Strategi Eksternal Public Relations dalam Membangun Citra Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v11i2.3794Keywords:
Strategis, Hubungan Masyarakat Eksternal, CitraAbstract
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan penyediaan tenaga kerja persiapan untuk sekolah tinggi dan perguruan tinggi, CIM contoh sebagai lembaga pengembangan karir profesional mengatakan oposisi tersebut. Selama pengembangannya, instans CIM tidak lepas dari upaya membentuk citra positif perusahaan. Karena citra positif akan selalu melekat dan mempengaruhi umur panjang bagi lembaga CIM sendiri. Untuk itu dibutuhkan usaha dan peran humas, penelitian ini berjudul Strategi Eksternal Public Relations dalam Membangun Citra Perusahaan. Sedangkan perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis strategi hubungan masyarakat eksternal di lembaga Manajemen Cristal Indonesia dalam membangun citra perusahaan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan situasi atau peristiwa. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Laporan Penelitian berisi kutipan data untuk menggambarkan presentasi laporan. Para peneliti menganalisis data pada penulisan laporan ini. Hasil penelitian ini adalah lembaga Humas CIM menggunakan proses komunikasi dua arah atau komunikasi yang efektif dengan beberapa langkah melakukan pengumpulan fakta melalui survei dan penelitian, perencanaan dan program menggunakan strategi promosi dan publisitas, perencanaan jangka pendek dan panjang, tindakan dan komunikasi dengan melakukan kegiatan operasi seperti: seminar, lokakarya, kunjungan media, dan kunjungan sosial dan evaluasi yang dilakukan dengan mengukur hasil yang telah dicapai sesuai dengan standar yang telah dirumuskan juga menciptakan indikator keberhasilan program dan analisis SWOT. Sehingga menunjukkan bahwa dengan keterbatasan anggaran di biro humas CIM dapat dikatakan cukup berhasil dalam membangun citra perusahaan dengan melihat jumlah kepentingan publik dan target yang belum terpenuhi yang telah ditetapkan dari program yang ditawarkan oleh lembaga CIM unggul.
References
Jefkins, Frank. (2003). Public R e l a t i o n s . J a k a r t a : E r l a n g g a .
Kurniasari, Atika, Puji Lestari, dan Isbandi Sutrisno. (2008). Strategi Marketing Public Relations PT. Telkom Kancatel Pati dalam Program “Flexi Door to Door” dan “Speedy Go to School” untuk Membangun Brand Awareness dan Brand Knowledge di Wilayah Pati. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3), 228-241.
Rakhmat, Jallaludin. (1991). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jallaludin. (1999). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruslan, Rosady. (2002). Kiat dan Strategi Public Relations. Jakarta: Raja Grafindo. Persada.
Ruslan, Rosady. (2007). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi Dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sutopo, HB. (1998). Metode Penelitian Komunikasi. Surakarta: UNS Pers.
Sutopo, HB. (2002). Metode Penelitian Komunikasi. Surakarta: UNS Pers.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.