KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL TERHADAP KESADARAN HIDUP SEHAT PETERNAK DI KECAMATAN SELO BOYOLALI

Surisno Satriyo Utomo

Abstract


Hasil penelitian ini mengamati kegiatan Lembaga Sosial Masyarakat( LSM) yang bergerak pada peduli lingkungan dan pengentasan kemiskinan bagi peternak sapi. Sebagian besar peternak masih tanpa memperhatikan sadar hidup sehat. Kandang ternak jadi satu dengan rumah induk merupakan hal yang lumrah. Kebiasaan ini sudah mendarah daging dalam kehidupan peternak di kecamatan Selo. Selo merupakan daerah yang mewakili daerah peternak sapi di kabupaten Boyolali. Kecamatan Selo merupakan daerah Wisata akan tetapi 60% warganya adalah peternak (kantor statistik kabupaten Boyolali). Boyolali mendapat julukan sebagai kota susu karena sebagian besar peternak yang ada di lereng Merapi Merbabu ini adalah peternak sapi susu. LSM Suko Marsudi Siwi masuk di desa Selo untuk memotivasi dan memberi contoh dengan mengajak sadar hidup sehat pada para peternak belum berhasil dengan memuaskan. Dengan menggunakan komunikasi pemasaran sosial LSM ini berusaha memasarkan ide ide sosial meskipun pemasaran sosial ini lebih sulit teradopsi oleh masyarakat karena dalam pemasaran sosial yang dijual adalah produk sosial atau secara sosial bermanfaat yakni perilaku baru.Produk sosial lebih rumit penggunaannya dibanding dengan produk komersial. Sebagaimana yang diungkap Kotler bahwa pemasaran sosial itu lebih sulit dibanding dengan pemasaran jasa ataupun produk. Dalam hal ini peneliti mengamati, bagaimana LSM merubah perilaku para peternak sapi susu di Selo Boyolali itu, ternyata ada yang berubah namun belum semua indikator sadar hidup sehat itu berubah.

Keywords


Pemasaran, Sosial, Hidup Sehat, Peternak

References


D Lawrence Kincaid, dan Wilbur Scramm, 1987,Azas azas Komunikasi Antar Manusia.Jakarta: LP3ES

Everett M Rogers & Shoemaker, 1971,Communication of Innovation A Cross Culture Approach, New York: Sage Publication

Hermawan Kertajaya. 2003, Konsep Pemasaran dari Indonesia untuk dunia.Jakarta: CV Pilar Kencana

Jalaludin Rakhmad,1985,Metode Penelitian Komunikasi, B a n d u n g : R e m a j a Karya Bandung

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 1997. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketiga, Jilid I. Jakarta: PT Prenhallindo

Kotler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta.

Erlangga Miles, M. B. & Huberman, A. M. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. London: Sage Publications

Ndraha ,Taliziduhu,1987, Desain dan riset penulisan karya Ilmiah.Jakarta: Bina Aksara

Subarsono, 2010, Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Zulkarnaen Nasution,2002, Komunikasi Pembangunan Penerapan teori &Penerapannya. Yogyakarta: Universitas Paramadina

Media: vanishing news paper (2006) Web Site Pemerintah jawa Timur (jalin kesra Jatim 24.2008)




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v11i1.306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats