Kajian Produksi Pesan Iklan Ambient Media
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v9i3.3441Keywords:
iklan ambient media, pengetahuan isi, pengetahuan procedural, pengetahuan konteks.Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengetahuan-pengetahuan yang digunakan kreator dalam memproduksi pesan iklan ambient media dan membandingkannya dengan teori produksi pesan Action Assembly Theory dari John Greene. Dengan menggunakan metode kualitatif-eksploratoris melalui pendekatan interpretif, peneliti mewawancarai secara mendalam beberapa subjek atau informan yakni kreator iklan ambient media dari berbagai latar belakang yaitu; pengarah kreatif eksekutif dan mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) yang karya iklan ambient media-nya pernah memenangkan lomba. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa kreator iklan ambient media menggunakan pengetahuan subjektif yang berasal dari pengalaman pribadi dan pengetahuan objektif yang berasal dari kalimat (brief) kreatif sebagai pengetahuan isi (content knowledge) dalam memproduksi iklan ambient media. Peneliti juga menemukan bahwa content knowledge dan procedural knowledge seperti yang terdapat dalam Action Assembly Theory, kreator iklan ambient media juga menggunakan context knowledge dalam memproduksi pesan, bahkan pengetahuan ini memiliki peran sangat penting dalam membentuk pengalaman khalayak konsumen terhadap pesan yang merupakan ciri khas iklan ambient media.References
Campbell, Richard, Christopher R. Martin & Bettina Fabos, 2006, Media & Culture An Introduction to Mass Communication. 5th Edition, Bedford, Boston, USA.
Cappo, Joe, 2003, The Future of Advertising: New Media, New Clients, New Consumersin The Post-Television Age, Crain Communication, USA.
Craig, Robert T, 1999, Communication Theory as A Field, International Communication Association. Cresswell, John W, 1998, Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions, Sage, USA.
Hackley, Chris, 2003, Doing Research Projects in Marketing, Management and Consumer Research, Routledge, London.
Jewler A. Jerome & Drewniany Bonnie L, 2005, Creative Strategy in Advertising, Thomson Wadsworth, CA, USA.
Lindlof, Thomas R. & Bryan C. Taylor, 2002, Qualitative Communication Research Methods, 2nd Edition, California, Sage Publications, USA.
Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss, 2005, Theories of Human Communication, 8th Edition, Thomson, USA.
Mann, C & Stewart, F, 2000, Internet Communication and Qualitative Research: A Handbook for Researching Online, Sage, London.
Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell & William Wells, 2009, Advertising: Principles and Practice, 8th Edition, Pearson Prentice-Hall, New Jersey, USA.
Schiffman, Leon G. & Kanuk, Leslie Lazar, 2007, Consumer Behaviour (Ninth Edition), Pearson Prentice, New Jersey.
Sherry, John & Robert V. Kozinets, 2001, “Qualitative Inquiry in Marketing and Consumer Research” dalam Kellogg on Marketing, Ed: Dawn Iacobucci,John Wiley and Son, New York.
Wijaya, Bambang Sukma, 2011, Iklan Ambient Media: Konsep, Strategi Pesan dan Implementasi, UB Press, Jakarta.
Bungin, Burhan, 2000, Konstruksi Sosial Media Massa: Makna Realitas Sosial Iklan Televisi dalam Masyarakat Kapitalistik, Disertasi Universitas Airlangga.
http://campus.hec.fr/profs/vanhuele/AmbientAdv.htm, 6 Juli 2008.
http://finance.groups.yahoo.com/group/marketingclub/,8 Oktober 2008.
http://www.komunikasiana.com, 9 Januari 2012.
Luxton, Sandra, Lachlan Drummond, 2000, What is This Thing Called ‘Ambient Advertising’? dalam Visionary Marketing for the 21st Century: Facing the Challenge, 2000, Australia.
Wicaksono, Endarso, M. Edy Susilo dan Puji Lestari, 2008, Iklan Luar Ruang: Antara Kepentingan Ekonomi dengan Kepentingan Publik, Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi, volume 6 nomor 2 tahun 2008, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta.
Wijaya, Bambang Sukma, 2011, Model Komunikasi Berasa dalam Periklanan: Kajian Mengenai Iklan Ambient Media Sebagai Salah Satu Bentuk Komunikasi Pemasaran Alternatif, Jurnal UltimArt, Vol. III, No. 1, Maret 2011, Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.