Pemaknaan Kaum Perempuan Urban Terhadap Isu Pemanasan Global dan Lingkungan di Media
Abstract
Media telah menggambarkan kecilnya partisipasi perempuan dalam mengatasi dampak pemanasan global, walaupun perempuan memiliki peran penting dalam mengurangi dampak fenomena ini. Hal yang menarik untuk di pelajari adalah bagaimana perempuan memaknai pemberitaan lingkungan. Riset ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran perempuan terhadap perubahan iklim. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan FGD dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan paradigm konstruksionis kritis dan perspektif ekofeminisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada tiga kelompok khalayak perempuan, (a) mereka yang memiliki pekerjaan terkait dengan lingkungan, (b) mereka yang pekerjaannya tak terkait dengan lingkungan tetapi memiliki kepedulian untuk menjaga lingkungan, (c) mereka yang pekerjaannya tak berhbungan dengan lingkungan dan tak memiliki kepedulian terhadap dampak perubahan iklim. (2) Bagi kelompok kedua dan ketiga, melestarikan lingkungan berarti menjaga lingkungan tetap bersih dan hal ini tak terkait dengan kegiatan mengurangi dampak pemanasan global. (3) Kedua kelompok tersebut memiliki pemaknaan yang serupa dengan media: bagi mereka, perempuan adalah sosok yang bertanggungjawab atas kelestarian alam, dan proses sosialisasi terhadap ramah lingkungan dimulai dari rumah atau keluarga. Tentunya, kelompok yang pro terhadap lingkungan memiliki pemaknaan yang berbeda. Secara singkat, pemaknaan para narasumber bervariasi dan tergantung pada perspektif, karakter dan perilaku masing-masing kelompok.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arivia, Gadis, 2006, Feminisme: Sebuah Kata Hati. Kompas Media Nusantara, Jakarta. Atmakusumah,1996, Mengangkat Masalah Lingkungan ke Media Massa. : Yayasan Obor, Jakarta.
Coleman, Robin R. Means, 2002, Say It Loud. Routledge, New York.
Corbett, Julia B, 2006, Comunicating Nature: How We Create and Understand Environmental Message.Island Press, Wahington D.C.
Croteau, David & William Hoyness, 1997, Media/Society: Industries, Image and Audiences, Second Edition. Pine Forge Press,Thousand Oaks, CA.
Croteau, David & William Hoyness, 2003, Media/Society: Industries, Image and Audiences, Third Edition. Pine Forge Press, Thousand Oaks, CA.
Curran, James, 2002, Media and Power. London: Routledge
Denzin, Norman & Yvonna S. Lincoln (Eds.), 1994, Handbook of Qualitative Research. Sage Publications, Thousand Oaks, CA.
Dwi Susilo, Rachmat, 2008, Sosiologi Lingkungan. Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Hagen, Ingunn & Janet Wasko, 2000, Consuming Audience? Production and Reception in Media Research. Cresskill, New Jersey: Hampton Press
Heiner, Robert, 2006, Social Problems: An Introduction to Critical Constructionism. Oxford University Press, New York.
Jensen, Klaus Bruhn & Nicholas W. Jankowski, 2002, A Handbook of Qualitative Methodologies for Mass Communication Research. Routledge, New York.
Kirk, Gwyn & Margo Okazawa-Rey, 1998, Women’s Lives: Multicultural Perspectives. Mayfield Publishing Co. Mountain View, CA.
Mosse, Julia Cleves, 1996, Gender & Pembangunan (Terjemahan). Pustaka Pelajar, Jakarta.
Oey-Gardiner,Mayling,(eds),1996, Perempuan Indonesia: Dulu dan Kini. Gramedia Pustaka Utama), Jakarta.
Patton, Michael Quinn, 2002, Qualitatve Research & Evaluation Methods. Third Edition. Sage Publications, Thousand Oaks, CA.
Sarwono, Billy K., 2004, Pemaknaan Karir Politik Presiden Perempuan dalam Masyarakat Patriarki. Jurnal Thesis Volume III nomor 2. Mei-Agustus, 2004. Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia, Depok.
Sarwono, Billy K., 2006, Conflict Concerning Working Women Existence in Media Industry (A Study on Cultural Production on A Female Radio in East Java) Media – Asia Research Group 2006 Conference -- Miri, Sarawak Malaysia Februari, 2006
Sarwono, Billy K., 2009, Media Coverage of Climate Change: A Content Analysis of UNFCCC Coverage by Indonesian Newpapers. Media Climate Workshop, Maret 2009, Istanbul, Turkey
Sarwono, Billy K; Sunarto & Donna Asteria., 2009, Perempuan dan Ekologi: Suatu Studi Resepsi terhadap Perempuan Jakarta. Hasil Penelitian Hibah Strategis Nasional 2008. Universitas Indonesia, Depok.
Sarwono, Billy K., 2010a, Media Coverage of Climate Change: A Content Analysis of UNFCCC Coverage by Indonesian Newpapers. Media Climate Workshop, February, Tampere – Finland
Sarwono, Billy K., 2010b, Indonesia: The Marginalised Motherland, Makalah akan dipresentasikan dalam Media Climate Workshop, November, 2010 Bergen-Norway
Sarwono, Billy K & Sunarto, 2010, Journalists’ Construction on Reporting Climate Change: A Study of an Elite Indonesian Newspaper Coverage on UNFCCC in Bali 2007 and Copenhagen 2009. International Association Media Communication Research Conference, Braga, Portugal 2010
Sarwono, Sarlito Wirawan,1995, Psikologi Lingkungan. Penerbit PT Grasindo, Jakarta.
Tong, Rosemarie, 2005, Feminist Thought – A Comprehensive Introduction,Mackays of Chatahm PLC, Kent.van Zoonen, Liesbet, 1994, Feminist Media Studies.: Sage Publications, Thousand Oaks, CA.
Wimmer, Roger D. & Joseph R. Dominick, 2006, Mass Media Research: An Introduction. Thomas Wadsworth, Belmont, CA.
DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v8i2.312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)
Alamat:
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268
Fax: (0274)487147
Email: jik@upnyk.ac.id