Pariwara Corporate Social Resonsibility di Suratkabar Pikiran Rakyat
Abstract
Penelitian ini bertujuan; (1) mendeskripsikan kecenderungan teks dan konteks Pariwara Cor- porate Social Responsibility di Suratkabar Pikiran Rakyat; (2) mendeskripsikan kecenderungan produksi teks Pariwara Corporate Social Responsibility di Suratkabar Pikiran Rakyat; (3) mendeskripsikan konsumsi teks Pariwara Corporate Social Responsibility di Suratkabar Pikiran Rakyat; dan (4) mendeskripsikan kecenderungan sosiokultural Pariwara Corporate Social Responsibility di Suratkabar Pikiran Rakyat. Metode penelitian ini menggunakan Analisis Wacana Kritis dari Norman Fairclough. Temuan penelitian ini adalah; (1) Pariwara Corporate Social Responsibility dalam teks dan konteks adalah positif; (2) Pariwara Corporate Social Responsibility dalam produksi teks dipengaruhi oleh redaksi dan pengiklan redaktur yang terlibat dalam pembuatan Pariwara; (3) Pariwara Corporate Social Responsibility dalam konsumsi teks khalayak pembaca memahami bahwa Corporate Social Responsibility dapat meningkatkan taraf hidup atau kesejahteraan; dan (4) Pariwara Corporate Social Responsibility dalam sosiokultural bahwa kegiatan Corporate itu bukan charity, tetapi kegiatan yang berkesinambungan. Rekomendasi penelitian ini sebaiknya perusahaan ; (1) memelihara dan meningkatkan kegiatan Corporate Social Responsibility yang bernilai positif; (2) meningkatkan kegiatan Corporate Social Responsibility yang berlangsung terus menerus; dan (3) perlu adanya evaluasi tentang pelaksanaan Corporate Social Responsibility.
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIAN)References
Ardianto, Elvinaro, dan Dindin M. Macfudz, 2011, Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Ardianto, Elvinaro, dan Dindin M. Macfudz, 2011, Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial, Rajawali Pers, Jakarta.
________, 2011, Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
________, 2010, Metodologi Public Relations Untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
________, 2009, Analisis Wacana Tentang Pemberitaan Harian Pikiran Rakyat dan Harian Kompas Sebagai Public Relations Politik Dalam Membentuk Citra dan Reputasi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Disertasi, Pascasarjana Unpad, Bandung.
Ardianto, Elvinaro, dan Bambang Q-Anees, 2009, Filsafat Ilmu Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, dan Siti Karlinah, 2009, Komunikasi Massa: Suatu Perngantar, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
Baron, David P., 2005, Corporate Social Respoinsibility And Social Entrepreneurship, Artikel Penelitian, Sekolah Bisnis Pascasarjana Stanford.
Budimanta, Arif, Adi Prasetijo, dan Bambang Rudito, 2004, Corporate Social Responsibility, ICSD, Jakarta.
Eriyanto, 2001, Analisis Wacana, LKiS, Yogyakarta.
Fairclough, Norman, 1998, Critical Discource Analysis, Longman, London & New York.
Heal, Geoffrey, 2004, Corporate Social responsibility: An Economic and Financial Frame Work, Artikel Penelitian, Sekolah Bisnis Columbia.
Kotler, Philip dan Nancy Lee, 2005, Corporate Social Responsibility, Jhon Wiley & Sons, Hoboken, New Jersey.
Morimoto, John Ash Risako dan Chris Hope, 2004, Corporate Social Responsibility Audit: From Theory To Practice, Artikel Penelitian, Universitas Cambridge.
Murthy, K.V. Bhanu, 2007, Business Ethics and Corporate Responsibility: A New Perspective, Artikel Penelitian, Universitas New Delhi.
Nursahid, Fajar, 2006, Tanggung Jawab Sosial BUMN, Piramedia, Depok.
Paul, Catherine J. Morrison dan Donald S. Siegel, 2006, An Empirical Analysis of the Strategic Use of Corporate Social Responsi- bility, Artikel Penelitian, Kerjasama Universitas California dan Institut Politeknik Rensselaer.
Rahman, Reza, 2009, Corporate Social Responsibility: Antara Teori dan Kenyataan, MedPress, Jakarta.
Riyanto, Yohanes E. dan Linda A. Toolsema, 2007, Corporate Social Responsibility in a Corporate Governance Framework,” Artikel Penelitian, Kerjasama: Universitas National Singapurt dan Universitas Groningen.
Scherer, Andreas Georg dan Guido Palazzo, 2007, Gloibalization And Corporate Social Responsibility, Artikel Penelitian, Kerjasama Universitas Zurich dan Universitas Lausanne.
Siegel, Donald S. dan Donald F. Vitaliano, 2006, An Empirical Analysis of the Strategic Use of Corporate Social Responsibility, Artikel Penelitian, Institut Politeknik Rensselaer.
Untung, Hendrik Budi, 2008, Corporate Social Responsibility, Sinar Grafika, Jakarta.
Yolanda, Suzi, 2009, Corporate Sosial Responsibility di PT Telkom Divre Yogyakarta, Jurnal Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yog- yakarta.
Zsolnai, Laszlo, 2006, Competitiveness and Corporate Social Responsibility, Jurnal Penelitian, Universitas Budapest.
DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v9i2.3432
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi
Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)
Alamat:
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268
Fax: (0274)487147
Email: jik@upnyk.ac.id