Implementasi Integrated Marketing Communications Vasektomi dalam Upaya Peningkatan Akseptor Kb Pria Lestari

Basuki Basuki, Panji Dwi Ashrianto

Abstract


Paradigma KB sudah bergeser dari pengendalian populasi dan penurunan fertilitas ke kesehatan reproduksi dengan memperhatikan hak reproduksi dan kesetaraan gender. Salah satu upaya atau upayanya adalah partisipasi laki-laki dalam KB baik itu dengan cara condor maupun vasektomi. Sosialisasi Metode MOP memang tidak mudah. Banyak kontradiksi datang dari suami dan istri. Aspek agama juga menjadi salah satu pertimbangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi komunikasi pemasaran metode vasektomi di Kota Pekalongan. Metode penelitian adalah pengumpulan data melalui observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi MOP hampir tidak pernah dilakukan sebelumnya. Target peserta juga tidak ada. Penerapan KIE dengan menerapkan komunikasi pemasaran untuk MOP mendapatkan respon yang lebih baik dari tim konselor dan masyarakat. GerebekPasar efektif untuk menciptakan opini publik. GerebegPasar merupakan penyuluhan yang diadakan di tempat-tempat umum seperti pasar. Tim marketing dilengkapi dengan brosur dan loudspeaker untuk mendapatkan respon dari pengunjung pasar. Masyarakat sangat antusias dan tidak sungkan untuk bertanya tentang MOP. Penyuluhan juga efektif untuk menciptakan opini publik karena dihadiri oleh ulama, dokter dan peserta MOP yang memberikan informasi yang memuaskan. Komunikasi tatap muka efektif untuk perubahan perilaku karena setiap calon peserta dapat bertanya secara efektif. Motivasi menggunakan persona menciptakan keterkaitan antara petugas dan calon peserta MOP. Usai kegiatan KIE ini, ada 6 pasangan yang mengikuti program ini.


Keywords


Vasektomi; Komunikasi Pemasaran Terintegrasi; GerebegPasar

Full Text:

PDF

References


Achmad, A.S. & S.S. Ecip (penyunting). (1985). Komunikasi dan Pembangunan. Jakarta: Sinar Harapan

Atmoko, W., Vasektomi Metode Kontrasepsi Pria Efektif, Cepat, Aman, dan Mudah. Diakses dari http://www.jurnalmedika.com/edisiterbaru

Bungin, Bungin. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, d an Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Bryson, John M. (2007). Perencaan Strategis bagi Organisasi Sosial (terj). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Creswell, John W. (1994). Research Design Qualitative & Quantitative Approach. California: Sage Publications

Craig, Robert T. (2007). Theorizing Communication Readings Across Tradition. Los Angeles: Sage Publication

Denzin, Norman K. & Yvonna S. L. (2009). Handbook of Qualitative Research (terj). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Griffin, EM. (2006). A First Look At Communication Theory. Boston: Mc Graw Hill.

Hardiani, R. S., & Pertiwi, M. A. (2013). Pendidikan Kesehatan Terhadap Sikap Suami Tentang Vasektomi. Jurnal Keperawatan Maternitas, 1(2).

Kayo, Michael. (1994). Communcation Management. Sydney: Prentice Hall

Kuhnke, Elizabeth. (2013). Communication Skill for Dummies. West Sussex : John Willey and Sons Ltd.

Littlejohn, Stephen W. & Karen A. Foss. (2009). Encyclopedia Of Communication Theory. California: Sage Publication

Locker, Kitty O & Stephen Kyo Kaczmarek. (2014). Business Communication: Building Critical Skills. New York : Mc Graw-Hill/Irwin

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2012). Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama

Morissan & Andy Corry Wardhany. 2009. Teori Komunikasi tentang Komunikator, Pesan, Percakapan, dan Hubungan. Bogor: Ghalia Indonesia

Patterson, Sally J & Janel M. Radtke. (2009). Strategic Communications for Nonprofit Organizations : Seven Steps to Creating a Successfull Plan. New Jersey: John Wiley & Sons.

Purwanti, H. (2011). Upaya Peningkatan Partisipasi Pria Dalam Keluarga Berencana Dan Kesehatan Reproduksi Sebagai Wujud Kesetaraan Gender. Jurnal Argumentum, 10(2), 153-169.

Smeltzer, Larry & John Waltman & Donald Leonard. (1991). Managerial Communication A Strategic Approach. Massachusett : Ginn Press.

Sukeni, N. N., & MSi, S. H. (2009). Hegemoni Negara Dan Resistensi Perempuan Dalam Pelaksanaan Program Keluarga Berencana Di Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng Bali.

Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wahyuni, N. P. D. S. (2013). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Akseptor KB Pria Tentang Vasektomi Serta Dukungan Keluarga Dengan Partisipasi Pria Dalam Vasektomi (Di Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng). Jurnal Pendidikan Kesehatan Universitas Sebelas Maret, 1(1), 13501.

Waldron. Vincent R. (2012). Communicating Emotion at Work. Cambridge : Polity Press




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v17i3.3777

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats