Studi Fenomenologi: Penggunaan Aplikasi Weverse Shop oleh ARMY
Abstract
Aplikasi Weverse Shop merupakan teknologi media baru yang menghadirkan komunitas baru untuk saling berkomunikasi berbagai bentuk budaya pop. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis konstruksi sosial teknologi dalam perkembangan teknologi yang terjadi di media baru serta penggunaan aplikasi Weverse Shop. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengadopsi pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara individu semi-terstruktur terhadap empat orang Indonesia berusia 21-28 tahun yang menggunakan smartphone, berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek), penggemar BTS, mengumpulkan album atau merchandise, mengunduh dan menggunakan aplikasi, serta studi pustaka. Hasil penelitian ini menghasilkan lima tema utama kemunculan dan penggunaan aplikasi Weverse Shop, yaitu: (1) Antusiasme kehadiran aplikasi; (2) Penggunaan dan pengembangan aplikasi; (3) Pemilihan untuk penggunaan aplikasi; (4) Alasan pembelian barang koleksi menggunakan aplikasi, dan (5) Aplikasi Weverse Shop sebagai salah satu bentuk konstruksi teknologi sosial, Substansi penelitian ini memberikan kontribusi berupa rekomendasi kebijakan baru mengenai penggunaan teknologi aplikasi berbasis e-commerce sebagai wawasan baru yang tercipta akibat konstruksi sosial, dan digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan fandom.
Keywords
Full Text:
PDF (INDONESIAN)References
Akhmad, R. A., Unde, A. A., & Cangara, H. (2018). Fenomenologi Penggunaan Televisi Dan Media Sosial Dalam Menyikapi Budaya Pop Korea Di Kalangan Remaja Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(1). doi: http://dx.doi.org/10.31947/kareba.v7i1.5246
Andina, A. N. (2019). Hedonisme Berbalut Cinta dalam Musik K-Pop. Syntax Idea, 1(8), 38-49. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v1i8.100
Bangun, C. R. (2019). Participatory Culture: A Study On Bangtan Boys Fandom Indonesia. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(2). doi:https://doi.org/10.24090/komunika.v13i2.2539
Booth, P. (2010). Digital Fandom: New Media Studies. (Peter Lang (ed.)).
Cavicchi, D. (1998). Tramps Like Us: Music and Meaning among Springsteen Fans. New York and Oxford: Oxford University Press.
Creswell, J. W. (2009). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.
Croteau, D., & Hoynes, W. (2019). Media / Society: technology, industries, content, and users.
Dewey, J. (1929). Experience And Nature. George Allen And Unwin, Limited.
Duffet, M. (2013). Understanding Fandom: An Introduction to the Study of Media Fan Culture. Bloomsbury Academic.
Dwivedi, Yogesh K, B. L. (ed). (2009). Handbook of Research on Contemporary Theoretical Models in Informatin Systems. IGI Global.
George, O. (2020). "ARMY, I'm Home!": Digital Community and Mediated Intimacy in K-Pop Fandom". Honors Theses. 1487. https://egrove.olemiss.edu/hon_thesis/1487
Gemmil, A. (2018). BTS Raised $1.4 Million for UNICEF With "Love Myself" Campaign. https://www.google.co.id/amp/s/www.teenvogue.com/story/bts-raised-14-million-unicef-love-myself-campaign/amp
Hasanah, E., Zamroni, Z., Dardiri, A., & Supardi, S. (2019). Indonesian Adolescents Experience of Parenting Processes that Positively Impacted Youth Identity. The Qualitative Report, 24(3), 499-512. Diakses dari https://nsuworks.nova.edu/tqr/vol24/iss3/5
Ingham, T. (2019). BTS Label Big Hit Entertainment Turned Over $166m In H1 2019 – Close To Its Revenues In The Whole Of 2018. Music Business Worldwide. https://www.musicbusinessworldwide.com/bts-label-big-hit-entertainment-turned-over-166m-in-h1-2019-close-to-its-revenues-in-the-whole-of-2018/
Jääskeläinen, P. (2019). BRAND VS BAND: Global Marketing Analysis on Two K-pop Groups, NCT and BTS. Thesis. Savonia University of Applied Sciences.
Jeong, J. S., Lee, S. H., & Lee, S. G. (2017). When Indonesians routinely consume Korean pop culture: Revisiting Jakartan fans of the Korean drama Dae Jang Geum. International Journal of Communication, 11, 2288–2307.
Jin, D. Y., (2020). The Korean Wave. Georgetown Journal of International Affairs. https://gjia.georgetown.edu/2020/05/26/the-korean-wave/
Kaddi, S., Lestari, P., & Adrian, D. (2020). Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Coronavirus Disease 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 63-74. doi: https://doi.org/10.31315/jik.v18i1.3701
Kvale, S. (1996). Interviews: An introduction to qualitative research interviewing. Thousand Oaks, CA: Sage.
Latuheru, M. N., & Irwansyah. (2018). Aplikasi traveloka sebagai bentuk konstruksi sosial teknologi media baru. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(2), 46–57.
Laudon, K. C. (2016). E-commerce 2016: Business, Technology, Society, 12/E, Global Edition. papers3://publication/uuid/544EF649-B102-4CD3-B7FF-D8B1ACF34666
Leung, S. (2012). Catching the K-Pop Wave: Globality in the Production, Distribution, and Consumption of South Korean Popular Music. Senior Capstone Projects. 149. http://digitalwindow.vassar.edu/senior_capstone/149
Liu, C. Z., Au, Y. A., & Choi, H. S. (2014). Effects of Freemium Strategy in the Mobile App Market: An Empirical Study of Google Play. Journal of Management Information Systems, 31(3), 326–354. doi: https://doi.org/10.1080/07421222.2014.995564
McCudden, M. L. (2011). Degrees Of Fandom: Authenticity & Hierarchy In The Age Of Media Convergence. University of Kansas.
McQuail, D. (2010). Mass communication theory: An introduction. Social Science Information Studies, 4(4). doi: https://doi.org/10.1016/0143-6236(84)90039-5
Mehta, S. (2019). How the man behind K-pop sensation BTS is reinventing the music business. Fast Company. https://www.fastcompany.com/90407084/how-the-man-behind-k-pop-sensation-bts-is-reinventing-the-music-business
Mizanie, D., & Irwansyah, I. (2019). Penggunaan Social Network Site (SNS) Instagram Sebagai Media Pemasaran Geriliya Digital. Jurnal Komunikasi, 10(2), 89–98. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i2.5655
MT, M. F. (2020). Peranan Teknologi Audiovisual dalam Fenomena Hallyu sebagai Budaya dan Gaya Hidup Remaja di Jakarta. Jurnal Dinamuka Sosial Budaya, 22(2), 184-201. doi: http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v22i2.2729
Muhammad, W. A. (2013). Fenomena Hallyu (Gelombang Korean-Pop/K-Pop) dan Dampaknya di Indonesia. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 15(1)
Nandiwardhana, B. (2020). Studi Literatur Korean Wave, Pop Culture, dan Konstruksi Perilaku Konsumerisme Fans. Media Bina Ilmiah, 15(4), 4303-4310. doi: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i4
Nathalia, H. B., & Irwansyah. (2018). Aplikasi Transportasi Online GO-JEK Bentuk dari Konstruksi Sosial Teknologi dalam Media Baru. MediaTor, 11(2), 227-235.
Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative.
Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., & Rahmaji, F. (2020). Dampak Konsumerisme Budaya Korea (K-Pop) di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Humaniora, 21(1), 78-88.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.
Nurhadi, W., & Irwansyah. (2018). Crowdfunding Sebagai Konstruksi Sosial Teknologi dan Media Baru. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(2), 01-12.
Prasanti, R. P., & Dewi, A. I. N. (2020). Dampak Drama Korea (Korean Wave) terhadap Pendidikan Remaja. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 256-269. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4752
Ruthllianie, J., & Candraningrum, D. A. (2020). Studi tentang Motivasi ARMY Jakarta dalam Membeli Merchandise Idola (Studi Kasus Kaos Uniqlo X BTS). Prologia. 4(1), 128-134. doi: http://dx.doi.org/10.24912/pr.v4i1.6449
Setyani, A. H., & Azhari, M. Z. (2020). Pengaruh Korean Wave dan Ulasan Online terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 67-74.
Simbar, F. K. (2016). Fenomena Konsumsi Budaya Korea pada Anak Muda di Kota Manado. Jurnal Holistik, 10(18), 1-20.
Starks, H., & Trinidad, S. B. (2007). Choose your method: A comparison of phenomenology, discourse analysis, and grounded theory. Qualitative Health Research, 17(10), 1372-1380. doi:10.1177/1049732307307031
Sun-hwa, D. (2020). Big Hit's fan community 'Weverse' hits 10 million downloads. The Korean Times. Diakses dari https://m.koreatimes.co.kr/pages/article.asp?newsIdx=293971
Tanpli, Y. E. (2020). Pengaruh pada Iklan Celebrity Endorser BTS terhadap Impulsive Buying Behavior pada Remaja di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3457–3463. doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.870
Wong, D., Jeong, K. Y., Lysloff, R. T. A., & Ritter, J. (2017). University Of California K-Popping : Korean Women, K-Pop, and Fandom A Dissertation submitted in partial satisfaction of the requirements for the degree of Doctor of Philosophy in Music by Jungwon Kim December 2017 Dissertation Committee : December.
Wuryanta, E. W. (2012). Di antara Pusaran Gelombang Korea (Menyimak Fenomena K-Pop di Indonesia). Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 79-94. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v4i2.209
Yoon, K. (2019). Transnational fandom in the making: K-pop fans in Vancouver. International Communication Gazette, 81(2), 176–192. doi: https://doi.org/10.1177/1748048518802964
Yuliarti, M. (2020). Demokrasi dan Media Baru: Memotret Maskulinitas dalam Pemberitaan Online Tentang Selfie Pemilu. Jurnal ASPIKOM, 5(1), 27–35. doi: http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v5i1.440
Zubair, A. (2010). Fenomena Facebook: Keterlibatan Teknologi Komunikasi dalam Perkembangan Komunikasi Manusia. Jurnal Aspikom, 1(1), 60-70
DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v18i3.3527
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi
Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:
Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)
Alamat:
Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268
Fax: (0274)487147
Email: jik@upnyk.ac.id