Strategi Segmentasi dan Positioning Radio Global FM Jogja dalam Merebut Pangsa Pasar

Galih Akbar Prabowo, Basuki Agus Suparno, Edwi Arif Sosiawan

Abstract


Sebagai stasiun radio yang bersaing dengan stasiun radio lain di Yogyakarta, Radio Global FM menggunakan strategi segmentasi dan positioning untuk merebut pangsa pasar. Penelitian ini berjudul Strategi Segmentasi dan Positioning Radio Global FM dalam Merebut Pangsa Pasar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perencanaan, penegakan, dan evaluasi strategi segmentasi dan positioning Radio Global FM Jogja dalam menangkap pangsa pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitati. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan Divisi Pemasaran, Kepala Operasional serta Editor Berita/ Program Radio Global FM Jogja, dan menggunakan dokumen dan catatan yang diperoleh dari Radio Global FM Jogja. Validasi data dalam penlitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Setelah data dikumpulkan, kemudian dianalisis secara kualitatif dan dijelaskan dalam bentuk deskripsi diurutkan dengan cara yang rinci dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menangkap pangsa pasar, Radio Global FM Jogja telah merencanakan strategi segmentasi dan positioning dengan menganalisis peluang pasar, membagi segmen pendengar potensian berdasarkan faktor demografis, serta memutuskan konsep positioning yang sesuai dengan sumber daya yang dimiliki Radio Global FM Jogja, menegakkan segmentasi dan positioning dengan cukup baik meskipun masih ada beberapa kekurangan di dalamnya. Hal ini dapat dilihat dari konsistensi Radio Global FM Jogja dalam memenuhi kebutuhan segmen pendengar dan kesuksesan Radio Global FM Jogja untuk menggambarkan dirinya sebagai Radio Berita Jogja yang diwujudkan dengan keberhasilan Radio Global FM Jogja meraih berbagai penghargaa, khususnya di bidang penyiaran berita di radio.

Keywords


Strategi Segmentasi dan Positioning; Radio Global FM Jogja

Full Text:

PDF (INDONESIAN)

References


Koetler, Phillip & Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks

Kurniasari, A., Lestari, P., & Isbandi. (2008). Strategi Marketing Public Relations Pt. Telkom Kancatel Pati Dalam Program “Flexi Door To Door” Dan “Speedy Go To School” Untuk Membangung Brand Awareness Dan Brand Knowledge Di Wilayah Pati. Junal Ilmu Komunikasi Vol. 6.

Maharani, RR Bayu Krisna, Puji Lestari, dan Basuki. (2009). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran PT Roda Pembangunan Jaya dalam Memasarkan Perumahan Taman Palagan Asri di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 38-48.

Marknesis, Tim. (2009). Pemasaran: Strategi, Taktik, dan Kasus Edisi 1, Cetakan 1. Bogor: Jelajah Nusa.

Purnama, C.M. Lingga. (2002). Strategic Marketing Plan: Panduan Lengkap dan Praktis Penyusunan Rencana Pemasaran yang Strategis dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Wikipedia. (2010). Daftar Stasiun Radio di Indonesia. Retrieved from www. wikipedia. org/wiki/Daftar_stasiun_radio_di_Indonesia




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v11i2.3798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats