Peran Humas Pemerintah Daerah dalam Kasus Penambangan Pasir Besi
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v11i2.3796Keywords:
Peran humas, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Power Control TheoryAbstract
Penelitian ini memberikan judul “Peran Humas Pemkab Kulon Progo (Dalam Kasus Penambangan Pasir Besi di Kabupaten Kulon Progo).” Saat ini, Kabupaten Kulon Progo masih menghadapi masalah pro dan kontra terkait penambangan pasir besi. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dituntut untuk dapat membangun komunikasi dengan semua pihak dalam menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan peran Humas Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam menghadapi permasalahan kasus penambangan pasir besi di Kabupaten Kulon Progo serta kendala yang dihadapi pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam memberlakukan peran humas dalam menangani masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kegiatan analisis deskriptif kualitatif dilakukan dengan memproses data yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa meskipun Humas telah melakukan perannya dalam rencana sosialisasi penambangan pasir besi di Kabupaten Kulon Progo, namun persepsi keliru yang dimiliki masyarakat tentang proses penambangan belum berubah, artinya Power Control Theory yang dilakukan oleh Humas Pemkab Kulon Progo belum maksimal. Kendala yang dihadapi Humas Pemkab Kulon Progo dalam menangani masalah penambangan pasir besi di Kulon Progo adalah pertama, kendala internal dalam fungsi humas yang memiliki posisi sebagai koalisi dominan dalam kaitannya dengan kewenangannya dalam memasuki tanggung jawab sosial, pemahaman masyarakat atau komunikasi dua arah belum maksimal, kedua, kesalahan persepsi oleh masyarakat pesisir selatan terkait proses-proses penambangan.
References
Abdurrachman, Oemi. (2001). Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Islah, T. (2010). Kajian Pasar Mineral Dan Usulan Strategi Eksplorasi. Bandung: Laporan Pusat Sumber Daya Geologi.
Kurniasari, Atika, Puji Lestari, dan Isbandi. (2008). Strategi Marketing Public Relations PT. Telkom Kancatel Pati dalam Program “Flexi Door to Door” dan “Speedy Go to School” untuk Membangun Brand Aware¬ness dan Brand Knowledge” di Wilayah Pati. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3), 228-241.
Moleong Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahardjo, M. (2010). Research Repository Uni¬versitas Islam Negeri Maulana Malik Ibra¬him. Retrieved from Research Repository Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibra¬him: http://repository.uin-malang.ac.id/1133/
Usman, Husaini & Purnomo Setiady Akbar. (2009). Metodelogi Penelitian S o s i a l . J a k a r t a : B u m i A k s a r a
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.