Pengaruh Terpaan Adegan Kekerasan dalam Game Online Terhadap Sikap Agresifitas Remaja
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v11i3.3807Keywords:
Game Online, Tingkat Agresifitas, RemajaAbstract
Game online hadir sebagai bentuk perkembangan teknologi yang semakin canggih. Game online menjadi tren dan banyak diminati karena banyak hiburan yang ditawarkan. Jenis game online sangat beragam dan memiliki keunikannya masing-masing. Beberapa permainan memiliki sifat agresif dimana menunjukkan adegan-adegan kekerasan. Remaja sebagai lapisan masyarakat yang cenderung dekat dengan game, bersamaan dengan proses pencarian jati diri, rawan tertular sikap agresif yang ditampilkan di game online. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh game online terhadap tingkat agresifitas remaja. Metode penelitian yang dipilih ada kuantitatif yang didasarkan pada angka dan perhitungan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan survey. Tempat pengambilan sampel adalah Game Center “Monster” di Seturan, Depok, Sleman. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar remaja sebagai responden memiliki skor adegan kekerasan dalam game online tinggi. Sebagian besar responden masuk dalam kategorisasi agresifitas tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan dengan analisis korelasi product moment, hubungan antara adegan kekerasan dalam game online dengan agresifitas remaja sebesar 88,9%. Artinya, korelasinya positif atau searah, sehingga penggunaan game online yang semakin sering maka tingkat agresifitas remaja akan tinggi. Variabel adegan kekerasan dalam game online juga mempunyai pengaruh positif. Artinya semakin tinggi adegan kekerasan dalam game online, semakin tinggi pula tingkat keagresifan remaja.
References
Giandi, A. F., Mustikasari E, R. F., & Suprapto A, H. (2012). Perilaku Komunikasi Pecandu Game Online Dengan Menggunakan Game Online. eJournal Mahasiswa Universitas Padjajaran Vol. 1 No. 1.
Koeswara, E, 1998, Agresi Manusia, PT Erasco, Bandung.
Sarwono, Jhonathan. 2006. Analisis Data Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Walgito, Bimo, 2003, Psikologi Sosial, ANDI: Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.