Motive and Millennial Self Concept in Understanding Digital Transactions through Phenomenology Approach
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIAN)References
Abu, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: In Rineka Cipta.
Andriawati, S. (2012). Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Narapidana Menghadapi Masa Depan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Malang (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/2212/2/07410138_Indonesia.pdf
Baro, R. ., & Byner, D. (2005). Psikologi Sosial. Jilid 2. Alih Bahasa: Ratna Djuwita. In Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Bintarto, E. (2018). Fintech dan Cashless Society: Sebuah Revolusi Mendongkrak Ekonomi Kerakyatan. Call For Essays, 1–77.
Fatikatin, Y., & Handoyo, P. (2014). Motif Transaksi Ecommerce Bagi Mahasiswa di Surabaya. Jurnal Paradigma, 2(1), 1–5. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/6872
Fauzie, Y. Y. (2019). Jangan Konsumtif Gara-gara Segudang Diskon Dompet Digital. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190914095419-83-430437/jangan-konsumtif-gara-gara-segudang-diskon-dompet-digital
Hermaniawati, N., & Listyani, R. H. (2015). Motif Pemanfaatan Layanan Elektronik Tiket (E-Ticketing) oleh Pengguna Kereta Api di Surabaya. Jurnal Paradigma, 3(03), 1–7. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/13046
Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240-249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560
Houston, D. D. (2020). Adopsi Penerimaan Digital Payment Pada Kalangan Milenial. MEDIUM, 7(2), 55–67. https://doi.org/10.25299/medium.2019.vol7(2).4094
Kusnawan, A., Diana, S., Andy, & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 137–160. https://doi.org/10.30656/sm.v5i2.1861
Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi, Metodologi Penelitian Komunikasi, Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian. Fenomena Pengemis Kota Bandung. 264 pages.
Littlejohn, W, S., & Foss, K. A. (2009). Teori Komunikasi (9th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.
Moleong, L. J. (2006). Metodelogi Penelitian Kualitatif (revisi ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2006). Metode Research. In Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Novianti. D., & Tripambudi, S. (2014). Studi Fenomenologi: Tumbuhnya Prasangka Etnis di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 119-135. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/368
Nugraha, J. P., & Handoyo, P. (2015). Punk dan Keluarga : Studi Fenomenologi Motif Menjadi Punkers dalam Lingkup Keluarga Januar Putra Nugraha Pambudi Handoyo. Paradigma, 3(2), 1–7. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/11346
Paath, D. K., & Manurung, R. (2019). Analisis Persepsi Pengguna Layanan Transaksi Digital Terhadap Financial Technology (Fintech) Dengan Model E-Money (Studi kasus: layanan Go-Pay “Gojek” di Purwokerto). Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 2(2), 38-45. https://doi.org/10.33488/1.jh.2019.2.226
Pangestu, S. (2020). Riset: dompet digital mendorong Generasi Z lebih konsumtif. Retrieved from https://theconversation.com/riset-dompet-digital-mendorong-generasi-z-lebih-konsumtif-129243
Pertiwi, A. (2018). Studi Fenomenologi Tentang Konsep Diri Wanita Shopaholic di Kota Bandar Lampung. Lampung.
Prama, N. (2020). GoPay Ternyata Jadi Dompet Digital Paling Diminati Generasi Z dan Milenial. Retrieved from https://nextren.grid.id/read/012024532/gopay-ternyata-jadi-dompet-digital-paling-diminati-generasi-z-dan-milenial?page=all
Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. In Psikologi Komunikasi.
Rif’ah, S. (2019). Fenomena Cashless Society Di Era Milenial Dalam Perspektif Islam. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics, 2(1), 1-14. Diakses dari http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/musthofa/article/view/360
Rohim, S. (2010). Konsep Diri Eks Wanita Tuna Susila di Panti Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 45-57. Diakses dari http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/68
Rosmayanti. (2019). Apa Itu Dompet Digital? Retrieved from https://www.wartaekonomi.co.id/read212834/apa-itu-dompet-digital.html
Sani, F. L., & Yohana, N. (2015). Fenomena Komunikasi Anggota Komunitas Graffiti di Kota Medan (Studi Fenomenologi Pada Anggota Komunitas ME&ART). JOM FISIP, 2(2), 54–67. Diakses dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/4856
Sani, M. B. (2012). Gaya Hidup Baru Kaum Urban: Motif dan Perilaku Pelaku Futsal. Universitas Gadjah Mada.
Sarikusuma, H., & Hasanah, N. (2012). Konsep Diri Orang Dengan HIV Dan AIDS (ODHA) yang Menerima Label Negatif dan Diskriminasi dari Lingkungan Sosial. Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 7(1), 29–40. Diakses dari https://talenta.usu.ac.id/jppp/article/view/2533
Sutriyanto, Eko. (2019). 3 Besar Dompet Digital Indonesia Untuk Transaksi Ritel, Transportasi dan Pengiriman Makanan Online. Retrieved from tribunnews.com website: https://www.tribunnews.com/techno/2019/07/15/3-besar-dompet-digital-indonesia-untuk-transaksi-ritel-transportasi-dan-pengiriman-makanan-online
Venus, A., & Helmi, L. (2010). Budaya Populer Jepang di Indonesia : Catatan Studi Fenomenologis Tentang Konsep Diri Anggota Cosplay Party Bandung. ASPIKOM, 1(1), 71–90. http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v1i1.9
Wijayanti, A., & Astiti, D. P. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Remaja di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 41-49. doi:10.24843/JPU.2017.v04.i01.p05
Wirman, W. (2012). Pengalaman Komunikasi dan Konsep Diri Perempuan Gemuk. IJAD: Indonesian Journal of Dialectics, 2(2). Diakses dari http://jurnal.unpad.ac.id/ijad/article/view/2659
Wulandari, S. (2016). Motif dan Makna Diri Penata Rias di Kota Pekanbaru dalam Perspektif Fenomenologi. JOM FISIP, 3(2), 1–14. Diakses dari https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/11309
Yuniati, U., & Puspitasari, E. E. (2019). Motif Pendengar Radio Di Era Perkembangan Teknologi Informasi (Studi Kepuasan Penggunaan Media Pada Generasi Z Di Bandung). Jurnal Ilmu Komunikasi [JIKA], 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6504.g3631
Yuswohady. (2016). Millennial Trends 2016. Retrieved from https://www.yuswohady.com/2016/01/17/millennial-trends-2016/
DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi
Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)
Alamat:
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268
Fax: (0274)487147
Email: jik@upnyk.ac.id