Kajian Produksi Pesan Iklan Ambient Media

Bambang Sukma Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengetahuan-pengetahuan yang digunakan kreator dalam memproduksi pesan iklan ambient media dan membandingkannya dengan teori produksi pesan Action Assembly Theory dari John Greene. Dengan menggunakan metode kualitatif-eksploratoris melalui pendekatan interpretif, peneliti mewawancarai secara mendalam beberapa subjek atau informan yakni kreator iklan ambient media dari berbagai latar belakang yaitu; pengarah kreatif eksekutif dan mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) yang karya iklan ambient media-nya pernah memenangkan lomba. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa kreator iklan ambient media menggunakan pengetahuan subjektif yang berasal dari pengalaman pribadi dan pengetahuan objektif yang berasal dari kalimat (brief) kreatif sebagai pengetahuan isi (content knowledge) dalam memproduksi iklan ambient media. Peneliti juga menemukan bahwa content knowledge dan procedural knowledge seperti yang terdapat dalam Action Assembly Theory, kreator iklan ambient media juga menggunakan context knowledge dalam memproduksi pesan, bahkan pengetahuan ini memiliki peran sangat penting dalam membentuk pengalaman khalayak konsumen terhadap pesan yang merupakan ciri khas iklan ambient media.

Keywords


iklan ambient media, pengetahuan isi; pengetahuan procedural; pengetahuan konteks.

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Campbell, Richard, Christopher R. Martin & Bettina Fabos, 2006, Media & Culture An Introduction to Mass Communication. 5th Edition, Bedford, Boston, USA.

Cappo, Joe, 2003, The Future of Advertising: New Media, New Clients, New Consumersin The Post-Television Age, Crain Communication, USA.

Craig, Robert T, 1999, Communication Theory as A Field, International Communication Association. Cresswell, John W, 1998, Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions, Sage, USA.

Hackley, Chris, 2003, Doing Research Projects in Marketing, Management and Consumer Research, Routledge, London.

Jewler A. Jerome & Drewniany Bonnie L, 2005, Creative Strategy in Advertising, Thomson Wadsworth, CA, USA.

Lindlof, Thomas R. & Bryan C. Taylor, 2002, Qualitative Communication Research Methods, 2nd Edition, California, Sage Publications, USA.

Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss, 2005, Theories of Human Communication, 8th Edition, Thomson, USA.

Mann, C & Stewart, F, 2000, Internet Communication and Qualitative Research: A Handbook for Researching Online, Sage, London.

Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell & William Wells, 2009, Advertising: Principles and Practice, 8th Edition, Pearson Prentice-Hall, New Jersey, USA.

Schiffman, Leon G. & Kanuk, Leslie Lazar, 2007, Consumer Behaviour (Ninth Edition), Pearson Prentice, New Jersey.

Sherry, John & Robert V. Kozinets, 2001, “Qualitative Inquiry in Marketing and Consumer Research” dalam Kellogg on Marketing, Ed: Dawn Iacobucci,John Wiley and Son, New York.

Wijaya, Bambang Sukma, 2011, Iklan Ambient Media: Konsep, Strategi Pesan dan Implementasi, UB Press, Jakarta.

Bungin, Burhan, 2000, Konstruksi Sosial Media Massa: Makna Realitas Sosial Iklan Televisi dalam Masyarakat Kapitalistik, Disertasi Universitas Airlangga.

http://campus.hec.fr/profs/vanhuele/AmbientAdv.htm, 6 Juli 2008.

http://finance.groups.yahoo.com/group/marketingclub/,8 Oktober 2008.

http://www.komunikasiana.com, 9 Januari 2012.

Luxton, Sandra, Lachlan Drummond, 2000, What is This Thing Called ‘Ambient Advertising’? dalam Visionary Marketing for the 21st Century: Facing the Challenge, 2000, Australia.

Wicaksono, Endarso, M. Edy Susilo dan Puji Lestari, 2008, Iklan Luar Ruang: Antara Kepentingan Ekonomi dengan Kepentingan Publik, Jurnal Ilmu Komunikasi Terakreditasi, volume 6 nomor 2 tahun 2008, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta.

Wijaya, Bambang Sukma, 2011, Model Komunikasi Berasa dalam Periklanan: Kajian Mengenai Iklan Ambient Media Sebagai Salah Satu Bentuk Komunikasi Pemasaran Alternatif, Jurnal UltimArt, Vol. III, No. 1, Maret 2011, Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v9i3.3441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats