Komparasi Tiga Bingkai Media sebagai Implementasi Precede-Proceed untuk Kegiatan Game Lokal Kreasi Indonesia 2020

Rustono Farady Marta, Johannes Kurniawan, Laurencia Steffanie Mega Wijaya Kurniawati, Nurlina Bangun, Cholifah Cholifah

Abstract


Pemanfaatan teknologi dan komunikasi berbasis daring tengah menjadi sorotan publik, mengingat semakin meningkatnya jumlah pengguna internet di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran hidup sehat dengan tema pencegahan COVID-19 yang diadakan oleh Kemenparekraf melalui media daring dengan bingkaian informasi sesuai kepentingan institusi yang berbeda-beda. Studi yang dikonduksi akan menggunakan Teori Precede Proceed dari Green Lawrence dan metode analisis framing Entman untuk memperlihatkan perencanaan penyajian informasi melalui Tirto,id, Agi.or.id, dan Jakpusnews.pikiran-rakyat.com yang diharapkan mampu memberikan persuasi kepada masyarakat khususnya orang tua kepada anak. Hal menarik yang tampak dalam data penelitian ini adalah ketiganya tetap mampu memberikan informasi mendukung tujuan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengenai apresiasinya terhadap permainan daring bagi anak masa kini dan upaya dalam sosialisasi pentingnya kebersihan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan taat protokol kesehatan yang berlaku. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada komunikator media digital agar media daring dapat terus mengedepankan kegiatan edukatif seperti acara Gelora 2020 serta informasi mengenai pengenalan virus COVID-19 dan pencegahannya, serta kepada penulis karya ilmiah selanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian terutama pada media daring yang terus mengedepankan kegiatan edukatif serta informasi mengenai pengenalan virus COVID-19 dan pencegahannya seperti beberapa permainan daring yang dibawakan dalam tiga portal berita diatas.

Keywords


Entman Framing; Media daring; Precede-Procede; Game Online

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Adriana Patricia Muñoz Zapata, L. C. C. (2011). Konstruksi Realitas. In Phys. Rev. E.

Amali, S. (2017). Analisis Isi Berita Program Kominfo pada Surat Kabar Daerah. Balai Pengkajian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika (BP2KI) Manado.

Andrianys, I., Kadar, K., & Massi, N. (2017). Precede-proceed education model to health literacy’s patient with hypertension in pattingalloang makassar. Indonesia Contemporary Nursing Journal, 1(2), 110–117.

Anwari, F. N. (2020). Kemenparekraf Umumkan 10 Game Pemenang Program Gelora 2020 — Asosiasi Game Indonesia. Https://Www.Agi.or.Id/.

Aprilianto, A., & Mariana, W. (2018). Permainan Edukasi (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 139–158. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.47

Azis, I. (2020). Yuk, Main Game Sambil Belajar Tentang COVID-19 - Tirto. Https://Tirto.Id/.

Binkley, C. J., & Johnson, K. W. (2013). Application of the Precede-Proceed Planning Model in Designing an Oral Health Strategy. Journal of Theory and Practice of Dental Public Health, 1(3), 1–18.

Briandana, R., Pribadi, E., & Balaya, S. (2020). Mapping the Convergence Trends of Television Broadcasting Media in Indonesia. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(02), 147. https://doi.org/10.30813/bricolage.v6i02.2120

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497

Chinmi, M., Marta, R. F., Haryono, C. G., Fernando, J., & Goswami, J. K. (2020). Exploring online news as comparative study between Vendatu at India and Ruangguru from Indonesia in COVID-19 pandemic. Journal of Content, Community and Communication, 10(6), 167–176. https://doi.org/10.31620/JCCC.06.20/13

Christian, M., Mulia, U. B., & Utara, J. (2019). Telaah Keniscayaan Iklan di Kanal Youtube sebagai Perilaku Khalayak di Kalangan Milenial. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 5(2), 141–158.

Damayanti, E., Ahmad, A., Bara, A., Islam, U., & Alauddin, N. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22.

Databoks. (2017). Pengguna Ponsel Indonesia Mencapai 142% dari Populasi. In Databoks.Katadata.Co.Id.

Databoks. (2020). Pengguna Smartphone diperkirakan Mencapai 89% Populasi pada 2025. Databoks.Katadata.Co.Id.

Desiana. (2016). Analisis Framing Berita Serangan ISIS di Paris pada Surat Kabar Harian Waspada, SIB dan Analisa. Al-Balagh, 1(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Farida, F., Zuklaiha, Z., & Putro, H. E. (2020). Desentralisasi Wisata Religi Indonesia melalui City Branding Wisata Kabupaten Bangkalan Madura. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6, 224–234. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v6i02.2149

Fauzi, E. P., & Fasta, F. (2020). Modern Muslimah in Media : A Study of Reception Analysis in "Saliha" Program on NET TV. Aspiration Journal, 1(November), 135–162. http://www.aspiration.id/index.php/asp/article/view/19/28

Fensi, F., & Christian, M. (2018). Determinan Citra Merek Pada Iklan Produk Gawai “Vivo” Berdasarkan Aspek “Celebrity Endorser.” Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(02), 163. https://doi.org/10.30813/bricolage.v4i02.1659

Fitriani, Farisni, T. N., Syahputri, V. N., Lestary, L. A., & Helmyati, S. (2020). Implementing precede-proceed model toward the mothers’ perception on the importance of feeding of home-made complementary food to wasting and stunting toddlers. Current Research in Nutrition and Food Science, 8(2), 489–495. https://doi.org/10.12944/CRNFSJ.8.2.14

Foley, K., Ward, P., & McNaughton, D. (2019). Innovating Qualitative Framing Analysis for Purposes of Media Analysis Within Public Health Inquiry. Qualitative Health Research, 29(12), 1810–1822. https://doi.org/10.1177/1049732319826559

Gaio, A. M. S. M. C. D. (2015). Analisis Framing Robert Entman Pada Pemberitaan Konflik KPK Vs POLRI di Vivanews.co.id dan Detiknews.com. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Vol. 4, No(3), 451–455.

Han, E. S., & goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Analisis Framing Robert N Entman pada Berita Kecelakaan Pesawat Air Asia QZ8501 di Media Online Detik.com. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Handayani, D. N., Sudrajat, R. H., & Imran, A. I. (2015). Analisis Isi Visual Iklan dan Strategi Kreatif Kategori Print Ad Pemenang Gold, Silver dan Bronze Citra Pariwara 2015. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 6(1), 1–14.

Hanum, K. (2015). Aktivitas Game Online Siswa SD (Kelas 3-6) (Studi Deskriptif Di Warnet Kelurahan Gunung Anyar Kota Surabaya). AntroUnairdotNet, 4(2), 137–146.

Harita, F. M., Sadono, T. P., Sya, M., Fernando, J., & Goswami, J. K. (2020). Traveloka as the Ultimate Workplace for Millenial Graduates in Information and Technology. ASPIRATION Journal, 1(November), 163–181. http://aspiration.id/index.php/asp/article/view/17

Harry, H., Marta, R. F., & Briandana, R. (2021). Memetakan Tautan Budaya Lasem melalui Dokumenter Net. Biro Jawa Tengah dan MetroTVNews. ProTVF, 5(2), 227–246. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/ptvf.v5i2.33411

Hendriyani, H. (2013). Analisis Isi: Sebuah Pengantar Metodologi yang Mendalam dan Kaya dengan Contoh. Jurnal Komunikasi Indonesia, 2(1), 63–65. https://doi.org/10.7454/jki.v2i1.7832

Junaidi, J. (2016). Trends and Problems of Information and Communications Technology (ICT) in Indonesia from the Perspective of Media Framing. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.31315/jik.v14i2.2143

Kholik, D. I. (2015). Bingkai Berita Media Indonesia tentang Terpilihnya Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Umum Partai Demokrat (Analisis Framing Pada Pemberitaan Media Indonesia). Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 1(2).

Lestari, R., Septiarysa, L., Marta, R. F., Agung, H., & Murfianti, F. (2021). Digitizing the Meaning of Enthusiasm in #generasiberanipahit through Morris Semiotics. Jurnal Kata: Penelitian Tentang Ilmu Bahasa Dan Sastra, 5(2), 297–309. https://doi.org/10.22216/kata.v5i2.456

Lumampauw, A., Marta, R. F., Nugroho, Y., Sandel, T. L., & Lie, S. (2021). The Art of Honing the Conscience through Bukalapak Ads : Barongsai Indonesia , Juara Hati Membangun Bangsa. International Journal of Visual and Performing Arts, 3(1), 9–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31763/viperarts.v3i1.342

Marta, R. F., Prasetya, A. A., Laurensia, B., Stevani, S., & Syarnubi, K. L. (2020). Imbalance Identity in E-Sports News Intersectionality on Covid-19 Pandemic Situation. Jurnal ASPIKOM, 5(2), 206. https://doi.org/10.24329/aspikom.v5i2.769

Maulany, S. P., & Abdullah, A. (2019). Pemberitaan film A Man Called Ahok dan film 212 di media online. ProTVF, 3(2), 155. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i2.22940

Menayang, A. P., & Marta, R. F. (2020). Branding of North Sulawesi tourism through the hexagon of competitive identity. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 4(2), 410. https://doi.org/10.25139/jsk.v4i2.2474

Mudhita, S., Setiawan, S., Kurniawati, L. S. M. W., Marta, R. F., & Chinmi, M. (2021). Komparasi Efektifitas Komunikasi pada Bimbingan Belajar Konvensional dengan Ruang Guru di Masa Pandemi COVID-19. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 49. https://doi.org/10.33021/exp.v4i1.1346

Murdy, D. (2020). Ini 10 Game Covid-19 Pemenang Program Gelora 2020, Udah Bisa Unduh di Play store Gratis - Jakpus News. Jakpusnews.Pikiran-Rakyat.Com.

Novianti, D., & Choiriyati, W. (2014). Kajian Webblog sebagai Desentralisasi Informasi Ditinjau dari Perspektif Komunikasi Massa. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 198. https://doi.org/10.31315/jik.v10i2.3746

Prasetyo, D. W., Hidayat, E., Marta, R. F., Kurniawati, L. S. M. W., & Chinmi, M. (2020). Patron-Client Relationship between Village Heads and Their Residents during the COVID-19 Pandemic. Jurnal Mimbar, 36.

Pratama, U. N., & Haryanto, H. (2018). Pengembangan game edukasi berbasis android tentang domain teknologi pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 167–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12827

Radhitya, T. V., Nurwati, N., & Irfan, M. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kekerasan dalam Rumah Tangga. KOLABORASI RESOLUSI KONFLIK, 2(2), 111–119. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29119

Ramansyah, W. (2015). Pengembangan Education Game ( Edugame ) Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiaah Edutic, 2(November), 1–9.

Rihhadatul’aisyi, N., Muthmainnah, S., Zahra, H. P., Putri, T. W., & Febrian, F. T. (2021). Efek Twitter di Masa Pandemi COVID-19 pada Sikap dan Perilaku. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(2), 205–220. https://doi.org/https://doi.org/10.31315/jik.v19i2.4178

Ririanty, M. (2014). Komunikasi Kesehatan Program Family Fikder dakan Oebabggykabgab TB ditinjau dari Teori Precede-Proceed. Jurnal IKESMA, 10(2), 10.

Samiaji, A., Bahruddin, M., Harry, H., & Hidayat, E. (2022). Nation Branding Construction and Public Diplomacy from @america in Muslim Community of Indonesia. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(1), 276–290. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).8836

Septiarysa, L., Marta, R. F., & Agung, H. (2021). Anotasi Rasa Empati selama Pandemi COVID-19 pada Konten Digital Pariwara Youtube Rosalia Indah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(5), 451–468. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v5i5.4125

Setiawan, J. H., Caroline, C., & Muharman, D. (2021). Content Analysis of Reader Comments about COVID-19 on Media Aggregator Line Today. ASPIRATION Journal, 2(1), 51–70. http://aspiration.id/index.php/asp/article/view/22

Social, W. A. (2022). Data Pengguna Internet di Dunia. We Are Social. https://www.receh.in/2022/02/jumlah-pengguna-internet-di-indonesia.html

Solihin, M., & Kurnia, N. (2017). Pemaknaan Konflik Pabrik Semen Kendeng dalam Framing Media Berita. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 16–27.

Studio, E. (2020). Marbel Kebiasaan Baru for Android - APK Download.

Sukri, A., & Yesicha, C. (2017). Analisis Framing Berita Di Surat Kabar Riau Pos Dan Tribun Pekanbaru. Jurnal Komunikasi Global, 6(2), 220–238.

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243

Suprobo, T., Siahainenia, R., & Sari, D. K. (2016). Analisis framing media online dalam pemberitaan profil dan kebijakan menteri Susi Pudjiastuti. Cakrawala, 5(1), 119–138.

Susilo, D., Hidayat, E., & Marta, R. F. (2021). Village public innovations during COVID19 pandemic in rural areas: Phenomena in Madura, Indonesia. Cogent Social Sciences, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2021.1905919

Sya, M., & Marta, R. F. (2019). Alignment Frame Construction by Three Online Newspapers on the Slogan of Bangka Belitung Islands. Jurnal Studi Komunikasi, 3(November), 332–354. https://doi.org/10.25139/jsk.3i3.1701

Syam, M. T., Makmur, Z., & Nur, A. (2020). Social Distance Into Factual Information Distance about COVID-19 in Indonesia Whatsapp Groups. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 269. https://doi.org/10.31315/jik.v18i3.3684

Tatminingsih, S. (2017). Dampak Penggunaan Tik Terhadap Perilaku Anak Usia Dini: Studi Kasus Pada Anak Usia 4-7 Tahun. Jurnal Pendidikan, 18(1), 42–52. https://doi.org/10.33830/jp.v18i1.281.2017

Tjajadi, O. P., Marta, R. F., & Engliana, E. (2021). Women’s Resistance on Instagram Account @singlemomsindonesia. JHSS Journal of Humanities and Social Studies, 5(2), 111–115. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jhss.v5i2.3710

Triastuti, E., Andrianto, D., & Nurul, A. (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja. In Puskakom UI.

Tunurrohmin, Z., Soemanto, R., & Pamungkasari, E. P. (2019). Path Analysis on the Determinants of Depression Symptom in Elderly: A Precede Proceed Model. Journal of Epidemiology and Public Health, 4(4), 351–360. https://doi.org/10.26911/jepublichealth.2019.04.04.10

Walakula, Y. benony. (2020). Analisis Eksistensi Pariwisata Indonesia di Tengah Situasi Pandemi Corona Virus Disease (Covid19). Noumena, I(1), 47–52.

We Are Social, H. (2021). Instagram, Media Sosial Favorit Generasi Z di Dunia. Databoks.Katadata.Co.Ids. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/14/instagram-media-sosial-favorit-generasi-z-di-dunia

Yoga, D. S., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 46. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i1.1241

Yulion, M. M. (2013). Memahami Komunikasi Pengasuhan Anak dalam Extended Family. Jurnal Interaksi Online, 66, 37–39.

Yusriyah, K., Fatoni, A., & Mansyur, M. A. (2020). Communication Networks Analysis on Information Dissemination of the Moving of Capital City From Jakarta to East Kalimantan. Aspiration Journal.

Zahara, E. N. (2020). Framing Edukasi Body Positivity Versi Pesohor sebagai Upaya Penggeseran Nilai Kesusilaan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 208. https://doi.org/10.31315/jik.v18i2.3503




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v20i1.4176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor