Model Komunikasi, Sifat Arogansi dan Etika Komunikasi Pemerintah Menuju Pelayanan Publik Prima

Akhirul Aminulloh, Dody Setyawan, Fahmi Fauzan

Abstract


Perilaku arogan aparat pemerintah negara secara signifikan mempengaruhi sikap arogansi terhadap masyarakat. Karena itu solusi diperlukan untuk memecahkan atas masalah arogansi dan ketidakpedulian aparat pemerintah terhadap masyarakat. Pada gilirannya, komunikasi dan etika dalam pelayanan publik seharusnya dioptimalkan, menjadi efektif dan efisien.Komunikasi dan etika dalam pelayanan publik bagi aparat pemerintah diperlukan untuk membangun hubungan harmonis antara pegawai pemerintah sebagai aparat pemerintah dan masyarakat. Untuk mendukung hal ini, kebijakan lokal pemerintah diputuskan melalui penyerapan aspirasi masyarakat, dan masyarakat akan berpartisipasi di dalamnya karena kebijakan lokal yang diputuskan tersebut mereka merasa terlibat dan dilibatkan. Penelitian ini dilakukan di Malang Raya dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Penentuan sampling menggunakan sampling purposive.Data dianalisis dengan menggunakan SPSS untuk menguji hipotesis dalam setiap alur dari masing-masing variabel. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel komunikasi dan etika dalam pelayanan pemerintah secara signifikan mempengaruhi pelayanan publik. Demikian pula sebaliknya, sikap arogansi dan apatis masyarakat mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap pelayanan masyarakat.

Keywords


komunikasi, etika, tata laku pemerintah, apatis, pelayanan publik

References


Aminulloh, Akhirul. 2010. Komunikasi Politik Dakwah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada Pemilu Legislatif 2009. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 8, No. 1, April 2010. Diterbitkan UPN-Veteran. Yogyakarta.

Blumler, Jay and Kavanah, Dennis, “TheThird Age of Political Communication” in Ralp Negrine and James Stanyer, 2007, The Political Communication Reader, London:Routledge

Dahlan,Alwi, 1990, Perkembangan Komunikasi Politik Sebagai Bidang Kajian, Jurnal Ilmu Politik 6, Jakarta:PTGramedia

Pace, R Wayne and Faules,Don F, 1994, Organizational Communication, New Jersey:Prentice Hall

Rusmiwari, Sugeng. 2011. Korelasi Perilaku Arogansi Legislatif terhadap sikap apatisme masyarakat. Jurnal Reformasi, Volume 01 Nomer 01. Diterbitkan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Yulianto, Muchamad. 2009. Grapevine, Demokrasi dan Komunikasi Politik dalam Pilkada. Jurnal Komunikator, Vol. 1, No. 1, Mei 2009. Diterbitkan Universitas Muhammadiyah Jogyakarta

Kompas, 28 Desember 2009

Jawa Pos, 24 Maret 2009. Opini, Ironi Wakil Rakyat. Kacung Marijan.

Republika, 24 Desember 2010. Pernyataan ketua DPR RI Marzuki Ali.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v12i2.372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats