak Lokal Berbasis Komunitas: Studi Kasus Majalah Media Kawasan Kelapa Gading
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v11i1.301Keywords:
Media Lokal, Komunitas, Pengiklan, PencitraanAbstract
Kompetisi media menjadi lebih kuat. Tidak hanya di media mainstream, tetapi juga media lokal. Untuk bertahan, media membutuhkan dana yang didapat dari penjualan dan iklan. Masalah yang sama juga di media lokal. Banyak media lokal berkembang, tapi juga banyak yang mati karena minim dana. Pengiklan segan pada media lokal karena segmentasi audiensnya tidak jelas dan kurang ditata secara profesional. Hal tersebut yang membuat media lokal jatuh di mata pengiklan. Penelitian ini menggunakan metode case study. Yakni mempelajari bagaimana komunitas berbasis media lokal, yakni majalah media kawasan kelapa gading yang memiliki nilai baik sehingga menarik lebih banyak pengiklan. Penelitian menunjukkan, branding dari majalah media kawasan kelapa gading bukan proses yang instan melainkan evaluasi berkala.References
Dewan Pers, 2010, Data Pers Nasional 2010, Jakarta, Dewan Pers Haryatmoko, 2007, Etika Komunikasi: Manipulasi Media, Kekerasan, dan Pornografi, Yogyakarta, Penerbit Kanisius
Koswara, Aang, 2011, City’s Branding A la Munich dalam Atwar Bajari dan Sahala Tua Saragih (ed), Komunikasi Kontekstual: Teori dan Praktik Komunikasi Kontekstual, Bandung, Remaja Rosdakarya
Kotler, Philip., dan Waldemar Pfoertsch, 2008, B2B Brand Management, Penerj: Natalia Ruth Sihandrini, Jakarta, Bhuana Ilmu Populer
Kriyantono, Rachmat, 2009, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana, Jakarta
Morissan, 2010, Pertarungan Kekuatan pada Media Massa dan Pengaruhnya Terhadap Manajemen dan Isi Media, dalam dalam Diyah Hayu Rahmitasari (ed), Potret Manajemen Media di Indonesia, Yogyakarta, Total Media
Rahayu, 2010, Ekonomi dan Manajemen Media: Perkembangan Kajian, Otokritik, dan Eksplorasi Terhadap Isu Lokalitas, dalam Diyah Hayu Rahmitasari (ed), Potret Manajemen Media di Indonesia, Yogyakarta, Total Media
Yin, Robert K, 2012, Studi Kasus: Desain dan Metode,Penerj: M. Djauzi Muzakir, Jakarta,Rajagrafindo Persada
Internet
Anugerah, Tubagus, 2008, Simbol-simbol Gaya Hidup dalam Majalah Ripple, Skripsi, diunduh dari http://elibrary unisba.ac.id/files/08-5220_Fulltext. pdf diakses tanggal 17 September 2013
Herfan, Djony, 2010, Distribusi, Promosi, Penjualan Ruang Iklan (Studi Kasus Media di Inggris), diunduh dari http:// johnherf.wordpress.com/2010/11/12/ distribusi-promosi-penjualan-ruangiklan/ diakses tanggal 16 September 2013
http://www.brandchannel.com/ education_glossary.asp, diakses tanggal 16 September 2013
http://www.yuswohady.com/2013/08/31/ branding-umkm diakses tanggal 30 September 2013
Lain-lain
Arsip Media Kawasan (2002-2013) Semester I, Belanja Iklan Rp 51 Triliun, Investor Daily, Jumat 23 Agustus 2013
Wawancara Yustin Wiranaga, tanggal 11 September 2013
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.