The Unique Shopping Family Mall Sebagai Strategi Pencitraan Galeria Mall Yogyakarta

Ayu Fanika Hapsari

Abstract


Saat ini, Yogyakarta mengalami pertumbuhan pesat di pusat perbelanjaan dam menawarkan berbagai pilihan alternatif yang mampu mempengaruhi malnya. Pusat perbelanjaan dalam menghadapi kompetisi ini harus mampu secara kreatif, inovatif dalam bertindak, dan memiliki nilai perbedaan dalam menciptakan citranya. Penelitian ini untuk menyelidiki strategi citra Galeria Mall Yogyakarta yang dianalisis dari perspektif diferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor pembeda yang menjadi keunggulan strategi citra Galeria Mall Yogyakarta dan menentukan strategi citra yang digunakan Galeria Mall Yogyakarta. Penelitian ini deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah PT. Sawokembar Galeria, khususnya pada analisis citra Galeria Mall Yogyakarta dilihat dari perspektif diferensiasi. Teknik pengumpulan data adalah studi literatur dan wawancara. Pada penelitian kualitatif ini, validitas data diproses menggunakantriangulasi data, khususnya triangulasi sumber. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Galeria Mall mengimplementasikan penyampaian pesan pada citra dalam bentuk The Unique Family Shopping Mall, secara baik mengadaptasi kebudayaan Yogyakarta yang diperlihatkan di pusat perbelanjaan didukung dengan beragam even atau program acara, upacara, salam, tagline yang didukung dengan mascot dan layanan “Kang Gale” serta seragam. Namun program terkait konsep dan hasil yang dicapai kurang dipublikasikan. Saran untuk Galeria Mall lebih intensif dalam publikasi program dan kegiatan yang dimiliki dan lebih mengintensifkan fungsi hubungan masyarakat untuk menjaga citra sebagai dunia pusat perbelanjaan.


Keywords


Citra Perusahaan; Diferensiasi; Hubungan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Kasenda, Y. M. (2010, Februari). Media Neliti. Retrieved from Media Neliti: https://media. neliti.com/media/publications/93273-ID-none.pdf

Kurniasari, A., Lestari, P., & Isbandi. (2008). Strategi Marketing Public Relations Pt. Telkom Kancatel Pati Dalam Program "Flexi Door To Door" Dan "Speedy Go To School" Untuk Membangun Brand Awareness Dan Brand Knowledge Di Wilayah Pati. Junal Ilmu Komunikasi Vol. 6.

Satlita, L. (2011). Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from Membangun Citra Positip Organisasi Melalui Public Relations

Moleong, Lexi. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wasesa, Silih Agung dan Jim Macnamara. 2010. Membangun Pencitraan Berbiaya Minimal dengan Hasil Maksimal Strategi Public Relations. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v11i3.3800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats