Model Edukasi Kreatif Pesantren Melalui Pemanfaatan E-Learning Di Era Digital
Abstract
Era digital yang ditandai dengan perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mengharuskan proses belajar dan mengajar di perguruan tinggi untuk disesuaikan, tidak terkecuali di universitas berbasis pesantren. Sistem pembelajaran berbasis internet atau e-learning yang dikembangkan di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Darussalam Gontor bertujuan untuk memudahkan proses pembelajaran di kampus baik untuk dosen sebagai pengajar maupun bagi mahasiswa yang diajar. Melalui e-learning mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi secara tekstual saja, tetapi materi yang berupa visual seperti image, video dan animasi juga memperjelas pemahaman terhadap materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model edukasi kreatif Universitas Darussalam Gontor sebagai salah satu universitas pesantren melalui pemanfaatan e-learning di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan dosen-dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Darussalam Gontor.Hasil dari penelitian ini berupa model edukasi kreatif pesantren melalui e-learning di era digital. Konten pembelajaran yang di-upload di e-learning terdiri dari beberapa bentuk seperti materi (berupa power point, video pendek, gambar, animasi, dll), kuis, dan juga forum diskusi sebagai sarana komunikasi antara dosen dan mahasiswa melalui kelas virtual tanpa harus bertatap muka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
T.L Friedman. (2007). The world is flat 3.0: A Brief History Of The Twenty first Century. New York: Picador.
Hamied, Fuad Abdul. (2009). Model PembelajaranInovatif Di Era Global (SuatuKajianPerbandingan Di Negara Maju).Jurnaln Ilmiah Kependidikan,Vol 1, No 2 Maret 2009, ISSN: 1979-6668.
B. Trilling &Fadel, C. (2009). 21st Century skills: learning for life in our times. San Fransisco: Josey-Bass.
Wijaya, EstitikaYuni dan Dwi Agus Sudjimat dan Amat Nyoto.(2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matermatika. Universitas Kanjuruhan Malang.
Barokati, Nisauldan Fajar Annas. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata K u l i a h P e m r o g r a m a n K o m p u t e r (Studi Kasus UNISDA Lamongan).Jurnal SISFO, Vol.7 No.2, eISSN: 2301- 4273.
Agustina, Merry. (2013). Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, ISSN: 1907- 5022, Yogyakarta, Juni 2013, pp.8-12.
Goleman, Daniel., dkk. (2005). The Creative Spirit (Terjemah). Bandung : Penerbit MLC.
Staff Skretaris PMDG Ponorogo. (2017). Serba Serbi Serba Singkat Pondk Modern Darussalam Gontor. Ponorogo: Percetakan Darussalam.
Nurhakim, Moh. (2011). Imam Zarkasyi Dan Pembaharuan Pesantren :Rekonstruksi Aspek Kurikulum, MenejemenDan Etika Pendidikan. Jurnal PROGRESIVA Vol. 5, No.1, Desember 2011.
Rosenberg, Marc. J. (2001) E-Learning: Strategies for Delivering Knowledge In The Digital Age. New York: Mc.Graw-Hill Comapnies. pp. 28.
DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v16i3.3205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi
Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)
Alamat:
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268
Fax: (0274)487147
Email: jik@upnyk.ac.id