Audit Komunikasi Program Jogja Belajar Budaya

Authors

  • Fitri Trisnawati Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
  • Puji Lestari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
  • Prayudi Prayudi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v17i3.3772

Keywords:

Audit Komunikasi, Elemen Dasar Komunikasi, Jogja Belajar Budaya, Pyramid Model of Research

Abstract

Salah satu isi Undang-Undang Keistimewaan Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta adalah penjabaran keistimewaan tentang pendidikan. Hal ini menjadi tantangan besar dunia pendidikan guna mewujudkan Yogyakarta menjadi pendidikan berbasis budaya terkemuka di Asia Tenggara sesuai falsafah Hamemayu Hayunig Bawana. Terkait hal tersebut Pemda Daerah Iistimewa Yogyakarta (DIY) meluncurkan program Jogja Belajar Budaya sebagai salah satu upaya mengemban visi besar pendidikan dan pelestarian budaya Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan melakukan audit komunikasi Program Jogja Belajar Budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan audit komunikasi Program Jogja Belajar Budaya pada secara umum tahap input konsep kegiatan terencana dengan baik, namun masih ada pemahaman program yang belum sejalan dengan dokumen perencanaan. Tahap output yang merupakan tahap pelaksanaan lancar terlihat dari tujuan program yang tercapai walaupun masih ditemukan beberapa kendala dalam pelaksanaan. Tahap outcome ditemukan bahwa tujuan besar program yang diharapkan belum tercapai dilihat dari hasil yang dapat merasakan kebermanfaatan program minim.

References

Hardjana, A. (2000). Audit Komunikasi. PT. Grasindo. Jakarta.

Koesmastuti, R. H. (2015). Audit Komunikasi dalam Organisasi Budaya Timur. Jurnal Pengembangan Humaniora. 15(2)

Juditha, C. (2014). Etika Jurnalisme Bencana Dalam Berita Televisi (Bencana Gunung Berapi Sinabung Di Tvone). Jurnal Komunikasi, 6(1). http://dx.doi.org/10.24912/jk.v6i1.22

Lestari, P., Astari, D. W., & Asyrafi, A. L. (2019). Audit of Disaster Communication on TVOne Kabar Petang Program. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 4(2), 116-127. https://doi.org/10.25008/jkiski.v4i2.332

Moleong. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya

Panghegar, S. F. (2013). Audit Komunikasi Organisasi Horisontal Departemen Front Office Singgasana Hotel Surabaya. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya, 1(1)

Prayudi. (2016). Strategic Public Relation. Komunikasi UPN Press

Ramadani, D., Lestari, P., & Susilo, E. (2015). Audit Komunikasi Organisasi Wahana lingkungan Hidup (WALHI). Jurnal Ilmu Komunikasi ASPIKOM, 2(4)

Republik Indonesia. (2011). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2011 Tentang Pedoman Umum Audit Komunikasi di Lingkungan Instansi Pemerintah, Jakarta: 2011.

Downloads

Published

2020-09-23

Issue

Section

Artikel