Audit Komunikasi Program Jogja Belajar Budaya
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v17i3.3772Keywords:
Audit Komunikasi, Elemen Dasar Komunikasi, Jogja Belajar Budaya, Pyramid Model of ResearchAbstract
Salah satu isi Undang-Undang Keistimewaan Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta adalah penjabaran keistimewaan tentang pendidikan. Hal ini menjadi tantangan besar dunia pendidikan guna mewujudkan Yogyakarta menjadi pendidikan berbasis budaya terkemuka di Asia Tenggara sesuai falsafah Hamemayu Hayunig Bawana. Terkait hal tersebut Pemda Daerah Iistimewa Yogyakarta (DIY) meluncurkan program Jogja Belajar Budaya sebagai salah satu upaya mengemban visi besar pendidikan dan pelestarian budaya Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan melakukan audit komunikasi Program Jogja Belajar Budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan audit komunikasi Program Jogja Belajar Budaya pada secara umum tahap input konsep kegiatan terencana dengan baik, namun masih ada pemahaman program yang belum sejalan dengan dokumen perencanaan. Tahap output yang merupakan tahap pelaksanaan lancar terlihat dari tujuan program yang tercapai walaupun masih ditemukan beberapa kendala dalam pelaksanaan. Tahap outcome ditemukan bahwa tujuan besar program yang diharapkan belum tercapai dilihat dari hasil yang dapat merasakan kebermanfaatan program minim.
References
Hardjana, A. (2000). Audit Komunikasi. PT. Grasindo. Jakarta.
Koesmastuti, R. H. (2015). Audit Komunikasi dalam Organisasi Budaya Timur. Jurnal Pengembangan Humaniora. 15(2)
Juditha, C. (2014). Etika Jurnalisme Bencana Dalam Berita Televisi (Bencana Gunung Berapi Sinabung Di Tvone). Jurnal Komunikasi, 6(1). http://dx.doi.org/10.24912/jk.v6i1.22
Lestari, P., Astari, D. W., & Asyrafi, A. L. (2019). Audit of Disaster Communication on TVOne Kabar Petang Program. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 4(2), 116-127. https://doi.org/10.25008/jkiski.v4i2.332
Moleong. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya
Panghegar, S. F. (2013). Audit Komunikasi Organisasi Horisontal Departemen Front Office Singgasana Hotel Surabaya. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya, 1(1)
Prayudi. (2016). Strategic Public Relation. Komunikasi UPN Press
Ramadani, D., Lestari, P., & Susilo, E. (2015). Audit Komunikasi Organisasi Wahana lingkungan Hidup (WALHI). Jurnal Ilmu Komunikasi ASPIKOM, 2(4)
Republik Indonesia. (2011). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2011 Tentang Pedoman Umum Audit Komunikasi di Lingkungan Instansi Pemerintah, Jakarta: 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.