Normalitas Perempuan dalam Iklan Pond’s

Authors

  • Tatag Handaka Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB), Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v9i3.3438

Keywords:

iklan, mitos, normalitas, perempuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti makna pesan pada 22 iklan Pond’s yang disiarkan melalui media televisi. Teori komunikasi yang digunakan adalah Teori Tanda dari Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah semiotika dan paradigma penelitian kritis (critical paradigm). Hasil analisis data menunjukkan bahwa pesan dalam iklan mengandung pesan denotatif, konotatif, dan mitos, terutama apabila pesan itu diulang secara terus-menerus. Warna putih adalah mitos. Penanda putih bisa diamati dalam setiap iklan Pond’s baik berupa kulit wajah, kulit tubuh bintang iklan, tulisan, narasi, latar, maupun lirik lagu yang mengiringinya. Dalam mitos putih, terdapat normalitas perempuan. Putih Pond’s telah menormalisasi perempuan untuk memiliki wajah dan kulit putih. Kulit putih adalah kulit ideal bagi perempuan, maka apapun warna kulit perempuan saat ini, idealnya kulit mereka harus menjadi putih. Selain kulit putih ideal, juga ada kulit putih fresh look, kulit putih kilau mutiara, kulit putih yang bersinar, dan kulit putih sampai ke ujung kaki. Subjek kuasa dalam normalitas ini bersifat anonim. Iklan Pond’s menunjukkan bahwa kuasa itu berasal dari laki-laki, anak laki-laki, perempuan itu sendiri, temanteman perempuan, ibu mertua, keluarga calon mertua, dan dari Pond’s.

References

Barker, Chris, 2004, Cultural Studies : Teori dan Praktik, Penerbit Kreasi Wacana, Yogyakarta.

Barthes, Roland, 1983, Mythologies, Granada Publishing Limited, London.

Bertens, K., 2002, Filsafat Barat Kontemporer : Inggris-Jerman, Gramedia, Jakarta.

Brown, Mary Ellen (ed), 1991, Television and Women’s Culture: the Politics of the Popular, SAGE Publications, London.

Durham, Meenakshi Gigi and Douglas Kellner (ed), 2002, Media and Cultural Studies: Key Works, Blackwell Publishers.

Foucault, Michel, 2002, Power/Knowledge: Wacana Kuasa/Pengetahuan, Bentang Budaya, Yogyakarta.

Gamble, Sarah (ed), 2001, Feminism and Postmodernism, Routledge, London.

Griffin, E.M., 2003, A First Look at Communication Theory, Fifth Edition, The McGraw-Hill Companies, USA.

Haryatmoko, 2003, Etika Politik dan Kekuasaan, Penerbit Buku Kompas, Jakarta.

Jackson, Stevi and Jackie Jones, 1998, Contemporary Feminist Theory, University Press, New York.

Lindlof, Thomas R., 1995, Qualitative Communication Research Methods, SAGE Publications, USA.

Littlejohn, Stephen W., 2002, Theories of Human Communication, Seventh Edition, Wadsworth Thomson Learning, USA.

McFall, Liz, 2004, Advertising : A Cultural Economy, SAGE Publications Ltd., London, UK.

Neuman, William Lawrence, 2000, Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches, Allyn&Bacon, USA.

Noth, Winfried, 1990, Handbook of Semiotics, Indiana University Press, USA.

Prabasmoro, Aquarini Priyatna, 2003, Becoming White : Representasi Ras, Kelas, Feminitas dan Globalitas dalam Iklan Sabun, Jalasutra, Yogyakarta.

Sudjiman, Panuti dan Aart van Zoest, 1996, Serba-Serbi Semiotika, Penerbit

Gramedia, Jakarta.

Tong, Rosemarie Putnam, 2005, Feminist Thought: Pengantar Paling Komprehensif kepada Arus Utama Pemikiran Feminis, Jalasutra, Yogyakarta.

Van Leeuwen, Theo, 2005, Introducing Social semiotics, Routledge, New York.

Van Zoonen, Liesbet (1994), Feminist Media Studies, SAGE Publication, London.

Dewi, Machya Astuti, 2009, Media Massa dan Penyebaran Isu Perempuan, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 7, Nomor 3, September-Desember 2009, Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta.

Rahmawati,, Alvi Septi, Sigit Tripambudi dan Puji Lestari, 2010, Bias Gender dalam Iklan Attack Easy di Televisi, Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 8, Nomor 3, September-Desember 2010, Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran”, Yogyakarta.

www.kompas.com/kesehatan/news

www.google.com/senior/kesehatan

www.marketingmadness.com

Published

2020-06-01

Issue

Section

Artikel