Model Manajemen Bisnis dan Komunikasi Pemasaran Stasiun Radio di Era Digital dan Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v17i3.3774Keywords:
Manajemen Bisnis, Komunikasi Pemasaran, RadioAbstract
Persaingan bisnis siaran radio semakin membuncah karena kondisi persaingan kanal yang rapat di Yogyakarta disertai dengan kondisi perubahan sosial akibat adanya revolusi 4.0. Digitalisasi dari revolusi industri 4.0 turut menurunkan jumlah pendengar radio karena lebih mudah mendapatkan informasi dan musik yang selama ini diperoleh hanya dari radio. I-Radio Jogja sebagai radio berjaringan tentunya memiliki tantangan dalam bersaing dengan pemain lama bisnis radio di Yogyakarta selain radio baru lainnya. Penelitian ini bertujuan menemukan model manajemen bisnis dan komunikasi poemasaran stasiun radio di era disgitgalisasi revolusi 4.0. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model manajemen bisnis radio harus mengedepankan konten lokal dengan menggabungkan antara acara musik dan informasi. Waktu prime time untuk kalangan muda sebagai pendengar adalah saat pagi dan sore hari. Dari sisi klien model manajemen yang ideal adalah menggunakan penawaran diskon dan mempertimbangkan keseimbangan keuntungan kedua belah pihak dengan penawaran terintegrasi dengan jaringan radio lainnya.References
Anindhita, W. (2013). Efektivitas Program Siaran Konseling Di Radio Trijaya Bagi Masyarakat Kota Yogyakarta. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 1(2), 27 – 51.
Coffey, A.J. & Cleary, J. (2011). Promotional Practices Of Cable News Networks: A Comparative Analysis Of New And Traditional Spaces. International Journal on Media Management, 13(3), 161-176.
Donthu, N. (2011). Positioning A Radio Station. Journal of Applied Business Research, 10(3), 21-27.
Edwards, E. (2019). Radio and audio in 2019. Journal of Radio & Audio Media, 27(1), 170-180.
Ivanova, I., & Deniss S. (2018). Identifying Elements of the Digital Economy Ecosystem. Journal of Business Management, 16, 5-14.
Kaelan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma
Kastaya, R. W. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Lokal Suara Surabaya, Tesis.
Keller, K. (2010). Brand Equity Management In A Multichannel, Multimedia Retail Environment. Journal of Interactive Marketing, 24, 58-70.
Kotler, A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi ke duabelas, Jakarta: Erlangga.
Kotler P., & Keller, K. (2012). Marketing Management 14th edition, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Küng, L. (2008). Strategic management in the media: Theory to practice, Sage London.
Lestari, A. P., & Sunarto. (2018). Eksistensi dan Gaya Kepemimpinan Radio Lokal. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 105-114.
Maulana, N. M. (2019). Menggali Kebijakan Penyiaran Digital di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 60-72.
Meenaghan, T. (1991). The Role of Sponsorship in the Marketing Communication Mix. Journal of Advertising, 110.
Mogel, L. (2014). This Business of Broadcasting. New York: Billboard Books.
Order, S. (2017). All the lonely people, where do they all belong:1 Community radio and social connection. Radio Journal: International Studies in Broadcast & Audio Media, 15(2), 258.
Pickton, D., & Broderick, A. (2005). Integrated Marketing Commuunications, Financial Times Prentice Hall, London.
Peter P., Michael F. S., William, E., & McCavitt. (1991). Electronic Media Management (Second Edition), Focal Press, Boston-London.
Rajagopal. (2011). Impact Of Radio Advertisements On Buying Behaviour Of Urban Commuters. International Journal of Retail & Distribution Management, 17(1), 48-59.
Shumaila, A. (2013). Impact of Advertising On Consumers' Buying Behavior Through Persuasiveness, Brand Image, And Celebrity Endorsement. Global Media Journal, 6(2), 1-6.
Undang-Undang Penyiaran Republik Indonesia No. 32 tahun 2002
Wahyudi, 2016, Dasar-Dasar Manajemen Penyiaran, Bandung: Gramedia Pustaka
https://radarcom.id/2019/02/02/diakses tanggal 12 September 2019
http://kpiddiy.com/ diakses tanggal 12 September 2019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.