Kajian Webblog sebagai Desentralisasi Informasi Ditinjau dari Perspektif Komunikasi Massa

Dewi Novianti, Wahyuni Choiriyati

Abstract


Internet sebagai media interaktif mempunyai kemampuan dalam menghubungkan, mengin-teraksikan serta mengomunikasikan berbagai macam informasi di seluruh negara menjadikan internet sebagai media komunikasi massa modern. Perspektif komunikasi merambah internet sebagai kajian penelitian media. Istilah demistifikasi yaitu adanya kesenjangan posisi internet dalam konteks sebagaimedia komunikasi massa. Terkait dengan internet dan penggunaan webblog terus meningkat dari tahun ke tahun. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian mengungkap sejauh mana peran webblog dalam perspektif kajian komunikasi massa. Secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan webblog sebagai media cyber yang multi pesan, merumuskan keberadaan Webblog dalam perspektif komunikasi massa, mengetahui eksistensi Webblog dalam desentralisasi informasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing model Robert N. Entman. Hasil penelitian menemukan bahwa Webblog ini memenuhi beberapa syarat yang menunjang terciptanya kebebasan dalam bermedia dalamranah komunikasi massa yang ditandai dengan adanya sistem kepemilikan Media bersifat otonom, personal (non institusional), praktis, dan gratis, struktur operasional pesan bersifat voluntary posting,bebas sensor, lisensi, non regulated media, terbebas dari mekanisme media routine, tidak ada gate keeping media, dan orisinalistas bisa terjaga. Sistem publikasi bersifat kritis, inovatif, dan independen.Terakhir substansi pesan memenuhi kriteria relevansi, mencukupi spesifikasi minat pembaca, lebihmendalam dengan format feature, essay yang memiliki sense of human.

Keywords


webblog, blogger, demistifikasi, analisis framing

Full Text:

PDF

References


Allan, Stuart, 2004, News Culture, Glasgow, Bell and Bain.

Eriyanto, 2001, Analisis Wacana; Pengantar Analisis Teks Media, LKiS; Yogyakarta.

Herman, Achmad dan Jimmy Nurdiansa, 2010, Analisis Framing Pemberitaan KonflikIs-rael-Palestina dalam Harian Kompas dan Radar Sulteng, Jurnal Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta vol 8,No. 2 terakreditasi B.

McQuail, Dennis, 2000, Mass Communication Theory, London, McGraw Hill.

Slamet,Y.,2001, Teknik Pengambilan Sampel untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

http//www.yuanitablog.Survey,html, 01 Maret 2007

http//www.enda.Webbloghistory,html, 01 Maret 2007

“Merriam Webster Dictionary”, (online), pada ;http://www.m-w.com,02 Maret 2007

http//www.ath-tahriq.blogspot.com

http//www.subhanafifi.blogspot.com

(http://rusydafauzana.multiply.com/journa//item/17representasi_kebijakan_pubpil_dalam_pengoperasian_busway_oleh_pemerintah_DKI diunggah 01 Maret 2007)




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v10i2.3746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats