Strategi Eksternal Public Relations dalam Membangun Citra Perusahaan

Deasy Crisnatalin H

Abstract


Seiring dengan meningkatnya kebutuhan penyediaan tenaga kerja persiapan untuk sekolah tinggi dan perguruan tinggi, CIM contoh sebagai lembaga pengembangan karir profesional mengatakan oposisi tersebut. Selama pengembangannya, instans CIM tidak lepas dari upaya membentuk citra positif perusahaan. Karena citra positif akan selalu melekat dan mempengaruhi umur panjang bagi lembaga CIM sendiri. Untuk itu dibutuhkan usaha dan peran humas, penelitian ini berjudul Strategi Eksternal Public Relations dalam Membangun Citra Perusahaan. Sedangkan perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis strategi hubungan masyarakat eksternal di lembaga Manajemen Cristal Indonesia dalam membangun citra perusahaan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan situasi atau peristiwa. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Laporan Penelitian berisi kutipan data untuk menggambarkan presentasi laporan. Para peneliti menganalisis data pada penulisan laporan ini. Hasil penelitian ini adalah lembaga Humas CIM menggunakan proses komunikasi dua arah atau komunikasi yang efektif dengan beberapa langkah melakukan pengumpulan fakta melalui survei dan penelitian, perencanaan dan program menggunakan strategi promosi dan publisitas, perencanaan jangka pendek dan panjang, tindakan dan komunikasi dengan melakukan kegiatan operasi seperti: seminar, lokakarya, kunjungan media, dan kunjungan sosial dan evaluasi yang dilakukan dengan mengukur hasil yang telah dicapai sesuai dengan standar yang telah dirumuskan juga menciptakan indikator keberhasilan program dan analisis SWOT. Sehingga menunjukkan bahwa dengan keterbatasan anggaran di biro humas CIM dapat dikatakan cukup berhasil dalam membangun citra perusahaan dengan melihat jumlah kepentingan publik dan target yang belum terpenuhi yang telah ditetapkan dari program yang ditawarkan oleh lembaga CIM unggul.


Keywords


Strategis; Hubungan Masyarakat Eksternal; Citra

Full Text:

PDF

References


Jefkins, Frank. (2003). Public R e l a t i o n s . J a k a r t a : E r l a n g g a .

Kurniasari, Atika, Puji Lestari, dan Isbandi Sutrisno. (2008). Strategi Marketing Public Relations PT. Telkom Kancatel Pati dalam Program “Flexi Door to Door” dan “Speedy Go to School” untuk Membangun Brand Awareness dan Brand Knowledge di Wilayah Pati. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3), 228-241.

Rakhmat, Jallaludin. (1991). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jallaludin. (1999). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. (2002). Kiat dan Strategi Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.

Ruslan, Rosady. (2007). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi Dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutopo, HB. (1998). Metode Penelitian Komunikasi. Surakarta: UNS Pers.

Sutopo, HB. (2002). Metode Penelitian Komunikasi. Surakarta: UNS Pers.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v11i2.3794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats