Peran Komunikasi Pemasaran Industri Kreatif Festival Budaya Dieng 2018 dalam Pembentukan Identitas Kota

Tuti Widiastuti, Eli Jamilah Mihardja, Prima Mulyasari Agustini

Abstract


Dieng merupakan sebuah tempat yang kental dengan sejarah dewa yang pernah tinggal di sana. Pada awal mulanya Dieng merupakan tempat dengan penghasil tanaman perkebunan dataran tinggi yang terkenal, kemudian sampailah kepada isu lingkungan yang menyerang Dieng. Adanya hal tersebut, salah satu penduduk Dieng membuat kegiatan Dieng Culture Festival atau DCF yang dapat mengembalikan perekonomian yang sempat hancur. Hingga, DCF 2018 segala bentuk industri kreatif yang dibentuk oleh para masyarakatnya sukses dan menjadi suatu barang yang wajib dibeli saat mengunjungi Dieng. Sehingga, pada saat ini masyarakat tidak terlalu bergantung kepada alam tetapi memiliki sumber hasil usaha yang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa DCF 2018 dan industri kreatif merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dan saling mendukung satu sama lain.


Keywords


komunikasi pemasaran, industri kreatif, branding kota, festival budaya dieng

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Nenny, 2008. “Industri Kreatif”, Jurnal ekonomi Desember 2008 Volume XIII No. 3.

Burhan, Bungin. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group. 2011.

Cahyani, Istiqlaliah Dian. Implementasi Jember Fashion Carnaval Sebagai Bagian dari City Branding Kabupaten Jember. Common Line, Vol. 3/No. 2/Published: 2014, hal. 142 – 156.

Denissaa, Lois, Pribadi Widodo, Nuning Damayanti Adisasmito, dan Yasraf Amir Piliang. Reflections on Creativity: Public Engagement and The Making of Carnaval’s Place at Jember Fashion Carnaval. 5th Arte Polis International Conference and Workshop, 8-9 August 2014, Bandung, Indonesia.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2008. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025”

Duncan, Tom. IMC: Using Advertising and Promotion to Build Brands. New York: McGraw-Hill. 2002.

Efendy, Onong U. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. 2003.

Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika. 2010. h t t p : / / s e t k a b . g o . i d / i n i l a h - p e r a t u r a n - presiden-tentang-badan-ekonomikreatif, diakses 13 Mei 2017. h t t p : / / w s m u l y a n a . w o r d p r e s s . com/2008/12/16/69/#comment-183.

Keller, Kevin Lane. 1998, Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity, Tuck School of Business, Darthmouth College, 1998.

Kotler, Philip, dan Keller, Kevin. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. 2009.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2009.

_____________. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset. 2011.

Morissan. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana. 2010.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2005.

Pinata,I. Gde, dan Putu G. Gayatri. Sosiologi Pariwisata.Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2005.

Watono, Adji, dan Maya Watono. IMC: Integrated Marketing Communication that Sells. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2011.

Sadat, Andi M. Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat. 2009.

Shimp, Terence A. Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga. 2003.

Suryadi, Didih. Promosi Efektif: Menggugah Minat dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Tugu Publisher. 2006.

Sutopo. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS. 2006.

Sutoyo, Anwar. Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2009.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing. 2007.

Undang-Undang No. 32 Tahun 2004.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v16i3.3207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats