Model Manajemen Bisnis dan Komunikasi Pemasaran Stasiun Radio di Era Digital dan Revolusi Industri 4.0

Sadeli Sadeli, Edwi Arief Sosiawan

Abstract


Persaingan bisnis siaran radio semakin membuncah karena kondisi persaingan kanal yang rapat di Yogyakarta disertai dengan kondisi perubahan sosial akibat adanya revolusi 4.0. Digitalisasi dari revolusi industri 4.0 turut menurunkan jumlah pendengar radio karena lebih mudah mendapatkan informasi dan musik yang selama ini diperoleh hanya dari radio. I-Radio Jogja sebagai radio berjaringan tentunya memiliki tantangan dalam bersaing dengan pemain lama bisnis radio di Yogyakarta selain radio baru lainnya. Penelitian ini bertujuan menemukan model manajemen bisnis dan komunikasi poemasaran stasiun radio di era disgitgalisasi revolusi 4.0. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model manajemen bisnis radio harus mengedepankan konten lokal dengan menggabungkan antara acara musik dan informasi. Waktu prime time untuk kalangan muda sebagai pendengar adalah saat pagi dan sore hari. Dari sisi klien model manajemen yang ideal adalah menggunakan penawaran diskon dan mempertimbangkan keseimbangan keuntungan kedua belah pihak dengan penawaran terintegrasi dengan jaringan radio lainnya.

Keywords


Manajemen Bisnis; Komunikasi Pemasaran; Radio

Full Text:

PDF

References


Anindhita, W. (2013). Efektivitas Program Siaran Konseling Di Radio Trijaya Bagi Masyarakat Kota Yogyakarta. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 1(2), 27 – 51.

Coffey, A.J. & Cleary, J. (2011). Promotional Practices Of Cable News Networks: A Comparative Analysis Of New And Traditional Spaces. International Journal on Media Management, 13(3), 161-176.

Donthu, N. (2011). Positioning A Radio Station. Journal of Applied Business Research, 10(3), 21-27.

Edwards, E. (2019). Radio and audio in 2019. Journal of Radio & Audio Media, 27(1), 170-180.

Ivanova, I., & Deniss S. (2018). Identifying Elements of the Digital Economy Ecosystem. Journal of Business Management, 16, 5-14.

Kaelan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma

Kastaya, R. W. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Lokal Suara Surabaya, Tesis.

Keller, K. (2010). Brand Equity Management In A Multichannel, Multimedia Retail Environment. Journal of Interactive Marketing, 24, 58-70.

Kotler, A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi ke duabelas, Jakarta: Erlangga.

Kotler P., & Keller, K. (2012). Marketing Management 14th edition, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Küng, L. (2008). Strategic management in the media: Theory to practice, Sage London.

Lestari, A. P., & Sunarto. (2018). Eksistensi dan Gaya Kepemimpinan Radio Lokal. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), 105-114.

Maulana, N. M. (2019). Menggali Kebijakan Penyiaran Digital di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 60-72.

Meenaghan, T. (1991). The Role of Sponsorship in the Marketing Communication Mix. Journal of Advertising, 110.

Mogel, L. (2014). This Business of Broadcasting. New York: Billboard Books.

Order, S. (2017). All the lonely people, where do they all belong:1 Community radio and social connection. Radio Journal: International Studies in Broadcast & Audio Media, 15(2), 258.

Pickton, D., & Broderick, A. (2005). Integrated Marketing Commuunications, Financial Times Prentice Hall, London.

Peter P., Michael F. S., William, E., & McCavitt. (1991). Electronic Media Management (Second Edition), Focal Press, Boston-London.

Rajagopal. (2011). Impact Of Radio Advertisements On Buying Behaviour Of Urban Commuters. International Journal of Retail & Distribution Management, 17(1), 48-59.

Shumaila, A. (2013). Impact of Advertising On Consumers' Buying Behavior Through Persuasiveness, Brand Image, And Celebrity Endorsement. Global Media Journal, 6(2), 1-6.

Undang-Undang Penyiaran Republik Indonesia No. 32 tahun 2002

Wahyudi, 2016, Dasar-Dasar Manajemen Penyiaran, Bandung: Gramedia Pustaka

https://radarcom.id/2019/02/02/diakses tanggal 12 September 2019

http://kpiddiy.com/ diakses tanggal 12 September 2019




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v17i3.3774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats