Nilai Budaya dan Gaya Komunikasi Warga Minangkabau, Jawa, dan Bugis
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v17i3.3775Keywords:
Kebudayaan, Gaya Komunikasi, Masyarakat Minangkabau, Masyarakat Jawa, Masyarakat BugisAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis gaya komunikasi yang berkembang di masyarakat Minangkabau, Jawa, dan Bugis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif teknik pengumpulan data wawancara mendalam (in-depth), pengamatan (obsevasi), dokumentasi, dan literatur. Wawancara dan observasi dilakukan di tiga kota penting: Padang (untuk mencermati gaya komunikasi masyarakat Minangkabau), Surakarta (untuk mencermati gaya komunikasi masyarakat Jawa), dan Makassar (untuk mencermati gaya komunikasi masyarakat Bugis). Hasil peneltian ini mendeskripsikan gaya komunikasi yang berkembang di masyarakat Minangkabau, Jawa, dan Bugis dengan memberikan titik berat pada empat aspek: (a) kecenderungan dalam penggunaan kata benda atau kata kerja (nouniness and verbiness), (b) penggunaan kalimat pasif atau aktif, (c) penggunaan cara pengutaraan gagasan secara langsung (direct) ataukah tidak langsung (indirect), dan (d) penggunaan kata-kata atau kalimat ketika mendapati diri berbeda posisi pendapat atau pandangan dengan orang lain yang menjadi partner dalam berbincang. Perbedaan di keempat aspek gaya komunikasi tersebut dapat dinilai sebagai implikasi dari kebudayaan dari ketiga masyarakat Minang, Jawa dan Bugis.References
Azizah, Z. (2014). Sejarah dan Adat istiadat Suku Bugis Asal Sulawesi Selatan diakses dari http://dunia-kesenian.blogspot.co.id/
Bhattacherjee, A. (2012). Social Science Research: Principles, Methods, and Practices. University of South Florida (USF) Tampa Library Open Acces Collections (http://scholarcommons.usf.edu/oa_textbooks).
Bitar. (2017). Suku Bugis: Sejarah, Adat istiadat, Kebudayaan, kesenian, Rumah Adat, Dan Bahasa Beserta Pakaian Adatnya Lengkap. Diakses dari http://www.gurupendidika.co.id/suku-bugis-.
Cloud, D. (2013). Definition of Culture in Anthropology: Charcteristics & concept. Diakses dari https://study.com/academy/lesson/definition-of-culture-in-anthropology-characteristics-concept.html).
Fidel, R. (1983). The Case Study Method: A case study. Diakses dari http://faculty.washington.edu/fidelr/RayaPubs/TheCaseStudyMethod.pdf
Giri, Vinjai N. The Review of Communication. 6(1 – 2), 124-130.
Karell, Daniel. (2018). 4 Types of Communication Styles. Diakses dari https://online.alvernia.edu/communication-styles/.
Klopf, Donald and Ronald Cambra. (1981). A Comparison of Communication Styles of Japanese and American College Students. Diakses dari https://www.jstage.jst.go.jp/article/jaces1962/1981/20/1981_66/_pdf.
Koentjaraningrat. (1981). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.
Mulkeen, Declan. (2016). “How Culture Impact the Way We Think and Speak”. (https://www.communicaid.com/business-language-courses/blog/shifting-cultural-sensibilities-in-language-use/).
Nasar, Fuad. (2017). Mengapa Orang Minang Merantau? Diakses dari https://fuadnasar.wordpress.com/2017/04/25/mengapa-orang-minang-merantu/
Norton, (1983). Communicator style: Theory, applications, and measures. Beverly Hills, CA: Sage Publications.
Panisoara, Georgeta, Cristina Sandu, Ion-Ovidiu Panisoara, Nicoleta Duta. (2015). Comparative Study Regarding Communication Style of the Students.” Procedia – Social and Behavior Sciences 186, 202 – 208. Diakses dari http://creativecommob.org/licenses/by-nc-nd/4.0/).
Patel, Salma. (2015). The research paradigm – methodology, epistemology and ontology – explained in simple language. Diakses dari (http://salmapatel.co.uk/academia/the-research-paradigm-methodology-epistemolo: Characteristics and concepthgy-and-ontology-explained-in-simple-language).
Prinz, Jesse. (2011). “Culture and Cognitive Science” dalam Stanford Encyclopedia of Philosophy. (https://plato.stanford.edu/entries/culture-cogsci/)
Smith, David Woodruff. 2013. “Phenomenology” dalam Stanford Encyclopedia of Philosophy. (https://plato.stanford.edu/entries/phenomenology/)
Yang, Xiaoxu. The influence of high/low context culture on choice of communication media: students’ media choice to communicate with professors in China and the United States." Electronic Theses and Dissertations, 2375. https://doi.org/10.18297/etd/2375
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.