Komunikasi Interpersonal Pembina Rumah Singgah dan Anak Jalanan

Dyah Rachmawaty, Christina Rochayanti, Edwi Arief Sosiawan

Abstract


Anak-anak jalanan muncul karena rendahnya ekonomi, kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua mereka. Banyak hal yang publik tidak tahu tentang kehidupan anak-anak jalanan bahwa mereka memiliki sesuatu yang menarik untuk diamati. Pendidikan dan perilaku mereka menjadi masalah utama yang perlu diperhatikan. Karena kondisi di atas Rumah Singgah Anak Mandiri berusaha memotivasi anak-anak jalanan dalam pendidikan yang penuh dan mengubah perilaku mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal antara pendiri dan anak jalanan di Rumah Singgah Anak Mandiri. Subjek penelitian ini adalah pendiri, anak jalanan, dan pengelola Rumah Singgah Anak Mandiri Yogyakarta. Penelitian ini adalah desain kualitatif deskriptif. Data diambil, dianalisis secara kuantitatif dan disajikan oleh deskripsi rinci dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara pendiri dan anak jalanan dalam memotivasi mereka di bidang pendidikan dan mengubah perilaku anak-anak tidak cukup efektif. Hal ini didasarkan pada hasil pengamatan dan wawancara mengenai efektivitas komunikasi interpersonal antara pendiri dan anak jalanan. Kegagalan untuk mencapai optimalnya komunikasi interpersonal dapat dilihat dari aspek komunikasi interpersonal yang tidak dapat diterapkan secara maksimal adalah pemahaman, sikap positif dan visi yang sama. Kadang-kadang proses komunikasi tidak menerima umpan balik yang sempurna dari komunikan. Oleh karena itu, peneliti merasa komunikasi interpersonal yang dilakukan antara pendiri dan anak jalanan perlu ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya.

Keywords


Anak Jalanan; Komunikasi Interpersonal; Motivasi

Full Text:

PDF

References


DeVito, Joseph. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Profesional, Jakarta.

Departemen Sosial Direktorat Kesejahteraan Anak, Keluarga, dan Lanjut Usia.

Itsnaini, M. (2010). Pemberdayaan Anak Jalanan Oleh Rumah Singgah Kawah Kelurahan Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Lestari, P., Susilastuti DN, R., & Hendariningrum, R. (2009). Manajemen Konflik Berbasis Budaya Lokal Sebagai Upaya Meningkatkan Jati Diri Bangsa Indonesia. Jurnal Ikatan Sarjana Indonesia Vol. 1 No. 1, 73-96.

Rio, A. O. (2010). Scribd. Retrieved from Scribd: https://www.scribd.com/doc/37141155/ Coordinated-Management-of-Meaning- Theory




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v11i3.3802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats