Model Komunikasi Krisis Pelayanan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah

Jeanneth Priscilla, Puji Lestari

Abstract


Krisis muncul akibat kurang tepatnya penanganan organisasi dalam kasus-kasus tertentu, seperti di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari yang mengalami krisis pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model komunikasi krisis pelayanan pasien BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari dalam mengelola persepsi negatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teori komunikasi situasi krisis dan teori apologia. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menemukan model komunikasi krisis pelayanan pasien BPJS Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. Substansi penelitian ini berupa model komunikasi krisis pelayanan pasien BPJS kesehatan di rumah sakit umum daerah yang dapat diterapkan di rumah sakit lain.

Keywords


Model Komunikasi Krisis; Pelayanan Pasien BPJS; Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Akhirianto, N. A. (2017). Community Based Landslide Disaster Risk Reduction a Design Concept. Jurnal Sains Dan Teknologi Mitigasi Bencana, 12(1), 32–43.

Coombs, W. T. (2004). Impact of Past Crises on Current Crisis Communication: Insights From Situational Crisis Communication Theory. The Journal of Business Communication (1973), 41(3), 265–289. https://doi.org/10.1177/0021943604265607

Coombs, W. Protecting Organization Reputations During a Crisis: The Development and Application of Situational Crisis Communication Theory. Corp Reputation Rev 10, 163–176 (2007). https://doi.org/10.1057/palgrave.crr.1550049

Firdayanti, R. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-commerce Dengan Kepercayaan Konsumen dalam Mmebeli Produk Fashion Online. Journal of Social and Industrial Psychology, 1(1), 1–7.

Hartiana, T. I. P. (2014). Citra Perusahaan Dalam Berita Krisis Perusahaan. Jurnal Kajian Komunikasi, 2(2), 126–137. https://doi.org/10.24198/jkk.vol2n2.3

Juneza, R. R. D., & Purworini, D. (2016). Respon Para Disabilitas terhadap Komunikasi Krisis BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan Tim SAR Klaten Tahun 2016. Jurnal Profetik, 9(1), 80–96. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/pjk.v9i1.1192

Koswara, A. (2014). KOMUNIKASI KRISIS: ANALISIS UPAYA RESPON KRISIS TELUK MEKSIKO DARI PERSPEKTIF PUBLIC RELATIONS. Edutect, 1(1), 107–131. https://doi.org/doi.org/10.17509/edutech.v13i1.3224

Partao, Z. A. (2005). Optimalisasi Fungsi Media Relations untuk Keberhasilan Komunikasi Krisis. Jurnal Komunikologi, 2(1), 8–21.

Purwaningwulan, M. M. (2013). Public relation dan manajemen krisis. Majalah Ilmiah UNIKOM, 11(2), 166–175.

Rahayu, B. S., & Saryanti, E. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Hubungan Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah. Jurnal ADVANCE, 1(2), 11–25.

Salma, A. N. (2017). Berkomunikasi Saat Krisis: Strategi Penggunaan Media Internet dalam Menghadapi Krisis di Era Digital. In Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi (Vol. 01, pp. 53–65). Retrieved from http://pknk.org/index.php/PKNK/article/view/47/52

Sellnow, T. L., & Seeger, M. W. (2013). Theorizing Crisis Communication. (E. D. S. (University of C. S. B. James Aune (Texas A&M University); Robert T. Craig (University of Colorado at Boulder); Leah Lievrouw (University of California Los Angeles); Alan Rubin (Kent State University, Ed.), The British Journal of Psychiatry (First, Vol. 111). West Sussex, PO19 8SQ, UK: Wilet-Blackwell: A John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1192/bjp.111.479.1009-a

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1172

Wilandari, R. (2017). Respon Krisis Keraton Kasunanan Surakarta Dalam Media. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(1), 41–46. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i1.2932

Yanuar, D. (2017). Kekuatan Integrated Communication untuk Membangun Reputasi dalam Menghadapi Krisis. Jurnal Komunikasi Global, 6(1), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats