Motive and Millennial Self Concept in Understanding Digital Transactions through Phenomenology Approach

Ulfa Yuniati, Firman Katon

Abstract


Financial technology (FinTech) seperti E-Money menjadikan individu cenderung konsumtif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konsep diri generasi milenial mahasiswa UMBandung dalam memaknai transaksi digital, motif (masa lalu dan akan datang) dalam menggunakan dan memanfaatkan uang elektronik atau dompet elektronik. Objek penelitian yang ditentukan adalah OVO. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Scutz yang mengkaji konsep diri penggunaan dompet elektronik dalam memaknai inovasi transaksi, motif dalam menggunakan layanan transaksi digital hingga perilaku yang digambarkan dari konsep diri pada mahasiswa milenial UMBandung. Hasil penelitian ini memperoleh (1) tindakan motif masa lalu mahasiswa menggunakan pembayaran transaksi digital adalah pemanfaatan waktu dalam memesan makanan atau minuman serta transportasi, (2) tindakan motif di akan datang menambah pengalaman dalam teknologi, menikmati adanya promo, dan nantinya berganti ke dompet digital yang memberikan pelayanan baik dan memuaskan kebutuhan. Konsep diri mahasiswa UMBandung cenderung negatif yang beperilaku konsumtif dengan memperhatikan diskon yang ditawarkan OVO. Kontribusi penelitian ini berupa rekomendasi kepada perusahaan OVO, Gopay, DANA, LinkAja agar memudahkan layanan transaksi dengan menambahkan gerai-gerai yang dapat mengikuti promo.

Keywords


Cashless Society; Dompet Digital; Konsep Diri dan Motif; Generasi Milenial

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Abu, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: In Rineka Cipta.

Andriawati, S. (2012). Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Narapidana Menghadapi Masa Depan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Malang (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/2212/2/07410138_Indonesia.pdf

Baro, R. ., & Byner, D. (2005). Psikologi Sosial. Jilid 2. Alih Bahasa: Ratna Djuwita. In Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Bintarto, E. (2018). Fintech dan Cashless Society: Sebuah Revolusi Mendongkrak Ekonomi Kerakyatan. Call For Essays, 1–77.

Fatikatin, Y., & Handoyo, P. (2014). Motif Transaksi Ecommerce Bagi Mahasiswa di Surabaya. Jurnal Paradigma, 2(1), 1–5. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/6872

Fauzie, Y. Y. (2019). Jangan Konsumtif Gara-gara Segudang Diskon Dompet Digital. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190914095419-83-430437/jangan-konsumtif-gara-gara-segudang-diskon-dompet-digital

Hermaniawati, N., & Listyani, R. H. (2015). Motif Pemanfaatan Layanan Elektronik Tiket (E-Ticketing) oleh Pengguna Kereta Api di Surabaya. Jurnal Paradigma, 3(03), 1–7. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/13046

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240-249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560

Houston, D. D. (2020). Adopsi Penerimaan Digital Payment Pada Kalangan Milenial. MEDIUM, 7(2), 55–67. https://doi.org/10.25299/medium.2019.vol7(2).4094

Kusnawan, A., Diana, S., Andy, & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 137–160. https://doi.org/10.30656/sm.v5i2.1861

Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi, Metodologi Penelitian Komunikasi, Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian. Fenomena Pengemis Kota Bandung. 264 pages.

Littlejohn, W, S., & Foss, K. A. (2009). Teori Komunikasi (9th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. J. (2006). Metodelogi Penelitian Kualitatif (revisi ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2006). Metode Research. In Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Novianti. D., & Tripambudi, S. (2014). Studi Fenomenologi: Tumbuhnya Prasangka Etnis di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 119-135. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/368

Nugraha, J. P., & Handoyo, P. (2015). Punk dan Keluarga : Studi Fenomenologi Motif Menjadi Punkers dalam Lingkup Keluarga Januar Putra Nugraha Pambudi Handoyo. Paradigma, 3(2), 1–7. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/11346

Paath, D. K., & Manurung, R. (2019). Analisis Persepsi Pengguna Layanan Transaksi Digital Terhadap Financial Technology (Fintech) Dengan Model E-Money (Studi kasus: layanan Go-Pay “Gojek” di Purwokerto). Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 2(2), 38-45. https://doi.org/10.33488/1.jh.2019.2.226

Pangestu, S. (2020). Riset: dompet digital mendorong Generasi Z lebih konsumtif. Retrieved from https://theconversation.com/riset-dompet-digital-mendorong-generasi-z-lebih-konsumtif-129243

Pertiwi, A. (2018). Studi Fenomenologi Tentang Konsep Diri Wanita Shopaholic di Kota Bandar Lampung. Lampung.

Prama, N. (2020). GoPay Ternyata Jadi Dompet Digital Paling Diminati Generasi Z dan Milenial. Retrieved from https://nextren.grid.id/read/012024532/gopay-ternyata-jadi-dompet-digital-paling-diminati-generasi-z-dan-milenial?page=all

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. In Psikologi Komunikasi.

Rif’ah, S. (2019). Fenomena Cashless Society Di Era Milenial Dalam Perspektif Islam. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics, 2(1), 1-14. Diakses dari http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/musthofa/article/view/360

Rohim, S. (2010). Konsep Diri Eks Wanita Tuna Susila di Panti Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 45-57. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/68

Rosmayanti. (2019). Apa Itu Dompet Digital? Retrieved from https://www.wartaekonomi.co.id/read212834/apa-itu-dompet-digital.html

Sani, F. L., & Yohana, N. (2015). Fenomena Komunikasi Anggota Komunitas Graffiti di Kota Medan (Studi Fenomenologi Pada Anggota Komunitas ME&ART). JOM FISIP, 2(2), 54–67. Diakses dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/4856

Sani, M. B. (2012). Gaya Hidup Baru Kaum Urban: Motif dan Perilaku Pelaku Futsal. Universitas Gadjah Mada.

Sarikusuma, H., & Hasanah, N. (2012). Konsep Diri Orang Dengan HIV Dan AIDS (ODHA) yang Menerima Label Negatif dan Diskriminasi dari Lingkungan Sosial. Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 7(1), 29–40. Diakses dari https://talenta.usu.ac.id/jppp/article/view/2533

Sutriyanto, Eko. (2019). 3 Besar Dompet Digital Indonesia Untuk Transaksi Ritel, Transportasi dan Pengiriman Makanan Online. Retrieved from tribunnews.com website: https://www.tribunnews.com/techno/2019/07/15/3-besar-dompet-digital-indonesia-untuk-transaksi-ritel-transportasi-dan-pengiriman-makanan-online

Venus, A., & Helmi, L. (2010). Budaya Populer Jepang di Indonesia : Catatan Studi Fenomenologis Tentang Konsep Diri Anggota Cosplay Party Bandung. ASPIKOM, 1(1), 71–90. http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v1i1.9

Wijayanti, A., & Astiti, D. P. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Remaja di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 41-49. doi:10.24843/JPU.2017.v04.i01.p05

Wirman, W. (2012). Pengalaman Komunikasi dan Konsep Diri Perempuan Gemuk. IJAD: Indonesian Journal of Dialectics, 2(2). Diakses dari http://jurnal.unpad.ac.id/ijad/article/view/2659

Wulandari, S. (2016). Motif dan Makna Diri Penata Rias di Kota Pekanbaru dalam Perspektif Fenomenologi. JOM FISIP, 3(2), 1–14. Diakses dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/11309

Yuniati, U., & Puspitasari, E. E. (2019). Motif Pendengar Radio Di Era Perkembangan Teknologi Informasi (Studi Kepuasan Penggunaan Media Pada Generasi Z Di Bandung). Jurnal Ilmu Komunikasi [JIKA], 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6504.g3631

Yuswohady. (2016). Millennial Trends 2016. Retrieved from https://www.yuswohady.com/2016/01/17/millennial-trends-2016/




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats