Efektivitas Rebranding Humas Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Terhadap Citra Baru Malioboro
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v17i3.3779Keywords:
Citra Baru, Hubungan Masyarakat, Branding UlangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dan efektivitas rebranding Humas Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap citra baru Malioboro di mata pengunjung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara efektifitas rebranding Humas Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap citra baru Malioboro. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas rebranding dari Humas Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada citra baru Malioboro. Jumlah sampel sebanyak 60 responden dengan Incidental sampling melalui kuesioner skala likert. Analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji korelasi product-moment, dan uji koefisiensi determinasi. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif rebranding yang dilakukan oleh Humas Pemerinah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan citra baru Malioboro di mata pengunjung.References
Amalia, I., & Murwatiningsih, M. (2016). The Influence of Destination Image and Customer Value toward Customer Loyalty through a Customer Satisfaction The Tourist District Guci Tegal. Management Analysis Journal, 5(3).
Budianto, E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Ajb Bumiputera, Jurnal Ilmu Keuangan dan Perbankan (JIKA), 8(2), 110-126. https://doi.org/10.34010/jika.v8i2.1934
Lestari, F. (2019). Model Branding Tujuan Wisata Kabupaten Garut. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 0(0), 2-37.1-2.37.6.
Humas Undip Masih Dipersimpangan Jalan - Diponegoro University, Institutional Repository (UNDIP-IR). (t.t.). Diambil 9 Oktober 2019, dari http://eprints.undip.ac.id/808/
Hutajulu, Maretha Pafrika. (2013). Pengaruh Rebranding PT Kereta Api (Persero) Terhadap Brand Image PT Kereta Api Indonesia (Persero); (Studi Pada Penumpang Kereta Api Kelas Ekonomi Daerah Operasional II Bandung). Skripsi Pada IM Telkom: tidak diterbitkan
Kaikati, Jack G. (2003). Lesson From Accenture’s 3Rs: Rebranding, Restructuring, and Repositioning. 12(7).
Miladiyah, U. R., & Slamet, S. (2014). Strategi Competitive Advantage untuk Membangun City Branding Kota Batu Sebagai Kota Wisata. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 10, 89–98.
Muzellec, Laurent dan Mary Lambkin. (2006). Corporate Rebranding: Destroying, Transferring, or Creating Brand Equity?. Vol. 40 Iss:7/8, pp.803-824.
Oktavianus, Ricky. (2013). Pengaruh Rebranding Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Brand EAT/347 Menjadi UNKL/347). Skripsi Pada Universitas Padjajaran (Unpad): tidak diterbitkan.
Pradipto, R., Kharis, Z., Wicaksono, Y., & Indriastuti, A. (2014). Evaluasi Kinerja Ruang Pejalan Kaki Di Jalan Malioboro Yogyakarta. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(3), 564-572. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkts/article/view/5790
Qu, Hailin et al. (2011). A Model of Destination Branding: Integrating the Concepts of the Branding and Destination Image. Journal of Tourism Management, 32, 465-476.
Tasci, D.A., dan Kozak, M. (2006). Destination Brands vs Destination Images: DoWe Know What We Mean?. Journal of Vacation Marketing, 12(4), 299 –317.
Trianingsih, L., & Hidayah, R. (2014). Analisis Perilaku Pejalan Kaki Pada Penggunaan Fasilitas Penyeberangan Di Sepanjang Jalan Kawasan Malioboro Yogyakarta. INformasi dan Ekspose hasil Riset Teknik SIpil dan Arsitektur, 10(2).
Wahyudin, U., & Erlandia, D. R. (2018). Peran Humas Pemerintah Dalam Pemasaran City Branding Melalui Media Massa. Jurnal Common, 2(2). https://doi.org/10.34010/common.v2i2.1192
Yahya, H. S. (2016). Strategi Rebranding Majalah dalam Membangun Citra Baru (Thesis, Fakultas Komunikasi (UNISBA)). Diambil dari http://repository.unisba.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/3131
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.