Kompetensi Komunikasi Bisnis Lintas Budaya

Puji Lestari, Retno Hendariningrum, Prayudi Prayudi

Abstract


Kompetensi komunikasi bisnis lintas budaya sangat diperlukan di era global ini. Kompetensi komunikasi berkaitan erat dengan sudut pandang seseorang tentang sekelompok orang tertentu (stereotip). Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh stereotip antaretnik terhadap kompetensi komunikasi bisnis di antara para pengusaha perak Jawa dan Padang di Yogyakarta dan di Padang. Penelitian ini menggunakan perspektif objektif dengan metode pengumpulan data kuantitatif, serta teknik analisis Structural Equation Model (SEM). Secara keseluruhan hasil penelitian ini memperkuat keberadaan Teori Etnosentrisme, Teori Komunikasi Antarbudaya Gudykuns dan Kim, serta Modell Kompetensi Komunikasi Antarbudaya Spitzberg. Para pengusaha perak Jawa dan Padang saling berkomunikasi dengan melibatkan budaya (nilai-nilai budaya), sosiobudaya (pengalaman antaretnik), dan psikobudaya (prasangka sosial). Model kompetensi komunikasi antarbudaya Spitzberg yang meliputi; motivasi, pengetahuan, dan keahlian berkomunikasi, telah teruji untuk kasus di Indonesia, khususnya pengusaha perak etnik Jawa dan Padang. Penulis berharap keberadaan teori-teorii komunikasi bisnis antarbudaya semakin berkembang di Indonesia.

Keywords


kompetensi komunikasi lintasbudaya; stereotip antaretnik

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Bachrudin, Achmad dan Harahap L. Tobing, 2003, Analisis Data untuk Penelitian Survai: Lisrel 8, Jurusan Statistika UNPAD, Bandung.

Creswell, John W., 2003, Research Design, Qualitative and Quantitative Approaches, (Terjemahan) KIK Press, Jakarta.

Ferdinand, Augusty, 2000, Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gudykunst,William B and Young Yun Kim, 1992, Communicating With Stragers An Approach To intercultural Communication,

McGraw-Hill, USA.

Hair, Joseph F., Jr., R.E Anderson, R.L Tatham dan W.C Black, 1998, Multivariate Data Analysis, Fith Edition, Prentice-Hall International, Inc., USA.

Koestoer, Amia Luthfia R, 1999, Kompetensi Komunikasi Antarbudaya (Studi Kasus pada Proses Adaptasi Peserta Training dari Indonesia di Adelaide Australia), Tesis, Program Studi Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Indonesia, Jakarta.

Kusnendi, 2005, Konsep dan Aplikasi Model Persamaan Struktural (SEM) dengan Program LISREL 8, Badan Penerbit JPE, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Lestari, Puji, dkk, 2006, Implikasi Stereotip Antaretnik terhadap Kompetensi Komunikasi Bisnis Antarbudaya di Kalangan Pengusaha Perak Jawa dan Cina, Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi Volume 4, Nomor 3, September-Desember 2006,

Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta.

Lestari, Puji, 2006, Membangun Komunikasi Antaretnik, Pemberitaan Ilmiah Percikan, Ikatan Keluarga Besar Universitas

Jambi, Volume 70 Edisi November 2006.

Lestari, Puji, 2006, Stereotip dan Kompetensi Komunikasi Bisnis Antarbudaya Bali dan cina, Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas

Atmajaya Yogyakarta, Volume 4 Nomor 1, Juni 2007.

Lestari, Puji, 2006, Implikasi Stereotip antaretnik terhadap Kompetensi Komunikasi Bisnis Antarbudaya (Studi di Kalangan Pengusaha Perak Etnik Jawa, Bali, dan Cina), Disertasi, Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Bandung.

Lewis D. Richard, 1997, Menjadi Manajer Era Global, Editor Deddy Mulyana, Remaja Rosdakarya, Bandung.

_______, 2004, Komunikasi Bisnis Lintas Budaya, Pengantar Deddy Mulyana, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyana, Deddy dan Jalaludin Rakhmat, 2000, Komunikasi Antarbudaya Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyana, Deddy, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Rosda, Bandung.

Muhammady, Fauzanah Fauzan El, 2001, Kompetensi Komunikasi Antarbudaya dalam Proses Interaksi Kaum Pedagang (Studi Kasus pada Proses Interaksi Kaum Pedagang Etnis Padang dan Etnis Sunda di Pasar Mayestik Jakarta Selatan), Tesis, Program Studi Ilmu Komunikasi Pascasarjana Universitas Indonesia, Jakarta.

Purwadi, Budi, 2000, Riset Pemasaran Implementasi dalam Bauran Pemasaran, Grasindo, Jakarta.

Rahardjo, Turnomo, 2005, Menghargai Perbedaan Kultural, Mindfulness dalam Komunikasi Antaretnis, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Rich, Andrea L, 1974, Interacial Communication, Harper dan Row Publishers, New York.

Saifuddin Azwar, 2003, Penyusunan Skala Psikologi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Samovar, Larry A. dan Richard E. Porter, 2000, Intercultural Communication A Reader, Ninth Edition, Wadsworth Publishing

Company, Belmont, CA.

Susetyo, Budi, 2003, Stereotip dan Relasi Antaretnis China dan Jawa pada Mahasiswa di Semarang, JPS Jurnal Psikologi Sosial

Volume 10 nomor 3 Desember 2003, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Jakarta.

Verderber, F. Rudolph dan Kathleen S.Verderber, 1998, Inter-Act Using Interpersonal Communication Skills, Wadsworth Publishing

Company, Belmont, CA.

Warnaen, Suwarsih, 2002, Stereotip Etnis dalam Masyarakat Multietnis, Penerbit Mata Bangsa, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v9i3.3435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats