KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL TERHADAP KESADARAN HIDUP SEHAT PETERNAK DI KECAMATAN SELO BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v11i1.306Keywords:
Pemasaran, Sosial, Hidup Sehat, PeternakAbstract
Hasil penelitian ini mengamati kegiatan Lembaga Sosial Masyarakat( LSM) yang bergerak pada peduli lingkungan dan pengentasan kemiskinan bagi peternak sapi. Sebagian besar peternak masih tanpa memperhatikan sadar hidup sehat. Kandang ternak jadi satu dengan rumah induk merupakan hal yang lumrah. Kebiasaan ini sudah mendarah daging dalam kehidupan peternak di kecamatan Selo. Selo merupakan daerah yang mewakili daerah peternak sapi di kabupaten Boyolali. Kecamatan Selo merupakan daerah Wisata akan tetapi 60% warganya adalah peternak (kantor statistik kabupaten Boyolali). Boyolali mendapat julukan sebagai kota susu karena sebagian besar peternak yang ada di lereng Merapi Merbabu ini adalah peternak sapi susu. LSM Suko Marsudi Siwi masuk di desa Selo untuk memotivasi dan memberi contoh dengan mengajak sadar hidup sehat pada para peternak belum berhasil dengan memuaskan. Dengan menggunakan komunikasi pemasaran sosial LSM ini berusaha memasarkan ide ide sosial meskipun pemasaran sosial ini lebih sulit teradopsi oleh masyarakat karena dalam pemasaran sosial yang dijual adalah produk sosial atau secara sosial bermanfaat yakni perilaku baru.Produk sosial lebih rumit penggunaannya dibanding dengan produk komersial. Sebagaimana yang diungkap Kotler bahwa pemasaran sosial itu lebih sulit dibanding dengan pemasaran jasa ataupun produk. Dalam hal ini peneliti mengamati, bagaimana LSM merubah perilaku para peternak sapi susu di Selo Boyolali itu, ternyata ada yang berubah namun belum semua indikator sadar hidup sehat itu berubah.References
D Lawrence Kincaid, dan Wilbur Scramm, 1987,Azas azas Komunikasi Antar Manusia.Jakarta: LP3ES
Everett M Rogers & Shoemaker, 1971,Communication of Innovation A Cross Culture Approach, New York: Sage Publication
Hermawan Kertajaya. 2003, Konsep Pemasaran dari Indonesia untuk dunia.Jakarta: CV Pilar Kencana
Jalaludin Rakhmad,1985,Metode Penelitian Komunikasi, B a n d u n g : R e m a j a Karya Bandung
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 1997. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketiga, Jilid I. Jakarta: PT Prenhallindo
Kotler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta.
Erlangga Miles, M. B. & Huberman, A. M. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. London: Sage Publications
Ndraha ,Taliziduhu,1987, Desain dan riset penulisan karya Ilmiah.Jakarta: Bina Aksara
Subarsono, 2010, Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Zulkarnaen Nasution,2002, Komunikasi Pembangunan Penerapan teori &Penerapannya. Yogyakarta: Universitas Paramadina
Media: vanishing news paper (2006) Web Site Pemerintah jawa Timur (jalin kesra Jatim 24.2008)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.