Strategi Eksternal Public Relations dalam Membangun Citra Perusahaan

Authors

  • Deasy Crisnatalin H Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Jalan Babarsari No2 Tambakbayan Yogyakarta 55282, Telp. (0274) 485268

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v11i2.3794

Keywords:

Strategis, Hubungan Masyarakat Eksternal, Citra

Abstract

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan penyediaan tenaga kerja persiapan untuk sekolah tinggi dan perguruan tinggi, CIM contoh sebagai lembaga pengembangan karir profesional mengatakan oposisi tersebut. Selama pengembangannya, instans CIM tidak lepas dari upaya membentuk citra positif perusahaan. Karena citra positif akan selalu melekat dan mempengaruhi umur panjang bagi lembaga CIM sendiri. Untuk itu dibutuhkan usaha dan peran humas, penelitian ini berjudul Strategi Eksternal Public Relations dalam Membangun Citra Perusahaan. Sedangkan perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis strategi hubungan masyarakat eksternal di lembaga Manajemen Cristal Indonesia dalam membangun citra perusahaan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan situasi atau peristiwa. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Laporan Penelitian berisi kutipan data untuk menggambarkan presentasi laporan. Para peneliti menganalisis data pada penulisan laporan ini. Hasil penelitian ini adalah lembaga Humas CIM menggunakan proses komunikasi dua arah atau komunikasi yang efektif dengan beberapa langkah melakukan pengumpulan fakta melalui survei dan penelitian, perencanaan dan program menggunakan strategi promosi dan publisitas, perencanaan jangka pendek dan panjang, tindakan dan komunikasi dengan melakukan kegiatan operasi seperti: seminar, lokakarya, kunjungan media, dan kunjungan sosial dan evaluasi yang dilakukan dengan mengukur hasil yang telah dicapai sesuai dengan standar yang telah dirumuskan juga menciptakan indikator keberhasilan program dan analisis SWOT. Sehingga menunjukkan bahwa dengan keterbatasan anggaran di biro humas CIM dapat dikatakan cukup berhasil dalam membangun citra perusahaan dengan melihat jumlah kepentingan publik dan target yang belum terpenuhi yang telah ditetapkan dari program yang ditawarkan oleh lembaga CIM unggul.

References

Jefkins, Frank. (2003). Public R e l a t i o n s . J a k a r t a : E r l a n g g a .

Kurniasari, Atika, Puji Lestari, dan Isbandi Sutrisno. (2008). Strategi Marketing Public Relations PT. Telkom Kancatel Pati dalam Program “Flexi Door to Door” dan “Speedy Go to School” untuk Membangun Brand Awareness dan Brand Knowledge di Wilayah Pati. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3), 228-241.

Rakhmat, Jallaludin. (1991). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jallaludin. (1999). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. (2002). Kiat dan Strategi Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.

Ruslan, Rosady. (2007). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi Dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutopo, HB. (1998). Metode Penelitian Komunikasi. Surakarta: UNS Pers.

Sutopo, HB. (2002). Metode Penelitian Komunikasi. Surakarta: UNS Pers.

Downloads

Issue

Section

Artikel