Model Komunikasi Krisis Pelayanan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3509Keywords:
Model Komunikasi Krisis, Pelayanan Pasien BPJS, Rumah Sakit Umum Daerah WonosariAbstract
Krisis muncul akibat kurang tepatnya penanganan organisasi dalam kasus-kasus tertentu, seperti di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari yang mengalami krisis pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model komunikasi krisis pelayanan pasien BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari dalam mengelola persepsi negatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teori komunikasi situasi krisis dan teori apologia. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menemukan model komunikasi krisis pelayanan pasien BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. Substansi penelitian ini berupa model komunikasi krisis pelayanan pasien BPJS kesehatan di rumah sakit umum daerah yang dapat diterapkan di rumah sakit lain.References
Akhirianto, N. A. (2017). Community Based Landslide Disaster Risk Reduction a Design Concept. Jurnal Sains Dan Teknologi Mitigasi Bencana, 12(1), 32–43.
Coombs, W. T. (2004). Impact of Past Crises on Current Crisis Communication: Insights From Situational Crisis Communication Theory. The Journal of Business Communication (1973), 41(3), 265–289. https://doi.org/10.1177/0021943604265607
Coombs, W. Protecting Organization Reputations During a Crisis: The Development and Application of Situational Crisis Communication Theory. Corp Reputation Rev 10, 163–176 (2007). https://doi.org/10.1057/palgrave.crr.1550049
Firdayanti, R. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-commerce Dengan Kepercayaan Konsumen dalam Mmebeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(1), 1–7.
Hartiana, T. I. P. (2014). Citra Perusahaan Dalam Berita Krisis Perusahaan. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(2), 126–137. https://doi.org/10.24198/jkk.vol2n2.3
Juneza, R. R. D., & Purworini, D. (2016). Respon Para Disabilitas terhadap Komunikasi Krisis BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Tim SAR Klaten Tahun 2016. Jurnal Profetik, 9(1), 80–96. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/pjk.v9i1.1192
Koswara, A. (2014). KOMUNIKASI KRISIS: ANALISIS UPAYA RESPON KRISIS TELUK MEKSIKO DARI PERSPEKTIF PUBLIC RELATIONS. Edutect, 1(1), 107–131. https://doi.org/doi.org/10.17509/edutech.v13i1.3224
Partao, Z. A. (2005). Optimalisasi Fungsi Media Relations untuk Keberhasilan Komunikasi Krisis. Jurnal Komunikologi, 2(1), 8–21.
Purwaningwulan, M. M. (2013). Public relation dan manajemen krisis. Majalah Ilmiah UNIKOM, 11(2), 166–175.
Rahayu, B. S., & Saryanti, E. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Hubungan Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah. Jurnal ADVANCE, 1(2), 11–25.
Salma, A. N. (2017). Berkomunikasi Saat Krisis: Strategi Penggunaan Media Internet dalam Menghadapi Krisis di Era Digital. In Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi (Vol. 01, pp. 53–65). Retrieved from http://pknk.org/index.php/PKNK/article/view/47/52
Sellnow, T. L., & Seeger, M. W. (2013). Theorizing Crisis Communication. (E. D. S. (University of C. S. B. James Aune (Texas A&M University); Robert T. Craig (University of Colorado at Boulder); Leah Lievrouw (University of California Los Angeles); Alan Rubin (Kent State University, Ed.), The British Journal of Psychiatry (First, Vol. 111). West Sussex, PO19 8SQ, UK: Wilet-Blackwell: A John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1192/bjp.111.479.1009-a
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172
Wilandari, R. (2017). Respon Krisis Keraton Kasunanan Surakarta Dalam Media. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(1), 41–46. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i1.2932
Yanuar, D. (2017). Kekuatan Integrated Communication untuk Membangun Reputasi dalam Menghadapi Krisis. Jurnal Komunikasi Global, 6(1), 1–14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.