Pengaruh Persepsi Mengenai Performa BlackBerry dan Intensitas Penggunaan Fitur BlackBerry Messenger Terhadap Perilaku Komunikasi Interpersonal
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v11i3.3806Keywords:
Persepsi, Intensitas, komunikasi interpersonalAbstract
Ponsel dengan teknologi canggih telah berhasil menyedot perhatian para pelaku komunikasi, khususnya pecinta gawai. Salah satu ponsel pintar yang menjadi fenomena di kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa saat ini adalah merek ponsel BlackBerry (BB). BlackBerry adalah ponsel yang membawa pesona sendiri dengan menawarkan segala macam kenyamanan dan keuntungan bagi penggunanya daripada ponsel pintar lainnya. Pengaruh Persepsi Terhadap Kinerja BlackBerry dan Intensitas Penggunaan Fitur BlackBerry Messenger terhadap Perilaku Komunikasi Interpersonal Jenis studi ini bersifat kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei yang mengambil sampel dari 96 responden mahasiswa FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Korelasi Momen Produk, Analisis Korelasi Ganda, Analisis Regresi Linear Sederhana dan Analisis Regresi Ganda dengan SPSS V.15.0 untuk windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi tentang kinerja BlackBerry dan intensitas penggunaan fitur BlackBerry Messenger perilaku komunikasi interpersonal. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana yang diperoleh bahwa ada persepsi pengaruh tentang kinerja BlackBerry dan intensitas penggunaan fitur perilaku komunikasi interpersonal BlackBerry Messenger. Analisis menunjukkan bahwa teori Perilaku Sosial dan teori pembelajaran sosial relevan untuk digunakan dalam menguji pengaruh persepsi tentang kinerja BlackBerry dan intensitas penggunaan fitur BlackBerry Messenger dari perilaku komunikasi interpersonal.References
Chaplin, J.P., 1981, Kamus Lengkap Psikologi, Penerjemah: Kartono, Kartini, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Liliweri, Alo, 1997, Komunikasi Antarpribadi, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.
Mulyana Deddy, 2005, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Remaja Rosda Karya, Bandung.
Ruslan, Rosady, 2004, Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sarwono, Sarlito W, 2010, Pengantar Psikologi Umum, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 1995, Metode Penelitian Survai. LP3ES. Jakarta.
Downloads
Published
2020-09-27
Issue
Section
Artikel
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.