Pengaruh Persepsi Mengenai Performa BlackBerry dan Intensitas Penggunaan Fitur BlackBerry Messenger Terhadap Perilaku Komunikasi Interpersonal

Authors

  • Gita Adistya Annabella Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Jl. Babarsari No. 2 Tambakbayan Yogyakarta 55282, Telp. (0274) 485268

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v11i3.3806

Keywords:

Persepsi, Intensitas, komunikasi interpersonal

Abstract

Ponsel dengan teknologi canggih telah berhasil menyedot perhatian para pelaku komunikasi, khususnya pecinta gawai. Salah satu ponsel pintar yang menjadi fenomena di kalangan masyarakat, khususnya mahasiswa saat ini adalah merek ponsel BlackBerry (BB). BlackBerry adalah ponsel yang membawa pesona sendiri dengan menawarkan segala macam kenyamanan dan keuntungan bagi penggunanya daripada ponsel pintar lainnya. Pengaruh Persepsi Terhadap Kinerja BlackBerry dan Intensitas Penggunaan Fitur BlackBerry Messenger terhadap Perilaku Komunikasi Interpersonal Jenis studi ini bersifat kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei yang mengambil sampel dari 96 responden mahasiswa FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Korelasi Momen Produk, Analisis Korelasi Ganda, Analisis Regresi Linear Sederhana dan Analisis Regresi Ganda dengan SPSS V.15.0 untuk windows. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi tentang kinerja BlackBerry dan intensitas penggunaan fitur BlackBerry Messenger perilaku komunikasi interpersonal. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana yang diperoleh bahwa ada persepsi pengaruh tentang kinerja BlackBerry dan intensitas penggunaan fitur perilaku komunikasi interpersonal BlackBerry Messenger. Analisis menunjukkan bahwa teori Perilaku Sosial dan teori pembelajaran sosial relevan untuk digunakan dalam menguji pengaruh persepsi tentang kinerja BlackBerry dan intensitas penggunaan fitur BlackBerry Messenger dari perilaku komunikasi interpersonal.

References

Chaplin, J.P., 1981, Kamus Lengkap Psikologi, Penerjemah: Kartono, Kartini, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Liliweri, Alo, 1997, Komunikasi Antarpribadi, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Mulyana Deddy, 2005, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Ruslan, Rosady, 2004, Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sarwono, Sarlito W, 2010, Pengantar Psikologi Umum, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 1995, Metode Penelitian Survai. LP3ES. Jakarta.

Downloads

Published

2020-09-27

Issue

Section

Artikel