Analisis Tekstual Representasi Nilai Sosial dalam Buku Cerita Legenda Robin Hood Karya Peter Holeinone (Perspektif Analisis Cultural Studies

Ajeng Cindy Larasati

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah bahwa banyak buku cerita yang dijual di pasaran dan akhirnya tokoh legendaris di buku tersebut menjadi contoh atau pedoman dalam masyarakat. Hal itu terlihat dalam sebuah cerita yang ditulis oleh Peter Holeinone yang berjudul Legenda Robin Hood. Kisah ini bercerita tentang seorang pemuda yang berjuang untuk hak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai sosial yang disajikan dalam cerita, terutama pada nilai nasib yang sama, nilai pengorbanan dan nilai loyalitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis tekstual yang menggunakan studi budaya. Studi budaya adalah pembentukan wacana untuk berbicara tentang topik kegiatan sosial tertentu dalam masyarakat. Paradigma studi budaya sangat relevan dalam menetapkan makna yang disajikan dalam teks-teks tentang hubungannya dengan konteks. Penulis penelitian ini membagi buku menjadi tiga bagian: pengenalan, konten, dan penutupan. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah inter-textuality. Inter-textuality mencakup teks dan konten. Penelitian ini mencakup elemen perwakilan sosial, di mana mencakup nilai nasib yang sama yang lebih identik dengan bagaimana penerimaan seseorang dalam masyarakat dengan latar belakang yang sama. Nilai nasib yang sama didefinisikan sebagai kesediaan untuk berkorban bagi orang lain untuk mendukung orang-orang yang tertindas oleh pemerintahan meskipun itu akan menderita sendiri. Kesetiaan dalam penelitian ini adalah kesetiaan sebagai dedikasi kepada seseorang yang mereka hormati, antara pemimpin dan teman-teman mereka. Berdasarkan penelitian ini, nilai-nilai sosial muncul dari awal hingga akhir cerita. Nilai yang mendominasi dalam cerita adalah nilai loyalitas. Itu terlihat dari banyak nilai loyalitas teks yang ditemukan daripada nasib yang sama dan nilai-nilai pengorbanan. Oleh karena itu, legenda Robin Hood oleh Peter Holeione lebih menunjukkan nilai loyalitas.

Keywords


Analisis Tekstual pada Studi Budaya; Representasi Nilai Sosial; Robin Hood

Full Text:

PDF

References


Creswick, Paul. (2009). Robin Hood: Kisah Legendaris Penguasa Sherwood. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Eriyanto. (2001). Anaisis Wacana. Yogyakarta: LKiS.

Holeinone, Peter. (2007). Legenda Robin Hood. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya

Mulyana, Deddy. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Sobur, Alex, 2004. Analisis Teks Media. Rosdakarya. Bandung.

Team Gramedia Pustaka. (2008). Legenda Robin Hood. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Umum.

West, David. (2009). Tokoh Sejarah Dunia : Richard berhati singa kisah raa dan perjuangan perang salib. Jakarta: Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v11i3.3801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats